Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Buka The Big Start, Blibli Siapkan Hadiah Rp1,3 M untuk UMKM

        Buka The Big Start, Blibli Siapkan Hadiah Rp1,3 M untuk UMKM Kredit Foto: Blibli.com
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Blibli.com resmi membuka roadshow The Big Start (TBS), kompetisi wirausaha bagi pengusaha kreatif tergolong UMKM, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat hari ini (12/7/2019). Pembukaan ini disemarakkan oleh 100 pengusaha kreatif yang akan memamerkan produk mereka di festival UMKM yang akan berlangsung selama tiga hari ini.

        Menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa, Pemerintah Jawa Barat dan Blibli.com sudah lama menjalin kemitraan dalam memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM Jawa Barat. Kesuksesan yang dicapai UMKM secara digital akan berkontribusi pada realisasi target Pemprov Jabar dalam memajukan 5.000 UMKM

        "Dengan demikian mendukung target Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020," jelas Iwa.

        Sejak berdiri di 2011, Blibli.com sudah membantu UMKM di seluruh Indonesia, termasuk Jabar, untuk go online. Saat ini, sudah ada lebih dari 3.000 UMKM Jabar yang tergabung di Blibli.com per kuartal II 2019, naik 125% dibanding periode yang sama di tahun lalu.

        Baca Juga: Belanja Online Ambilnya Offline, Begini Cara Pakai Fitur "Click & Collect" Blibli!

        "Melalui kompetisi TBS Bandung ini, Blibli.com ingin mewujudkan komitmen jangka panjang kami untuk mengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program Pemerintah Jawa Barat," ungkap Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com.

        Kompetisi TBS Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp1,3 miliar dan fokus pada empat kategori utama, yaitu fesyen, kuliner, kesehatan dan kecantikan (KKE), dan kriya. Blibli.com menggandeng empat profesional di bidangnya untuk menjadi juri, ialah Didiet Maulana (Pendiri IKAT) untuk kategori fesyen, Priscilla Pangemanan (Pendiri SASC Cosmetics) untuk kategori KKE, Rinrin Marinka (Masterchef Indonesia) untuk kategori kuliner, dan Luthfi Hasan (Pendiri Jakarta Vintage) untuk kategori kriya.

        Melalui TBS Season 4 ini, Blibi.com juga memfasilitasi para pengusaha kreatif menjawab tujuh tantangan yang kerap dihadapi saat mengembangkan usaha. Ketujuh tantangan ini adalah pemasaran, permodalan, jaringan, sistem teknologi, pengetahuan bisnis, penggunaan platform online, serta kreativitas dan inovasi.

        Berikut rincian program-program TBS yang akan membantu creativepreneur menjawab tantangan pasar:

        1. Jaringan penghubung pengusaha kreatif dengan pasar internasional

        TBS Season 4 akan menghubungkan pengusaha kreatif Indonesia dengan pasar internasional dengan membawa mereka ke ajang pameran luar negeri melalui kerja sama dengan Kementerian Perindustrian.

        Blibli.com memberikan kesempatan bagi para peserta untuk ikut serta dalam "The Creator", proyek kolaborasi yang menyatukan pengusaha kreatif dengan usaha yang sudah established.

        The Creator tahun ini akan menggandeng 15 merek-merek dengan 15 influencer (KOL), termasuk Kanva Home & Living x Hari Prast, Pipiltin Cocoa x Chef Juna, dan Chiel x Cindercella.

        2. Pengetahuan bisnis melalui pelatihan pemasaran dan manajeman bisnis

        Ribuan creativepreneur yang mendaftar di TBS akan dikurasi menjadi top 100. Mereka akan dibantu masuk ke platform Blibli.com dan akan diberikan pendampingan oleh tim Galeri Indonesia.

        Selanjutnya, akan dipilih top 20 usaha kreatif yang akan diberikan pelatihan intensif mengenai marketing & branding, financial planning, hukum usaha, dan keterampilan pemasaran lainnya.

        Terakhirnya, akan terpilih empat pengusaha kreatif muda terbaik untuk diberikan hadiah sebagai modal usaha.

        3. Peningkatan kreativitas dan inovasi sebagai tujuan akhir

        Seluruh pelatihan dan kolaborasi bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi produk-produk hasil pengusaha kreatif. Tujuannya, meningkatkan daya saing produk hasil pengusaha kreatif di pasar Indonesia maupun internasional.

        Baca Juga: Bersama Go-Jek, Kemenkop Tingkatkan Pengembangan dan Pemasaran UMKM

        Geoffrey L Dermawan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, mengatakan, "Tidak berhenti di situ, para peserta juga mendapat kesempatan menaruh produk-produk kreatif mereka di Galeri Indonesia, kategori khusus di Blibli.com bagi produk kreatif hasil produksi lokal."

        Produk-produk di Galeri Indonesia jatuh dalam kelompok-kelompok utama, yaitu fesyen, kesehatan & kecantikan, kuliner, rumah dan dekorasi, serta seni dan kerajinan.

        Saat ini, jumlah produk yang dihasilkan oleh UMKM Jawa Barat mencapai lebih dari 100 ribu produk, menunjukkan kenaikan 120% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

        Program TBS Season 4 ini juga didukung penuh oleh Pemprov Jabar, Kemenperin, Kemenkominfo, Bekraf, BCA, AXA Indonesia, JNE, Universitas Prasetiya Mulya, dan KontrakHukum.com.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: