Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Aktivis Kayla Muller Diperkosa dan Dibunuh ISIS, Keluarga Bersyukur al-Baghdadi Tewas

        Aktivis Kayla Muller Diperkosa dan Dibunuh ISIS, Keluarga Bersyukur al-Baghdadi Tewas Kredit Foto: Getty Images
        Warta Ekonomi, Washington -

        Keluarga Kayla Mueller bersyukur mendengar berita bahwa pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi tewas selama operasi pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Idlib, Suriah.

        Kayla adalah aktivis pekerja sosial asal Arizona yang diculik ISIS di Suriah pada tahun 2013. Selama menjadi sandera, ia dilaporkan telah diperkosa berulang kali oleh al-Baghdadi sebelum akhirnya tewas.

        Nama aktivis 26 tahun itu juga dijadikan nama operasi pasukan khusus AS terhadap pemimpin ISIS pekan lalu. Selama "Operation Kayla Mueller" pasukan khusus AS dan anjing pelacak mengejar pemimpin ISIS yang berusaha melarikan diri melalui terowongan. Pemimpin kelompok teroris itu terpojok dan akhirnya meledakkan rompi bom bunuh diri ketika pasukan AS dan anjing pelacak mencoba mendekatinya.

        Baca Juga: Departemen Pertahanan AS: Abu Jenazah Al-Baghdadi Sudah Dibuang

        Marsha Mueller, ibu Kayla, mengaku mengetahui tentang kematian bos ISIS dari pengumuman Presiden Donald Trump yang disiarkan televisi.

        "Kami sangat tersentuh oleh apa yang dia (Presiden Trump) katakan. Kami bersyukur bahwa mereka tidak main-main dan langsung masuk," kata Marsha kepada CNN dalam sebuah wawancara telepon.

        Kayla Mueller awalnya melakukan perjalanan ke perbatasan Turki-Suriah untuk bekerja bersama Dewan Pengungsi Denmark dan organisasi kemanusiaan Support to Life pada 2012. Dia kemudian diculik dan disandera oleh ISIS di Aleppo pada 2013, setelah mengunjungi rumah sakit Spanish Doctors Without Borders (Dokter Tanpa Batas Spanyol).

        Keluarga Kayla diberitahu empat bulan setelah kematian aktivis itu. Menurut informasi yang diterima keluarga, Kayla diperkosa berulang kali oleh al-Baghdadi. Tubuhnya belum ditemukan hingga kini.

        Carl Mueller, ayah Kayla, mengatakan kepada KPHO-TV bahwa berita kematian pemimpin ISIS membuatnya kaget.

        "Tentu saja itu mengejutkan. Satu menit Anda duduk di sini menonton film, dan menit berikutnya Anda mendapatkan berita bahwa pria yang memerkosa dan mungkin membunuh putri Anda telah terbunuh," katanya, seperti dikutip dari The Independent, Selasa (29/10/2019).

        Baca Juga: PBB Klaim Tak Bisa Verifikasi Keakuratan Informasi Kematian al-Baghdadi

        Marsha Mueller menambahkan kepada CNN bahwa berita kematian al-Baghdadi memberi keluarganya harapan bahwa mereka akhirnya bisa mendapatkan beberapa jawaban tentang kematian putrinya, dan membawa jenazahnya pulang.

        "Karena kemungkinan satu persen itu, bagaimana Anda benar-benar menyerah sampai Anda memiliki rumahnya?" tanya Marsha. "Kami ingin Kayla pulang, dan saya tahu itu terdengar seperti tugas yang mustahil, tetapi setelah apa yang kami lalui, hal-hal yang muncul dan terjadi, saya yakin kita mungkin menemukannya," tukasnya.

        Carl Mueller menambahkan; "Kami merasa inilah saatnya. Dia terbunuh, beberapa letnannya telah ditangkap, dan siapa lagi yang tahu apa yang terjadi pada Kayla selain orang-orang yang dekat dengannya? Seseorang, dan mungkin salah satu dari orang-orang ini yang ditangkap kemarin, tahu apa yang terjadi dan tahu siapa yang membunuhnya."

        Keluarga Kayla mengaku bersedia melakukan perjalanan ke Timur Tengah untuk mendapatkan jawaban-jawab dari pertanyaan tersebut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: