Ketika starup Anda sudah terealisasi dalam bentuk yang aslinya, bukan hanya sebatas ide di atas kertas, masih ada pertanyaan penting yang harus Anda tentukan jawabannya. Bagaimana upaya selanjutnya untuk meningkatkan pertumbuhan usaha?
Jika dibayangkan, memang mudah untuk menjawab, namun tetap ada yang harus Anda pertimbangkan. Bagaimana mengelola keuangannya atau bagaimana melakukan peningkatan itu dalam anggaran yang ditetapkan?
Mari kita telusuri beberapa tips yang pasti akan membantu Anda mengatasi dilema ini dengan mudah:
1. Manfaatkan tenaga freelance
Bagaimana Anda bisa lepas dari kata kunci freelance yang bermekaran dalam ekonomi??Tenaga kerja on-demand ini siap menawarkan spesialisasi dengan biaya lebih rendah.?Anda tidak dapat melewatkan pekerjaan outsourcing dengan biaya lebih rendah dan menyelesaikan pekerjaan sepanjang waktu.
Berdasarkan data yang dikutip dari Entrepreneur.com, untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda dapat memanfaatkan para freelancer dan buatlah situasi yang menguntungkan untuk start-up Anda dan freelancernya juga tentunya.
2. Buat pelanggan baru
Mendukung proposisi nilai yang benar dan ciptakan permintaan untuk produk Anda.?Anda memiliki ide yang luar biasa dan produk pemecah jalan.?Pastikan Anda dapat membuat permintaan untuk itu dan biarkan pelanggan mengidentifikasi dengan proposisi merek.
?Ada kebutuhan untuk membuat pelanggan memahami fitur berbagai produk terbaru yang kami mulai dalam manufaktur.?Hanya setelah diberitahu tentang kegunaan dan umur panjang dari produk baru yang permintaannya meningkat,? kata Dhruv Trehan, CEO Shree Ram Wood Industries.
Bagaimana cara menjelajah ke cakrawala baru, menjelajahi pasar baru, dan mengekspor ke pelanggan baru??Dhruv menekankan memperluas skala dengan meningkatkan basis pelanggan dan pinggiran area penjualan dapat menjadi jalan keluar.
3. Upaya pemasaran
Ledakan internet big bang dan akses mudah ke sejumlah besar media sosial telah memungkinkan untuk memperluas volume bisnis dalam anggaran terbatas.
Memanfaatkan kecepatan serta kemudahan akses untuk pemasaran melalui media sosial dapat menguntungkan. Perluasan jangkauan yang dapat dicapai dari YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter tidak membutuhkan waktu lama, dan hasilnya pun memuaskan.
4. Pembentukan jaringan
Siapa bilang memiliki jaringan teman dan mentor yang kuat dan memiliki banyak koneksi tidak membantu??Bergabunglah dengan kelompok bisnis besar dan asosiasi bisnis dan sertakan tautan jika memungkinkan.?Lebih mudah untuk meningkatkan bisnis Anda, jika Anda memiliki jaringan suara mentor dan orang-orang yang dapat membimbing Anda ke arah yang benar.
Sebenarnya keinginan Anda untuk menang itulah yang menjadikan Anda seorang pemenang.?Jika Anda seorang pekerja keras dan Anda berpikir dalam jangka panjang, tidak ada yang dapat menghentikan Anda mencapai puncak kesuksesan.
Ikuti panggilan hati Anda yang sebenarnya, mempertimbangkan gelombang kekuatan pasar dan dengan tepat memanfaatkan dunia media sosial yang sangat besar dan Anda pasti akan memulai bisnis dengan mudah dan menyaksikan pertumbuhannya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: