PT Pos Indonesia (Persero) semakin percaya diri menyasar segmen milenial di tengah upaya perseroan dalam merelevankan seluruh kebutuhan bisnis ke depan.?Terbaru, Pos Indonesia meluncurkan layanan chatbot.
Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi W Setijono mengatakan?peluncuran chatbot ini merupakan salah satu langkah transformasi digital Pos Indonesia dalam memberikan layanan yang lebih efektif, efisien, dan customer oriented.
"Hal ini dikarenakan layanan ini dapat memberikan kemudahan akses bagi pelanggan sekaligus merupakan bentuk adaptasi perseroan terhadap tren dan kebutuhan layanan contact center modern," ujar Gilarsi dalam acara peluncuran chatbot di kantor Pos Indonesia, Jakarta, Selasa (8/5/2018).
Munculnya chatbot ini dilatarbelakangi kehadiran internet yang memiliki dampak sangat luar biasa. Internet menjadi suatu keharusan dalam kehidupan manusia saat ini. Dengan kata lain, internet telah menjelma menjadi kebutuhan pokok manusia di seluruh lini kehidupan sama halnya dengan kebutuhan sandang, pangan, dan papan.
Ia?menjelaskan chatbot merupakan software yang dirancang khusus untuk mensimulasikan percakapan dengan satu dan lebih manusia baik secara audio atau teks. Kemudian chatbot akan mengirim kembali atau merespons sesuai kebutuhan pelanggan.
"Chatbot ini terintegrasi ke dalam program ?pesan seperti Facebook Messenger, Telegram, dan Line. Chatbot bisa merespons kebutuhan akan informasi dan keluhan pelanggan terhadap layanan Pos Indonesia," lanjutnya.
Layanan ini berfungsi sebagai customer service virtual yang dapat melayani pelanggan selama 7x24 jam yang ditanamkan pada berbagai platform messaging seperti Line @posindonesia, Telegram @posindonesia_officialbot, Facebook Messenger @posidn.care, dan wb widget yang tersedia pada laman resmi Pos Indonesia.
"Tujuh menu pilihan telah disiapkan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang layanan Pos yakni info layanan, alamat kantor pos, jam operasional, tarif, lacak kiriman, informasi kode pos, dan pengaduan," katanya.
Ia mencontohkan, apabila masyarakat menginginkan informasi tentang alamat kantor pos menggunakan cara konvensional dapat memakan waktu lama. Namun melalui chatbot, kebutuhan tersebut dapat dengan cepat diperoleh masyarakat.
"Dimungkinkan pula layanan pengaduan dengan mengirim pesan dengan agen?customer care secara online setiap hari Senin sampai Sabtu pukul 06:00 WIB sampai 22:00 WIB dan pada hari minggu pukul 09:00 sampai 17:00 WIB. Dengan layanan ini keluhan pelanggan dapat segera ditangani dengan tuntas," tutupnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Cahyo Prayogo