Perum Damri menggandeng Grab untuk mendukung konektivitas di seluruh terminal Damri di Tanah Air. Pada hari ini dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Perum Damri, Grab, dan OVO yang merupakan sinergi untuk mendukung seamless connectivity (konektivitas tanpa hambatan) sekaligus pembayaran nontunai (cashless payment) bagi pelanggan Damri dan Grab di seluruh Indonesia.
Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha Perum DAMRI, Tatan Rustandi, menyatakan bahwa melalui kerja sama strategis dengan Grab, pihaknya berharap dapat membuka lebih banyak akses kepada pelanggan dan masyarakat Indonesia kepada jenis transportasi lainnya. Pihaknya akan terus bekerja lebih keras untuk menopang sistem transportasi yang ada di seluruh Indonesia.
"Semoga dapat menjadi contoh yang baik bagi kehadiran layanan pemesanan transportasi berbasis online dan opsi pembayaran cashless di lokasi-lokasi fasilitas umum di Indonesia," tutur Tatan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (2/4/2018).
Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, menuturkan dengan berkembangnya ekosistem Grab saat ini, pihaknya senantiasa berinovasi dan menemukan beragam cara untuk memberikan layanan terpercaya dan relevan bagi para konsumen. Kerja sama dengan Damri akan memberikan kemudahan akses berbagai jenis transportasi first and last mile yang dapat terintegrasi dan dinikmati oleh pelanggan Damri.
"Dengan basis pelanggan kami yang tersebar di 8 negara di Asia Tenggara dengan jumlah unduhan aplikasi Grab sebanyak lebih dari 90 juta, kami melihat kehadiran Grab secara resmi di terminal Damri di seluruh Indonesia ke depannya dapat mendukung tujuan DAMRI untuk menyediakan kemudahan akses kepada pelanggannya, baik masyarakat Indonesia maupun wisatawan asing," tambah Ridzki.
Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk inisiatif OVO untuk membangun budaya pembayaran transaksi elektronik?guna mewujudukan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), dimulai dengan pengalaman pembayaran digital yang simple dan aman dengan OVO.
Direktur OVO,?Johnny Widodo, menuturkan saat ini, OVO sudah memiliki 9,5 juta basis pengguna dan ke depannya, pihaknya yakin antusiasme masyarakat terhadap pembayaran digital akan terus bertumbuh. Karena itu, pihaknya mempersiapkan diri untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan layanan dan akses yang luas dan tersedia di semua tempat, salah satunya dengan hadir di titik-titik terminal Damri.
Setelah penandatanganan Kesepahaman Bersama ini, kedepannya Pelanggan DAMRI dapat menikmati fitur GrabCar, GrabBike, maupun GrabNow yang akan mempermudah pemesanan. Penumpang cukup mengunjungi titik penjemputan Grab atau GrabShelter yang terletak di terminal DAMRI. Petugas Grab akan membantu pemesanan instan bersama dengan petugas yang membantu memindahkan barang bawaannya.
Penumpang tentunya akan mendapatkan tarif Grab sesuai aplikasi yang sudah disetujui di awal dan memberikan kepastian harga yang terjangkau. Pelanggan Grab juga dapat menukarkan poin GrabRewards untuk mendapatkan tiket Damri dengan metode scan barcode/kode kupon.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ratih Rahayu
Editor: Ratih Rahayu