Sebagai penjual e-commerce, ada banyak tanggung jawab yang harus disulap oleh Anda dan tim Anda, antara lain sumber produk, kontrol kualitas, layanan pelanggan, SEO, dan SDM.?Namun, salah satu tanggung jawab yang sering diabaikan adalah pencegahan penipuan, banyak penjual e-commerce yang tidak memperhatikannya.
Dengan frekuensi pelanggaran data sebanyak 1.253 pelanggaran baru-baru ini yang dilansir dari Entrepreneur.com (8/1/2019), data kartu kredit curian sudah tersedia untuk penjahat cyber.?Menurut penelitian Javelin, $16 miliar hilang karena penipuan tahun lalu.
Berikut adalah tujuh skema penipuan teratas yang harus Anda perhatikan untuk mencegah serangan penipuan berikutnya di situs web Anda:
1. Penipuan klasik
Jenis penipuan ini umumnya dilakukan oleh penipu yang tidak canggih atau belum mahir. Kredensial kartu kredit curian dibeli di web gelap, dan barang dikirim ke re-shippers dalam upaya untuk mengambil barang dagangan yang dicuri.?Seringkali, proxy internet digunakan untuk menutupi IP internasional di mana sebagian besar jenis penipuan ini berasal.
2. Kecurangan triangulasi
Jenis penipuan ini melibatkan tiga pihak: penipu, pembeli sah yang tidak curiga dan toko e-commerce.
Wadah online dibuat oleh penipu, seringkali di eBay atau Amazon, yang menawarkan barang-barang permintaan tinggi dengan harga yang sangat rendah.?Toko mengumpulkan pembayaran untuk barang yang dijualnya.?Penipu kemudian menggunakan data kartu kredit curian lainnya dan nama-nama yang dikumpulkan dalam pesanan di tempat online-nya untuk membeli barang-barang dari situs web yang sah dan mengirimkannya ke pelanggan yang membeli di tempat online baru-nya.
Jenis penipuan ini biasanya dapat diidentifikasi oleh produk yang ditargetkan serta beberapa pekerjaan investigasi dengan menemukan pembeli yang tidak curiga yang dapat mengidentifikasi wadah online sebagai tempat barang curian dibeli.
3. Penipuan intersepsi
Penipu akan membuat pesanan di mana penagihan dan pengiriman cocok dengan alamat yang terhubung ke kartu.?Tujuan mereka adalah mencegat paket dengan salah satu cara, berikut: meminta perwakilan layanan pelanggan untuk mengubah alamat pada pesanan sebelum pengiriman, atau menghubungi pengirim untuk mengalihkan rute paket ke alamat tempat mereka dapat mengambil barang yang dicuri.
Dalam kasus di mana penipu bertempat tinggal dekat dengan alamat penagihan pemegang kartu, secara fisik menunggu di dekat alamat untuk pengiriman tiba dan menawarkan untuk menandatangani paket karena pemilik rumah tidak tersedia.
4. Penipuan pengujian kartu
Ini adalah praktik pengujian validitas nomor kartu kredit, dengan rencana untuk menggunakan kredensial yang valid di situs web lain untuk melakukan penipuan.?Penipu menargetkan situs web yang mengungkapkan respons berbeda untuk setiap jenis penolakan.
Misalnya, ketika kartu ditolak karena tanggal kadaluwarsa yang salah, respons yang diberikan berbeda, sehingga mereka tahu mereka hanya perlu menemukan tanggal kadaluwarsa.?Ini umumnya dilakukan oleh bot, dan upaya transaksi terjadi dengan cepat, secara berurutan.?Data pada pesanan akan sering identik, baik semua data atau hanya sebagian dari data, seperti alamat pengiriman.
5. Penipuan pengambilalihan akun
Ini terjadi ketika penipu mendapatkan kredensial login pelanggan yang sah dan memanfaatkan kartu kredit yang disimpan untuk membeli barang.?Pembaruan pada alamat pengiriman biasanya akan terjadi sesaat sebelum pembelian sehingga penipu dapat mengambil barang yang dicuri.
6. Penipuan melalui pencurian identitas
Dalam hal ini, penipu mengasumsikan identitas orang lain, membuat kartu kredit atas nama korban dan pergi berbelanja.?Jenis penipuan ini meningkat dengan cepat karena jumlah dan ruang lingkup pelanggaran data meningkat.?Ini juga yang paling sulit diidentifikasi karena penipu di balik pencurian identitas cukup canggih.
7. Penipuan yang ramah, juga disebut penipuan tolak bayar
Seorang pembelanja online akan melakukan pembelian, kemudian mengeluarkan tolak bayar, mengklaim kartu mereka dicuri.?Pengembalian beban biasanya terjadi setelah barang dikirim.?Jenis penipuan ini secara tradisional tidak dilakukan oleh penjahat keras tetapi oleh konsumen yang jelas menyadari apa yang mereka lakukan.
Jenis penipuan ini sulit dideteksi tetapi seringkali dapat dimenangkan melalui tolak bayar yang mewakili.
Untuk melindungi bisnis e-commerce Anda, Anda harus mewaspadai skema-skema penipuan seperti di atas. Agar terhindar dan tidak dirugikan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: