PT Erajaya Swasembada Tbk, perusahaan ritel dan distribusi perangkat elektronik telekomunikasi menunjukkan kinerja yang molek. Di tahun 2017 perseroan berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp23,24 triliun, naik 17,9% dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari pendapatan tersebut, perusahaan membukukan laba bersih sebesar Rp348,55 miliar, naik 35,4% dibanding tahun sebelumnya.?
Wakil Presdir PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula, mengatakan, kenaikan tersebut disebabkan oleh kenaikan penjualan di beberapa segmen, terutama segmen telefon seluler, tablet dan voucher. Sepanjang tahun 2017 perusahaan berhasil mengkonsolidasikan 8 depo dan membuka 133 retail baru. Dengan demikian hingga Desember 2017, perusahaan ini telah memiliki 84 distribusi center, 775 toko retail dan 53 ribu outlet.?
"Untuk itu, perusahaan akan mebuka 250 outlet di kota lapir kedua dan ketiga. Partnership dengan operator tetap dijalun. Serta menghadirkan produk-produk terbaru yang berkaitan dengan Internet of Think." Katanya dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (23/4/2018).
Lanjutnya, pembukaan outlet di kota-kota kecil itu akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar di kota-kota yang belum terjamah oleh toko yang lengkap dan berpengalaman. Hadirnya retail seperti Erafone dan retail khusus merek tertentu seperti akan memberikan pengalaman bagi masyarakat dalam membeli produk secara offline.?
Dikatakannya, Tidak hanya di dalam negeri, perusahaan juga berencana untuk menambah outlet yang ada di luar negeri seperti di Singapura dari 6 outlet direncanakan akan tambah sekitar 15 outlet, dan di Malaysia akan bertambah 30 outlet.?
?Untuk rencana ini kami menyiapkan Capex sebesar Rp350 miliar, itu untuk ekspansi toko saja,? ujar Hasan.?
Selain itu, perusahaan juga terus menjalin kerja sama dengan brand-brand ternama seperti Samsung, Apple, dan menghadirkan brand untuk produk-produk baru seperti Garmin, DJI dan GoPro. Tidak hanya itu, perusahaan juga tetap melayani segmen operator seluler seperti Telkomsel, Indosat dan XL sebagai mitra dalam pembukaan gerai.?
Direktur PT Erajaya Swasembada Tbk, Sim Chee Ping, menambahkan, tahun ini perusahaan juga fokus untuk menggarap segmen baru IoT sebagai pelengkap produk telekomunikasi. Produk IoT seperti alat kesehatan mengalami perkembangan yang luar biasa pada beberapa tahun terakhir.?
"Untuk merambah pasar baru ini perusahaan juga membentuk tim khusus, sebab produk ini tak bisa asal jual, tapi bagaimana menciptakan komunitas, fitnes center dan lain-lain,? ujar Sim Chee Ping.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Vicky Fadil
Tag Terkait: