Dari menemukan pembangun situs web yang tepat untuk mencari tahu bagaimana pelanggan akan membayar Anda, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membuka toko online.
Di penghujung tahun ini, Anda dapat kembali menentukan strategi bisnis dan menentukan di mana Anda dapat lebih berkembang.?Bagi banyak orang, mengambil bisnis online merupakan jalan keluar yang harus mereka pilih. Sebelum Anda membuka bisnis online, Anda harus menyadari tantangan yang mungkin Anda hadapi langsung dari awal bisnis tersebut berdiri.?Membangun rencana untuk mengatasinya dapat membuat Anda siap untuk sukses ketika Anda akhirnya membuka pintu virtual Anda.
Berikut adalah lima hal utama yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk berjualan secara online:
1. Menemukan penyedia layanan yang tepat
Ketika Anda membangun situs web Anda, salah satu keputusan penting pertama adalah menemukan penyedia layanan yang tepat, dari pembuat situs web hingga prosesor pembayaran dan segala sesuatu di antaranya.
Kerjakan pekerjaan rumah Anda untuk memahami fitur apa yang benar-benar Anda perlukan, bagaimana berbagai layanan dihargai dan apakah Anda mendapatkan solusi yang dapat tumbuh bersama bisnis Anda.?Jika Anda tidak yakin apa yang Anda butuhkan atau apa yang harus dicari, hubungi rekan pemilik bisnis di wilayah Anda untuk rekomendasi mereka.
2. Mempermudah pelanggan untuk membayar
Pelanggan menginginkan pilihan, jadi bersiaplah untuk membiarkan mereka membayar sesuai keinginan mereka.?Ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan membantu mendorong lebih banyak penjualan.
3. Rekonsiliasi pembayaran online dan offline
Merekonsiliasi pembelian online dan di toko dapat menjadi hal yang rumit.?Di situlah alat berbasis cloud dapat menghemat waktu Anda.
Misalnya, perangkat lunak akuntansi yang terintegrasi dengan baik dengan penyedia pembayaran populer dapat membantu Anda melacak faktur Anda di satu lokasi.?Jadi, apakah Anda dibayar online atau di toko Anda, alat ini dengan mudah dan otomatis merekonsiliasi pembayaran, mengurangi waktu yang dihabiskan secara manual menyortir spreadsheet dan faktur yang luar biasa.?Mereka juga dapat menjadi bantuan besar pada waktu pajak.
4. Memperluas basis pelanggan Anda ke pasar baru
Salah satu dari sekian banyak manfaat berjualan secara online adalah membuka bisnis Anda kepada pelanggan di pasar baru di seluruh dunia.?Ketika menjual ke luar negeri, bagaimanapun, sangat penting untuk menyesuaikan pengalaman belanja online Anda untuk pembeli internasional.
Hal-hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika menjual di luar perbatasan Anda meliputi: terjemahan situs web;?metode pembayaran yang dilokalkan dan aman;?harga yang memungkinkan Anda bersaing dengan vendor lokal;?dan transparansi di sekitar pertukaran mata uang dan biaya.
5. Menghubungkan pengalaman belanja di toko dan online
Pembeli semakin mengharapkan pengalaman belanja multichannel yang lebih mulus dan konsisten.?Penting untuk membuat ekstensi properti online dan offline satu sama lain.
Coba tawarkan layanan seperti "beli online, beli di toko" dan "beli secara online, kembali di toko" untuk menciptakan pengalaman yang unik dan menarik bagi pembeli yang juga membantu mendorong penjualan.?Strategi ini juga memungkinkan Anda untuk memaksimalkan kehadiran fisik Anda dengan cara yang tidak dapat dijalankan oleh platform online saja.
Bergerak secara online adalah prospek yang menarik untuk bisnis apa pun.?Kerjakan pekerjaan rumah Anda di area-area di atas untuk membantu Anda membangun?rencana bisnis?cerdas?yang pada akhirnya mengarah ke pertumbuhan baik di saluran penjualan online dan offline Anda.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: