Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Google Tinjau Ulang Bisnis Perangkat Kerasnya

        Google Tinjau Ulang Bisnis Perangkat Kerasnya Kredit Foto: Reuters/Stephen Lam
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Meskipun bukan pemain bisnis hardware (perangkat keras) yang besar, raksasa internet Google tidak pernah menyembunyikan ambisinya untuk mengukir tempat bagi dirinya sendiri di segmen yang sangat kompetitif ini. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini meluncurkan beberapa produk perangkat keras termasuk smartphone, tablet, speaker, laptop, dan komputer. Namun, kegagalan gawai tersebut di pasar memicu pertanyaan tentang strategi perusahaan.

        Setelah melakukan beberapa kesalahan, raksasa teknologi AS sekarang tampaknya akan memasuki mode jeda dengan kemungkinan merestrukturisasi bisnis. Rabu (13/3/2019) lalu, Google telah memberi tahu puluhan karyawan di divisi laptop dan tabletnya untuk menemukan peran baru di departemen lain. Langkah ini berarti mengurangi operasi di grup perangkat keras internal.

        Perombakan ini melibatkan divisi Create, yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan membuat laptop Pixelbook dan tablet Pixel Slate dan produk made by Google lainnya. Saat karyawan dihalangi ke departemen lain, sebuah pesan telah dikirim bahwa peran baru mereka mungkin tidak permanen, menurut laporan itu.

        Itu menunjukkan bahwa Google ingin mengembalikan talenta tersebut jika ia memutuskan untuk melanjutkan bisnis perangkat kerasnya setelah ditinjau. Alih-alih memecat mereka, perusahaan akan memiliki fleksibilitas untuk meningkatkan tenaga perangkat keras jika diperlukan di masa depan.

        Baca Juga: 6 Cara Agar Situs Muncul di Halaman Pertama Google

        Tentu saja ada alasan bagus mengapa Google ingin melihat kembali operasi perangkat kerasnya, mengingat keberhasilannya yang terbatas di segmen ini. Perusahaan telah berusaha menyediakan berbagai perangkat, dari smartphone ke tablet ke komputer dan laptop, untuk memberikan pengalaman terbaik ketika orang menggunakan sistem operasi Android saat bepergian. Namun, terlepas dari smartphone merek Pixel, yang memenangkan sekelompok penggemar Android loyal, komputer tablet dan laptop gagal mendapatkan banyak adopsi arus utama.

        Harga adalah salah satu kendala yang membuat Google tampaknya salah menawarkan perangkat kerasnya. Pixelbook di Chrome OS dibanderol masing-masing US$999, sedangkan Chromebook dari merek PC Taiwan ASUS dihargai paling rendah US$229. Melihat sebagian besar merek lain, Chromebook milik Google seharga di bawah US$500.

        Harga premium yang tinggi berarti Google kesulitan memasarkan Pixelbook-nya dibandingkan merek lain yang menggunakan perangkat lunak yang sama. Harga tidak aktif, terutama karena Google tidak memiliki basis penggemar setia yang kuat untuk gawainya, tidak seperti Apple.

        Google Home sekarang adalah layanan asisten suara nomor 2 dengan sekitar 22% dari keseluruhan pangsa pasar AS, tertinggal dari Amazon yang memegang lebih dari setengah pangsa pasar dengan perangkat Echo-nya. Kesenjangan antara Amazon Echo dan Google Home sangat besar, tetapi menarik untuk dicatat bahwa perangkat Google dikatakan telah menambah lebih banyak pengguna baru tahun lalu daripada penawaran Amazon.

        Baca Juga: Google Bocorkan Cara Kerja Mesin Pencari di SEO Conference 2019

        Menurut sebuah laporan penelitian, pengeras suara pintar Google Home menambahkan 7,2 juta pengguna baru AS pada 2018, 600.000 lebih dari Amazon Echo. Bank investasi RBC memperkirakan sekitar 43 juta perangkat Google Home kini dipasang di AS dan 9 juta secara internasional. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa pengeras suara pintar dapat menjadi salah satu mesin pertumbuhan untuk bisnis perangkat keras Google karena terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari pengguna.

        Pada 2017 lalu, Google mengumumkan akuisisi divisi desain smartphone HTC, perusahaan Taiwan, untuk mendukung pengembangan Google Pixel. Seri pertama Pixel 3 telah diluncurkan akhir tahun lalu dan memenangkan respons pasar yang positif. Namun, Google tidak menjadikan Pixel 3 sebagai produk global dan terbatas pada pasar tertentu. Itu menunjukkan Google belum menemukan cara untuk bisnis smartphone di luar pasar AS.

        Karena Google Pixel 3 masih menggunakan Android asli, akan sangat sulit bagi perusahaan untuk bersaing dengan puluhan merek di pasar yang menawarkan smartphone Android untuk semua segmen pasar. Mengingat situasi ini, Google mungkin membatasi operasi smartphone-nya untuk menghindari kerugian.

        Perusahaan telah memberi sinyal sekarang bahwa ia ingin menguji ulang operasi perangkat kerasnya secara keseluruhan dan melakukan beberapa perbaikan. Saat ini perusahaan mempertanyakan kembali divisi laptop dan tablet: dapatkah ia menghasilkan campuran dan skala yang tepat untuk segmen tersebut?

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Yosi Winosa
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: