Amazon Hadirkan Layanan Baru di Brasil, Saham Para Kompetitor Rontok
Amazon Inc akan meluncurkan layanan berlangganannya, PrimeAmazon Prime Now, di wilayah tempat ia berjuang melawan pesaing lokal, Brasil. Hal itu disampaikan perusahaan, Selasa (11/9/2019).
Peluncuran Prime merupakan langkah besar Amazon di Brasil sejak mengudara ke sana pada 2012 sebagai platform penjual buku. Perusahaan itu telah berjuang untuk menghasilkan terobosan baru di tengah menghadapi tantangan pajak dan logistik sebelum merilis banyak layanan, menurut analis.?
"Kami mencoba bergerak secepat mungkin, tapi mengambil jeda ketika diperlukan," kata Wakil Presiden Internasional Amazon, Jamil Ghani, dikutip dari Reuters, Selasa (11/9/2019).
Baca Juga: Pakai Meja dari Pintu Bekas, Bawa Amazon Jadi Perusahaan Berkelas
Amazon menawarkan pengiriman gratis tanpa batas nasional kepada pelanggan Prime, dengan waktu pengiriman maksimal 48 jam di lebih dari 90 kota. Jenis barangnya, mulai dari pakaian hingga barang elektronik.
Selain itu, pelanggan Amazon Prime juga akan memiliki akses ke film, musik, buku digital, dan majalah di platform tersebut karena tampaknya Amazon ingin bersaing dengan layanan streaming seperti Netflix.
Di Brasil, paket Prime akan dijual dengan harga 9,90 reais (US$2,42) sebulan atau 89 reais setahun (US$1=4,0944 reais).
Dengan penawaran teranyar itu, raksasa niaga-el itu seolah mencoba menyingkirkan pesaingnya di sana, teemasuk Magazine Luiza, Mercado Libre, dan B2W. Buktinya, pasca pengumuman itu, saham di Magazine Luiza turun lebih dari 4,5%, saham di Via Varejo turun 4,8%, dan saham di B2W turun 5,6%.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: