Lion Air Group melalui PT Lion Express dengan merek dagang Lion Parcel memperkenalkan Lion Parcel MobApps yang ditujukan bagi para penjual online atau social commerce. Aplikasi ini dapat memanggil kurir Lion Parcel dengan cara menekan tombol order. Aplikasi tersebut dikenalkan pada perayaan Hari Konsumen Nasional 2019 (Hakornas) yang diselenggarakan di Lapangan Gasibu Bandung, 19-20 Maret 2019, dengan tema Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya.
Farian Kirana, Direktur Utama Lion Parcel melalui siara pers yang diterima Warta Ekonomi mengatakan, tema tersebut memberikan sinergi positif dan dapat menjadi sarana menyampaikan informasi yang efektif kepada pelanggan sehingga mereka mengetahui apa saja inovasi terbaru dari para pemberi jasa. Selain itu, juga menjadi edukasi agar mereka menjadi pelanggan yang cerdas.
Partisipasi Lion Parcel sendiri dalam acara tersebut merupakan komitmen perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, terutama bagi pasar ritel yang berfokus pada online selling market atau social commerce. Sebab, pada umumnya penjual online menginginkan transaksi praktis (tidak ingin repot dan bersusah payah ke luar rumah atau toko) untuk pengiriman barang.
Baca Juga: Perkuat Layanan Logistik, Lion Parcel Teken MoU dengan Kalog
Lebih lanjut, menurut Farian, pelayanan ini termasuk salah satu langkah strategis Lion Parcel dalam memanjakan para pengguna jasa, terutama penjual online. Sebagai informasi tambahan, saat ini Lion Parcel menggunakan kurir freelance yang terintegrasi dan terpantau melalui aplikasi. Lion Parcel membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi kurirnya, dengan cara mengunduh Virtual Kurir Lionparcel di smartphone Andriod.
Adapun beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan dalam Lion Parcel MobApps antara lain:
1. On Demand Pick Up "Aku ambil di tempatmu ya"
Fitur ini merupakan layanan pick up paket di tempat, di rumah, di kantor, dan di mana saja. Ini hasil dari pengembangan sistem aplikasi kurir sebelumnya dengan menggunakan sistem algoritma dan Google Geotagging. Dengan demikian, kinerja para kurir virtual Lion Parcel bisa efektif dalammelakukan penjemputan dan pengantaran paket.
2. Cashless Experience "Bayarnya nanti aja ya"
Fitur ini diperuntukkan bagi penjual online yang tergabung sebagai shipper di marketplace. Lewat pelayanan ini, penjual online bisa membayar di keesokan hari atau bisa dengan perjanjian sebelumnya. Hal tersebut dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, salah satunya harus tergabung dalam marketplace seller, mengunduh aplikasi, mengisi data detail KTP, KK, dan alamat e-mail. Ke depan Lion Parcel akan menggandeng beberapa bank dan lembaga keuangan lain demi kelancaran fitur?ini.
3. Tracking & Tracing "Peluk erat paket mu"
Fitur pengawalan paket mulai dari pick up sampai diterima oleh pelanggan. Dengan proactive notification, informasi pergerakan paket lebih transparan, bahkan saat berada dalam pengiriman melalui pesawat.
4. E-Proof of Delivery "Bukti penerimaan elektronik"
Penerima diwajibkan untuk melakukan tanda tangan elektronik pada aplikasi yang tersedia, sedangkan kurir mengambil foto di lokasi, serta menandai lokasi secara real time. Pada saat yang bersamaan, pengirim dapat menerima pesan elektronik bahwa paket sudah diterima dengan baik di tujuan.
Baca Juga: Lion Parcel Raih Sertifikasi Audit ISO 90001:2015
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Agus Aryanto
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: