Indonesia menekankan pentingnya konsep kewirausahaan untuk diterapkan tidak hanya bagi perusahaan besar, tapi juga koperasi, UKM, startup, dan pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Hal ini disampaikan dalam forum PBB, UN-ICSB Forum 2019 dalam rangka Peringatan Hari UKM Internasional.
Pimpinan ICSB Indonesia dan Presiden Asia Council for Small Business (ACSB) Hermawan Kartajaya di Markas PBB, New York (26-28/6/2019), yang hadir sebagai salah satu delegasi Indonesia, menekankan beberapa hal penting dalam pengembangan UMKM di suatu negara. Salah satunya menanamkan jiwa dan mental kewirausahaan.
"Kewirausahaan atau entrepreneurship sangat diperlukan tidak hanya oleh sektor swasta, tapi juga koperasi, UKM, dan startup serta pemerintah sebagai pembuat kebijakan," kata Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM itu.
Tiga elemen penting dalam membangun kewirausahaan, kata dia, yakni memanfaatkan peluang, strategi pengambilan risiko, dan kolaborasi dalam kerja sama yang baik antara LSM dan pemerintah untuk menghadapi era baru.
Baca Juga: Inkubator Bisnis Jadi Fokus Pemerintah Ciptakan Wirausaha Baru
"Hal ini nyata terlihat dalam goal 12, yakni SCP sustainable consumption and production atau produksi dan konsumsi yang berkelanjutan. Maka, entrepreneurship?melekat dalam SDG atau sustainable development goals ke-12," katanya.
Hermawan juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara, bahkan satu-satunya anggota G-20 dari Asean sejajar dengan Korea Selatan, Jepang, China, dan India di Asia.
Ia menambahkan, SDG 2030, ada 17 interconnected goals dan 5P, yakni people, planet, prosperity, peace, partnership.?
Oleh karena itu, ia menyarankan ada tanggung jawab yang menyertai dalam sebuah pembangunan konsep kewirausahaan yang menghasilkan barang dan jasa sehingga konsep semangat humane entrepreneur harus dikembangkan sebagaimana dicetuskan oleh Prof KKC di Korea Selatan.
Baca Juga: Kemenperin Dorong E-Commerce Cetak Wirausahawan Baru
"Pemasar yang bertanggung jawab sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan konsumsi," katanya.
Faktor penting lain yang ditekankan Hermawan yakni terkait teknologi yang dimotori oleh industri 4.0 dari Jerman yang harus digunakan untuk mendorong terwujudnya komunitas 5.0, sebuah konsep yang dikembangkan oleh Jepang.
"Ini akan diintegrasikan dengan humane entreprising, semangat untuk berproduksi secara bertanggung jawab, marketing untuk konsumsi yang bertanggung jawab pada nilai-nilai kemanusiaan, dan teknologi 5.0," kata Hermawan.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ning Rahayu
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: