Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Shell Tawarkan Pengelolaan SPBU Skema DODO, Berapa Sih Marginnya?

        Shell Tawarkan Pengelolaan SPBU Skema DODO, Berapa Sih Marginnya? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Shell Indonesia menawarkan pelung berinvestasi dibisnis Stasiun Pengisian Bahan bakar Uumum (SPBU) Shell melalui skema program kemitraan Dealer Owned, Dealer Operated (DODO). Bisnis ini menjanjikan mengingat market Indonesia yang sangat prospektif dan kebutuhan masyarkat akan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus meningkat. Shell melihat ini sebagai peluang untuk memperluas jaringan layanan SPBU agar dapat hadir lebih dekat dengan pelanggan.

        ?Melalui program kemitraan kami berharap dapat berkolaborasi bersama mitra untuk menjangkau lebih banyak pelanggan,? ujar Agung Saputra, Retail Partnership Manager Shell Indonesia Kamis (11/4/2019).

        Lanjutnya, program kemitraan DODO dilandasi asas kemudahan dan transparasi yang didukung oleh kualitas produk serta operasional terbaik dari Shell. Program ini menawarkan potensi bisnis jangka panjang serta fleksibilitas yang terencana.

        Untuk menjadi mitra DODO, jelas Agung, calon mitra perlu menyediakan lahan minimal 1000m2. Lahan yang tersedia akan dievaluasi kelayakan potensinya oleh team Shell Indonesia terlebih dahulu. Selain itu calon mitra juga menyiapkan investasi berkisar Rp4 miliar hingga Rp7 miliar terganatung kelengkapan fasilitas yang akan dikembangkan. Kontrak kemitraan ini akan berlangsung selama 20 tahun.

        Yang perlu diketahui calon mitra adalah, selain menyiapkan lahan dan invetasi, mitra juga lah yang akan membangun SPBU dan menyiapkan SDMnya, Shell akan melakukan pendampingan dan suport dalam pembangunan infrastruktur agar sesui standar Shell termasuk melakukan pelatihan SDM dan marketing.

        Namun Agung tak menjelaskan seberapa peluang keuntungan yang akan didapat mitra dibisnis SPBU ini. Menurut Agung tidak setiap lokasi membutuhkan investasi yang sama sehingga revenue yang didapat juga tidak sama. Selain ini revenue juga tidak datang hanya dari penjualan BBM saja namun ditunjang juga dari kelengkapan lainya seperti toko.?Namun intinya margin yang kita berikan konpetitif dan sudah diperhitungkan akan cukup untuk operastional cost dan menarik bagi mitra," kata Agung

        Diingatkanya, bahwa keuntungan dalam skema DODO dari Shell adalah mitra tidak akan dikenakan joining fee apapun yang dibayarkan kepada Shell, Selain itu tentu reputasi Shell dengan pengalaman lebih 100 tahun dalam pengembangan SPBU bisa jadi pertimbangan yang menjanjikan. ?Jadi bisnis ini tentu ngga main-main,? pungkas Agung.

        Hingga saat ini Shell Indonesia telah memiliki 98 SPBU yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Sumaetra Utara dan Jawa Timur, dan tahun ini sejak Januari sudah ada dua SPBU yang dibangun melalui skema DODO.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Sufri Yuliardi
        Editor: Sufri Yuliardi

        Bagikan Artikel: