Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tingkatkan Kualitas Infrastruktur, Bukalapak Gelar Hack A Fun

        Tingkatkan Kualitas Infrastruktur, Bukalapak Gelar Hack A Fun Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Salah satu online marketplace lokal, Bukalapak, kembali menggelar program Hack A Fun yang diikuti ratusan karyawannya. Dalam tradisi ini, Bukalapak menargetkan peningkatan kualitas infrastruktur untuk menunjang bisnisnya. Untuk mencapainya, ada kegiatan utama yang diterapkan yaitu Hackathon, Testathon, dan Designathon.

        Vice President of Engineering Bukalapak, Ibrahim Arief, menjelaskan kegiatan Hack A Fun diikuti sekira 700 karyawan dari Jakarta dan Bandung, yang dibagi menjadi 150 tim.

        "Ini menginjak tahun ketiga. Dan acara ini merupakan acara terbesar kita sepanjang sejarah," kata Ibrahim saat ditemui di kantornya, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, kemarin (8/5/2018).

        Ibrahim menambahkan kompetisi tersebut cukup unik lantaran mengambil format yang menyenangkan, yakni para peserta secara leluasa merealisasikan ide-ide yang lain dari biasanya.

        "Misalnya mereka (peserta) kepikiran mau bikin ini, lalu enggak sempat karena mereka sibuk, kegiatan mereka bisa dilakukan di sini," lanjutnya.

        Terkait kompetisi dan aktivitas yang diterapkan, ada Hackathon. Kegiatan ini merupakan programming kontes yang biasanya dilaksanakan dalam beberapa hari. Programming kontes tersebut memiliki sejumlah kategori penghargaan dan hadiah menarik.

        "Hadiah umumnya berupa uang yang nilainya menggiurkan sehingga semua peserta memiliki motivasi lebih, di samping bersenang-senang. Perpaduan antara fun dan suasana kompetisi ini biasanya?membuat ide-ide briliant muncul dan dapat dikembangkan dengan baik," ujar Ibrahim.

        Selanjutnya, Testathon yaitu Hackathon for tester. Walaupun mungkin tidak melakukan programing, tapi pengaruh dari Testathon tidak kalah kompetitif karena peserta akan mengeluarkan segala upaya dan kejeliannya dalam menemukan bugs atau problem yang ada didalam satu sistem.

        "Skenario-skenario bugs recreation yang unik-unik dan di luar kebiasan ditemukan untuk dapat bersama-sama kita fix. Testathon juga memilki sejumlah kategori yang dipertandingkan, salah satunya yang mendekati dengan Hackathon adalah membuat program, script, maupun sistem untuk memudahkan dan memperbaiki proses QA di Bukalapak," ungkapnya.

        Kemudian, Designathon. Kontes ini memunculkan konsep-konsep redesign yang menitikberatkan terhadap riset dan tampilan untuk menemukan pengalaman pengguna terbaik. Dengan begitu, ide kreativitas dan kemampuan artistik peserta dapat berkembang secara organik.

        "Sebenarnya, target kita having fun. Kita juga berharap dari kompetisi ini muncul ide-ide bagus yang tidak terpikir sebelumnya dan kita launch jadi beneran di situs Bukalapak. Tujuannya utamanya untuk meningkatkan kualitas Bukalapak bagi pengguna-penggunanya," tandas Ibrahim.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Dina Kusumaningrum
        Editor: Ratih Rahayu

        Bagikan Artikel: