Apa yang terlintas dalam pikiran Anda, ketika Anda mendengar kata Public Relation (PR)??Bagi kebanyakan wirausahawan, ini semua tentang menggunakan media untuk menyebarkan berita tentang penggalangan dana mereka, atau sekadar mempromosikan startup Anda ke publik.
PR biasanya merupakan preferensi tersier dalam startup tahap awal.?Sebagian besar fokusnya akan pada pengembangan produk dan menggunakan pemasaran generasi memimpin untuk mengembangkan bisnis.
Startup kecil atau tahap awal dapat membangun strategi media yang solid sesuai dengan persyaratan penggalangan dana mereka. Startup dapat memanfaatkan peran PR dalam hal ini, dan ada beberapa strategi terkait itu, simak penjabarannya:
Sejajarkan strategi PR dengan tujuan bisnis Anda
Kegiatan PR dapat memberi Anda lebih dari beberapa liputan berita. Apabila Anda menjajarkan itu dengan sasaran bisnis Anda, keuntungan dapat menghampiri Anda. Mode-mode ini dapat bervariasi dari model bisnis yang sukses, aktivitas jaringan, dan mencari kemitraan aktif untuk meningkatkan skala bisnis Anda.?Secara bersamaan, selaraskan ide atau promosi dengan siklus penjualan dan tonggak penggalangan dana.?Fokus pada kunci vertikal yang akan membantu mencapai tujuan bisnis Anda.
Fokus pada hak cipta
Memiliki ciri yang unik untuk produk atau layanan Anda sangat membantu dalam membangun identitas dan membangun reputasi.?Menerbitkan cerita yang relevan yang mendukung hak cipta merek Anda akan membuat perbedaan dan membangun citra yang kredibel.?Branding secara tidak langsung akan memainkan peran penting selama penggalangan dana.
Kegiatan pers yang berkelanjutan
Menggandeng pers untuk membuat startup Anda dikenal adalah salah satu langkah bagus dan PR dapat berperan besar di dalamnya. Ajak awak pers untuk mengetahui keistimewaan startup Anda sehingga mereka dapat mempromosikan itu dalam medianya. Bagikan hal yang relevan saja. Dan juga tidak ada salahnya jika Anda ingin mengadakan event untuk mengumpulkan mereka.
Pikiran kepemimpinan
Investor tidak hanya berinvestasi dalam ide, tetapi mereka juga berinvestasi pada orang yang menjalankannya.?Pikiran kepemimpinan menjadi sarana penting untuk memberi tahu investor dan rekan di sektor Anda tentang visi dan organisasi Anda.?PR Pribadi dan PR Perusahaan selalu ditautkan.?Jadi, Anda adalah merek yang Anda jual.?Temukan kolom yang tepat untuk mempublikasikan pendapat Anda dan gunakan itu sebagai sarana untuk terlibat dalam industri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: