Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Perempuan Pengusaha: Jika Jejaring Bisnis Anda Dominan Perempuan, Rugi

        Perempuan Pengusaha: Jika Jejaring Bisnis Anda Dominan Perempuan, Rugi Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam sebuah bisnis tentu memerlukan jaringan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Sebagai perempuan wirausahawan, selalu ada peluang untuk terhubung dengan perempuan lain dalam bisnis.

        Ada perempuan yang berhenti bekerja di perusahaan untuk membangun bisnisnya sendiri, ada pula ibu rumah tangga yang sedang mencari cara untuk mendapatkan uang dan membangun bisnisnya, perempuan tampaknya sangat tertarik dengan jalur wirausaha.?Memang,?menurut datanya, saat ini?114 persen lebih banyak pebisnis perempuan di AS dibandingkan 20 tahun yang lalu.

        Seiring dengan peningkatan kewirausahaan perempuan, jumlah sumber daya dan jaringan yang berfokus pada perempuan juga meningkat.?Tetapi haruskah kita, sebagai perempuan, hanya fokus pada kelompok-kelompok khusus gender ini untuk membawa karier dan perjalanan kewirausahaan ke tingkat selanjutnya?

        Meskipun?ada data yang menunjukkan?bahwa jaringan dalam kelompok perempuan bermanfaat dalam banyak hal, masalahnya, terutama bagi wirausahawan perempuan, menjadi terlalu nyaman, dan memungkinkan kenyamanan itu membatasi potensi penghasilan mereka.

        Berikut adalah tiga alasan yang dilansir dari Entrepreneur.com, kenapa membangun jaringan bisnis yang keseluruhannya wanita malah merugikan?

        1. Anda tidak mencapai semua demografi.

        Jika Anda seorang perempuan dalam bisnis, penelitian mengatakan bahwa Anda cenderung hanya mengandalkan pada kelompok jaringan yang keseluruhan gendernya perempuan. Menurut laporan?Women in the Work 2017,?alasan untuk menjadi bagian dari kelompok jaringan yang berfokus pada perempuan berjalan secara keseluruhan semuanya jadi merasa komunitas yang mendukung hingga merasa diberdayakan dan meningkatkan kepercayaan diri.

        Tetapi jika itu sumber komunitas eksklusif Anda, apakah itu dalam jangka panjang baik untuk Anda dan bisnis Anda? Menurut penelitian, tidak.

        ?Karena laki-laki biasanya memegang posisi yang lebih senior, ini berarti perempuan cenderung tidak mendapatkan akses ke orang-orang yang dapat membuka pintu baru bagi mereka.?

        Jika Anda ingin memaksimalkan pendapatan Anda, saatnya untuk keluar dari zona nyaman dan mulai menghadiri kelompok jejaring campuran gender, bukan hanya kelompok gender perempuan saja.?Ini adalah cara yang bagus untuk menemukan mentor, sumber rujukan, klien, atau kesepakatan bisnis Anda berikutnya.

        2. Anda tidak memaksimalkan potensi keuntungan Anda.

        Ketika menyangkut sisi ekonomi kepemilikan bisnis, perempuan masih tertinggal.?Meskipun bisnis milik perempuan menyumbang 39 persen dari semua bisnis di AS pada tahun 2017, bisnis yang sama itu hanya membawa 4 persen dari total pendapatan.

        Oleh karena itu, disarankan untuk membuka jejaring kelompok yang juga terdapat laki-lakinya. Karena jaringan yang mencakup laki-laki akan memberi Anda peluang berbiaya rendah dan berisiko rendah untuk menemukan pesan pemasaran apa yang bekerja dengan pasar laki-laki, atau bahkan jika perlu memiliki pesan pemasaran terpisah.?Bahkan lebih baik, ketika Anda dapat menggunakan grup untuk membuat koneksi yang menghasilkan kepercayaan, memanfaatkan hubungan yang baru terbentuk ini dapat membantu Anda menemukan sudut dan bidang bisnis yang mungkin Anda lewatkan.

        3. Anda tidak diberitahu tentang peluang pasar.

        Efektivitas pitch Anda untuk produk atau layanan dengan pria dan perempuan memberi tahu Anda tentang nilai dari apa yang Anda tawarkan. Dan Anda kemudian dapat melihat potensi hasil eksponensial membuka jalan dari pendapatan yang belum dimanfaatkan, dan peningkatan yang berharga untuk pesan pemasaran Anda, termasuk memiliki laki-laki sebagai pendukung untuk perusahaan Anda.

        Keseimbangan gender dalam jejaring bisnis itu penting. Jangan korbankan salah satu gender. Pelajaran pemasaran yang didapat baik untuk perempuan maupun laki-laki. Ketika menyusun strategi untuk tujuan bisnis jangka pendek dan jangka panjang Anda, pertimbangkan banyak manfaat ekonomi dari memiliki akses ke pria sebagai klien atau sebagai sumber rujukan yang akan dibawa kepada Anda dan perusahaan Anda.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: