Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Berbagai Automasi Digital Allianz Demi Ambisi Jadi Perusahaan Asuransi Nomor 1

        Berbagai Automasi Digital Allianz Demi Ambisi Jadi Perusahaan Asuransi Nomor 1 Kredit Foto: Allianz
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Allianz Indonesia memasukkan teknologi di dalam setiap aktivitas usahanya, termasuk saat memberikan pelayanan pada nasabah. Ini dilakukan agar selaras dengan perilaku konsumen masa kini yang menginginkan pelayanan serba cepat secara online kapan pun dan di mana pun.

        Mike Sutton, Chief Digital Officer Allianz Life Indonesia, mengatakan perusahaan telah melakukan transformasi digital serta menghadirkan rangkaian inovasi digital untuk bertahan di era disrupsi digital serta menjawab kebutuhan konsumen yang dinamis dan digitally-connected.

        "Kami percaya transformasi digital yang berfokus pada customer centricity dapat memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah. Aspirasi ini didukung oleh penyediaan platform dan integrasi yang berkelanjutan untuk menghadirkan fitur dan fungsi baru yang lebih cepat dan aman bagi nasabah," ungkap Mike.

        Baca Juga: Beli Gadget di Home Credit, Kini Terproteksi Asuransi Allianz

        Sejak meresmikan Allianz Innovation Lab di kantor pusat Allianz Indonesia pada Oktober 2018 lalu, perusahaan secara konsisten menghadirkan rangkaian inovasi produk dan layanan yang berfokus pada customer centricity dengan mengedepankan digital customer experience.

        Dimulai dari peluncuran Allianz Discover pada Februari 2019 lalu, yakni aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan (digital sales tools) yang memungkinkan calon nasabah secara interaktif menentukan perlindungan sesuai kebutuhan.

        Dilanjutkan pada Mei 2019, BukaProteksi hadir di tengah masyarakat sebagai produk asuransi kesehatan pertama yang memberikan pengalaman digital (digital experience) terbaik melalui aplikasi marketplace Bukalapak.

        Hingga Oktober 2019, Allianz telah menjalankan proses panjang untuk bertransformasi dalam menjalankan bisnisnya kepada nasabah. Perusahaan sepenuhnya menjalankan proses fully-automation di dua proses utama, yakni proses pendaftaran nasabah baru dan proses klaim.

        Dimulai dari proses permohonan asuransi jiwa melalui Allianz Discover dan banking sales tools, hingga self-servicing tools untuk nasabah (eAZy Connect) dan mitra bisnis (Agency Connect dan Banca Connect). Selain itu, fully-automation juga diterapkan untuk proses klaim asuransi kesehatan yang mencakup pengajuan online melalui aplikasi eAZy Claim.

        "Seluruh transformasi serta inovasi digital yang kami lakukan merupakan upaya kami untuk jadi perusahaan asuransi berbasis digital nomor satu di Indonesia. Kami memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki perlindungan asuransi hanya dalam hitungan menit, di mana sebelumnya memakan waktu hingga hitungan hari," tambah Mike.

        Baca Juga: Allianz Gandeng Gojek-PasarPolis Hadirkan Asuransi Bagi Pengguna dan Pengendara GoRide

        Per September 2019, proses automasi digital yang telah dijalankan selama sepanjang 2019 menunjukan hasil positif. Pengajuan asuransi jiwa secara online melalui jalur distribusi offline Allianz, yakni agen telah mencapai 88% dan bancassurance mencapai lebih dari 60%.

        Selain itu, e-policy yang diterbitkan sudah mencapai lebih dari 40% dari seluruh polis baru yang terbit, dan komunikasi digital ke nasabah (mengirimkan pernyataan transaksi, billing reminder, dll) telah mencapai hingga 87%. Hal ini mendukung ambisi Allianz untuk mengurangi penggunaan kertas.

        Di proses klaim, untuk pengajuan klaim asuransi kesehatan secara online, sebanyak 95% klaim berhasil dibayarkan dalam waktu 2x24 jam sepanjang 2019.

        "Pencapaian ini mengukuhkan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang inovatif, cepat, dan terpercaya kepada nasabah. Ke depannya, kami akan terus menggandeng teknologi dalam memberikan perlindungan ke lebih banyak masyarakat dengan cara yang semudah dan senyaman mungkin," tutup Mike.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Rosmayanti

        Bagikan Artikel: