Salah satu Chef kondang asli Indonesia ini bisa kamu jadikan role model dalam mengelola restoran lho. Pasalnya, Maria Irene Susanto alias chef Marinka ini telah berhasil mengelola restoran makanan sehat di Fatmawati, Jakarta Selatan.
Restoran yang didirikan pada 2015 itu menyajikan konsep menu?gluten free?yang sehat, namun tetap enak. Dengan tampilannya yang menggugah selera, membuat sesiapa saja yang melihatnya merasa tertarik. Lantas, apa ya jurus jitunya? Simak ulasan berikut:
1. Kenali produk dan kualitas makananmu
Pertama-tama, kamu harus mengenali dulu produk dan kualitas makanan buatanmu. Tentukan dulu identitas yang bakal kamu tunjukkan dari menu restoranmu, dan tentukan kualitasnya ya, agar tetap konsisten.
Sebenarnya, bukan hanya untuk bisnis makanan saja kok. Bisnis lainnya pun harus paham produk.
Baca Juga: Bangun Bisnis Restoran yang Ramai Pelanggan dengan 5 Strategi Ini
2. Liat kompetitor, dan bandingkan denganmu
Bukannya mau menyama-nyamakan, atau menyontek bisnis dari kompetitormu, tapi dengan cara membandingkan ini, kamu jadi bisa tahu menu apa saja yang mereka jual, dan berapa harganya.
Dengan begitu, kamu jadi paham tuh apa yang harus kamu lakukan pada bisnismu agar lebih dari yang mereka punya.
Kalau sampai kamu enggak tahu kompetitor, besar kemungkinannya kamu malah membuat restoran yang sama dengan mereka, atau buruknya, kualitas dan hargamu jauh di bawah mereka.
3. Berikan tester
Apa salahnya menyediakan tester untuk beberapa orang? Enggak akan rugi kok. Justru kamu bisa mengukur bagaimana kualitas produkmu itu di mata mereka. Apa ada yang kurang atau berlebihan, terimalah segala saran yang mereka berikan.
Baca Juga: Restoran Sepi, Eatigo Tawarkan Platform untuk Datangkan Pembeli
4. Pakai media sosial
Social media, please do your magic! Tak ada yang menyangkal kalau media sosial itu memberikan kekuatan yang besar banget dalam promosi. Baik itu bisnis pakaian, makanan, restoran, dll.
Selain bisa menjadi identitas, di media sosial kamu bisa beriklan dengan bujet yang murah. Tentu jauh lebih murah ketimbang menggunakan media massa.
Baca Juga: Ah, Influencer untuk Bisnis Restoran Enggak Melulu Menjanjikan, Ini Buktinya!
5. Jangan latah
Yang terakhir, pastikan kalau niatmu mendirikan bisnis ini bukan karena keinginan sementara. Jangan latah karena bisnis ini sedang trend? jadi kamu ikut-ikutan.
Kenapa demikian? Bagi Chef Marinka, kalau angina-anginan seperti itu, durasinya pendek, bisnismu enggak long lasting gitu.
Jadi, sebaiknya kalau mau mendirikan restoran itu, kamu harus pastikan bahwa tren restoran itu bertahan lama di masa depan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: