Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        5 Fitur Google ini Antarkan Pelaku UKM Moncer Berjualan

        5 Fitur Google ini Antarkan Pelaku UKM Moncer Berjualan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berkontribusi cukup tinggi pada perekonomian nasional. Dari 70% tenaga kerja di Indonesia masuk dalam sektor UKM. Hal ini juga bagian dari upaya pemerintah untuk memprioritaskan pemberdayaan pelaku UKM.

        Sejalan dengan fakta tersebut, Google sebagai mesin pencari turut mengeluarkan lima fitur untuk mendukung para UKM menjalankan bisnisnya. Apa saja itu? Berikut penuturan seperti yang dipaparkan Pengajar Google Gapura Digital Ali Akbar.

        1.?Google Maps

        Dikatakan Ali yang juga guru bisnis digital tersebut, semua foto usaha yang sedang dijalankan bisa di-posting di fitur ini.

        "Punya foto produk bisa ditaruh, barang dagangannya sedikit di-review lalu di-publish di peta yang sesuai di lokasi usaha Anda," tutur Ali dalam seminar yang digelar Warta Ekonomi "Digital SME Menembus Batas di Era Digital" di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

        Menurut Ali, lazimnya orang tidak lagi menyebut "googling" untuk membuka fitur ini, tetapi?biasanya diucapkan smaping.

        "Ada yang namanya searching, tapi hari ini berbeda, namanya smaping. Kalau biasanya googling, ini smaping aja lah. Nah, searching dulu di Google search, searching-nya di Google Maps," terangnya.

        2.?Google My Business

        Fitur ini bisa diinstal melalui Android dan iOS.

        "Bapak-ibu bisa menaruh peta pada fitur ini, bisa taruh nomor kontak juga. Jam buka-tutupnya toko dicantumkan yang nantinya bapak-ibu bisa kirim halaman-halaman. Setiap halaman bisa diklik, booking langsung bisa, klik langsung hanya dari halaman Google My Business," imbuhnya.

        3. Google Indoor Maps

        "Jadi ini skill baru. Google turut membantu pelaku UKM yang memiliki toko fisik. Fitur ini bisa menampilkan dapur, dapurnya bagus enggak," terangnya.

        4.?Google Visual Tour Virtual Reality

        Dicontohkan Ali, bila pengguna ingin membeli barang, tetapi tidak mendatangi tokonya langsung, bisa melihat visualnya saja di layar perangkat.

        "Fitur ini memungkinkan pengguna tidak belanja di tokonya," ucapnya.

        5. Google Street View Trusted Photographer

        Menurut Ali, langkah ini bisa memudahkan para UKM mendapatkan reputasi baik setelah mem-posting foto-foto terkait produk yang dijual.

        "Ada tiga aspek penting dalam berbisnis digital yaitu TIP: teknologi, inovasi dan profesi. Jadi, teknologi melahirkan inovasi, inovasi mencetak profesi baru," tutupnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Dina Kusumaningrum
        Editor: Fauziah Nurul Hidayah

        Bagikan Artikel: