Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bikin Tempo ‘Jatuh Hati’, Siapa Sih Foodizz.id?

        Bikin Tempo ‘Jatuh Hati’, Siapa Sih Foodizz.id? Kredit Foto: Unsplash/Rawpixel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Tempo Group baru saja mengumumkan ekspansinya dengan berinvestasi di sebuah startup edukasi di bidang kuliner bernama Foodizz.id. Investasi itu dilakukan melalui salah satu entitas anak usahanya, PT Info Media Digital, yang bergerak di bisnis berita online dengan nama Tempo.co.

        Ini bukan kali pertama Tempo Group berinvestasi di bisnis startup yang bergerak di sektor edukasi. Sebelumnya Tempo telah berinvestasi di PT Rombak Pola Pikir yang menaungi beberapa platform new media, di antaranya channel YouTube 'Kok Bisa' yang merupakan saluran edukasi dalam bentuk animasi, Telusuri.id yang merupakan situs berita travel milenial, dan Ziliun.com yang merupakan situs portal berita startup. Lalu siapa sih Foodizz ini hingga bisa membuat Tempo Group 'jatuh hati'?

        Menurut berbagai sumber, Foodizz merupakan startup yang didirikan atas dasar keprihatinan terhadap banyaknya pelaku bisnis kuliner yang gagal dan gulung tikar di tengah geliat industri yang seolah tidak ada matinya. Adalah Andrew Sinaga yang prihatin atas fenomena itu dan mencoba membuat riset yang kemudian menunjukkan fakta bahwa 90% pebisnis kuliner bangkrut dan hanya satu persen yang bisa mengembangkan bisnisnya dengan membuka outlet lebih dari satu.

        Baca Juga: Wah, Tempo.co Investasi di Startup Edukasi Kuliner

        Beranjak dari sana, pada awal 2018 Andrew pun merintis startup yang fokus pada pembelajaran tentang bagaimana bisnis kuliner seharusnya dijalankan. Awalnya, Foodizz dijalankan secara luring dengan mengadakan workshop tentang bisnis kuliner.

        "Saya sengaja pilih offline dulu untuk melihat pasarnya sejauh mana. Ternyata setelah setahun jalan, demand-nya memang ada dan juga buyer-nya. Akhirnya saya bikin program kelas online bernama Foodizz Class," ujar Andrew dalam sebuah kesempatan di Jakarta beberapa waktu lalu.

        Saat ini Foodizz.id telah menggandeng 15 ahli dari berbagai bidang sebagai pengajar, mulai dari pengembangan bisnis, pemasaran, manajemen keuangan, permasalahan hukum hingga opsi pembiayaan atau mencari investor. Hingga saat ini sudah lebih dari 200 video, 100 podcast hingga 30 dokumen bisnis yang telah diunggah, serta 20.000 anggota komunitas yang tergabung di dalamnya.

        Sistem bisnisnya sendiri merupakan sistem langganan berbayar dengan harga mulai dari Rp2,25 juta per enam bulan untuk dapat menjadi pengguna premium Foodizz.id. Sejauh ini Andrew mengklaim telah memiliki lebih dari 200 suscribers dan dengan pengguna aktif lebih dari 2.500 orang.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Taufan Sukma
        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: