Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Catat Ya! Ini Waktu Paling Pas Buat Kamu Posting Dagangan di Media Sosial

        Catat Ya! Ini Waktu Paling Pas Buat Kamu Posting Dagangan di Media Sosial Kredit Foto: Unsplash/Erik Lucatero
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Media sosial kini bukan hanya menjadi ajang komunikasi atau mendapat informasi, pebisnis online kini telah merambahnya dan mempromosikan dagangan mereka melalui media sosial.

        Sebelum mempromosikan produk atau layanan kamu di media sosial, kamu wajib paham waktu yang tepat untuk mempostingnya. Ternyata promosi di Facebook, Twitter, dan Instagram punya waktu tertentu lho.

        Supaya dagangan kamu makin moncer, yuk posting promosimu di hari dan waktu berikut:

        1. Facebook

        Banyak perusahaan yang telah mempelajari tren dan menganalisis waktu terbaik untuk memposting produk mereka di Facebook. Meskipun kamu telah menggunakan Facebook Ads, enggak ada salahnya kok tetap menerapkan strategi ini.

        Dikutip dari?Sproutsocial, inilah waktu terbaik untuk memposting produk bisnismu di Facebook:

        Setiap hari kerja jam 10.00 sampai jam 15.00;

        Khusus hari Rabu paling tepat di jam 12.00 sampai 14.00;

        Sementara untuk hari Kamis adalah hari terbaik untuk mempromosikan produk di Facebook, tapi lebih tepat di jam 13.00 sampai 14.00;

        Memposting di pagi hari dan malam hari sedikit kurang efektif;

        Hari Sabtu, jumlah pengguna Facebook yang aktif lebih sedikit ketimbang hari-hari lainnya.

        Baca Juga: Dear Owner Bisnis Online, Link Shortener Ternyata Penting untuk Bisnis Anda Lho

        Berdasarkan data tersebut, bisa dilihat bahwa rata-rata jumlah pengguna Facebook akan membludak pada siang hari di hari kerja. Karena banyak pengguna khususnya yang pekerja sedang menjalani istirahat makan siang. Selain itu, akhir pekan cenderung kurang efektif untuk promosi karena banyak pengguna yang lebih sibuk di dunia nyata ketimbang memegang ponsel mereka.

        2. Instagram

        Bukan hanya Facebook, Instagram juga menjadi platform menarik bagi para pebisnis online. Strateginya, selain menggunakan Instagram Ads, kamu juga bisa meraih?traffic?dengan memposting produk di waktu yang tepat.

        Dikutip dari Expertvoice, ternyata waktu paling efektif, namun bukan terbaik, adalah sekitar pukul 2 dini hari. Kenapa efektif? Jam-jam segitu enggak banyak orang memposting foto di Instagram, namun, ketika pagi datang, produkmu bisa langsung dilihat oleh pengguna.

        Lantas, jam berapa dan hari apa waktu yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk via Instagram?

        Minggu, pukul 17.00

        Senin, pukul 19.00 dan 22.00

        Selasa, pukul 03.00 dan 22.00

        Rabu, pukul 17.00

        Kamis, pukul 07.00 dan 23.00

        Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00

        Baca Juga: Yuk Coba 5 Trik SEO Ini untuk Bisnis Online Anda!

        Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, tetapi terkait dengan seberapa banyaknya orang melihat postinganmu.

        3. Twitter

        Twitter merupakan platform media sosial yang memiliki jutaan pengguna aktif tiap bulannya. Twitter berpotensi menjadi platform online marketing yang efektif, meskipun kamu bakal terbatas dengan jumlah maksimal 280 karakter per postingan.

        Baca Juga: Cuma Terima Gaji Kurang dari Rp20 Ribu, CEO Twitter Tak Jatuh Miskin

        Rasio klik tertinggi, dikutip dari?thesmallbusiness?adalah pada hari Senin dan Kamis, tepatnya pukul 13.00 dan 15.00. Kamu bisa memanfaatkan waktu ini sebagai jadwal yang ideal untuk memposting produkmu. Sementara itu, untuk waktu yang paling buruk adalah pada akhir pekan, pukul 20.00 ke atas dan hari Jumat pukul 15.00 ke atas.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Bagikan Artikel: