Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ternyata, Ini Kunci untuk Mengenali Peluang Lisensi

        Ternyata, Ini Kunci untuk Mengenali Peluang Lisensi Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Perusahaan memperluas merek mereka melalui perizinan karena berbagai alasan.?Lisensi memungkinkan perusahaan dengan merek yang memiliki preferensi tinggi untuk membuka kunci nilai laten merek mereka dan memenuhi permintaan terpendam yang mereka inginkan.

        Dengan melisensikan merek mereka, perusahaan dapat memuaskan kebutuhan konsumen dalam kategori di luar bisnis inti mereka.?Seperti misalnya dalam kisah, ketika Apple meluncurkan iPod beberapa tahun yang lalu mereka merevolusi cara orang mendengarkan musik mereka.

        IPod sangat sukses sehingga penerimaannya yang cepat menciptakan kebutuhan yang mendesak untuk aksesoris seperti ban lengan atau tempat untuk meletakkan iPod, adaptor, dan pengisi daya otomatis.?Apple dapat memilih untuk memproduksi dan mendistribusikan aksesoris ini sendiri.?Sebaliknya, Apple memutuskan bahwa aksesoris ini bukan inti keahlian bisnis mereka dan karena itu memilih untuk memenuhi kebutuhan melalui perizinan.

        Dengan melisensikan merek iPod, Apple memungkinkan sejumlah besar perusahaan untuk memproduksi semua jenis produk hebat untuk membuat iPod lebih ramah-pengguna dan meningkatkan cara mereka mendengarkan musik.?Contoh produk berlisensi untuk iPod termasuk Bose Sound System dengan iPod docking station, sepatu lari Nike+, kit adaptor otomatis, ban lengan dan banyak produk lainnya.?Semua aksesoris ini dijual oleh pemegang lisensi.

        Beberapa pemberi lisensi melihat perizinan sebagai peluang untuk "menguji" kelangsungan hidup suatu kategori baru tanpa membuat investasi besar dalam proses manufaktur baru, mesin atau fasilitas.?Dalam program perizinan yang dijalankan dengan baik, pemilik merek mempertahankan kendali atas citra merek dan bagaimana hal itu digambarkan (melalui proses persetujuan dan struktur kontrak lainnya), memposisikan diri untuk mendapatkan manfaat dari pendapatan tambahan (royalti) dan eksposur merek melalui saluran baru dan ruang rak tambahan.

        Sebagai contoh, Rubbermaid memperoleh pendapatan tambahan dan kehadiran merek dengan melisensikan wadah kotoran kucing yang dijual di inti saluran massal untuk Rubbermaid, dan di toko-toko khusus toko hewan peliharaan ke United Pet Group, pemegang lisensi mereka.

        Menentukan perluasan merek dan kategori produk yang dapat dijual membutuhkan pemahaman tentang visi merek, arsitektur, dan posisi serta nilai yang diberikannya.?Sebelum merek melisensikan produk ke dalam kategori baru, mereka perlu melakukan riset pasar, termasuk peninjauan terhadap penelitian sekunder, kelompok fokus, wawancara, dan survei lapangan untuk memahami dengan jelas apa yang konsumen yakini tentang merek dan apa harapan mereka.?Setiap kategori kemudian harus dievaluasi berdasarkan keunggulan asosiasi merek, asosiasi yang baik yang disimpulkan oleh ekstensi dan keunikan asosiasi dari kategori baru.

        Setelah daftar kemungkinan perluasan telah dipangkas untuk pemilik merek yang memenuhi syarat dan paling menguntungkan, kemudian harus melakukan analisis industri dan kompetitif dari setiap kategori untuk menentukan ukuran pasar, kumpulan kompetitif, tingkat pertumbuhan industri dan sifat kompetitif.?Analisis ini akan memungkinkan pemilik merek untuk menentukan apakah masuk akal untuk memasukkan kategori.

        Metode-metode ini bermanfaat dalam mengevaluasi bisnis atau proyek dari sudut pandang strategis.?Mereka melibatkan menentukan tujuan dari usaha dan mengidentifikasi faktor-faktor eksternal dan internal yang menguntungkan atau tidak menguntungkan untuk mencapai tujuan itu dan untuk menentukan daya tarik usaha.

        Setelah analisis ini selesai, pemilik merek diberdayakan dengan daftar kategori potensial yang diprioritaskan untuk dipindahkan.?Pada titik ini, dia harus menilai apakah lebih baik untuk mengeksekusi produk di rumah atau mengeluarkan lisensi kepada produsen yang kemudian dapat membawa produk ke pasar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: