Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Hoax Hantam Generasi Muda Bandung

        Hoax Hantam Generasi Muda Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Generasi muda dinilai masih menjadi sasaran empuk dalam penyebaran informasi bohong (hoax) yang marak terjadi di media sosial. Tingginya penggunaan internet di kalangan milenial ini harus diikuti dengan kecerdasan emosional dan intelektual.

        Hal ini terungkap dalam sosialisasi antihoaks dan pelatihan jurnalistik yang diberikan Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Gedung Sate dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jawa Barat kepada ratusan mahasiswa dan masyarakat umum yang memadati Lapangan Gasibu, Bandung, Sabtu (28/12/2019).

        Baca Juga: Hadapi Era 4.0, Pesan Sandi Uno kepada Mahasiswa dan Generasi Muda Mantap!

        Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dari Kilas Balik (Kaleidoskop) Jawa Barat 2019 yang digelar Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

        "Kalau menerima informasi, jangan langsung percaya. Harus kritis dan melakukan verifikasi," kata Wakil Sekretaris Pokja Wartawan Gedung Sate Rahmat Saepulloh yang menjadi salah satu pemateri dalam acara tersebut.

        Dia mengimbau agar generasi muda harus menjadi garda terdepan dalam melawan hoaks. "Kalau mahasiswanya sudah mudah tertipu hoax bagaimana dengan masyarakat yang lain," ujarnya.

        Sebagai generasi penerus yang lebih akrab dengan internet dan media sosial, generasi muda harus cerdas sehingga mampu mengampanyekan antihoax kepada masyarakat lain. "Apalagi mahasiswa, kaum intelek, harus aktif menyosialisasikan tentang bahaya hoaks," tegasnya.

        Baca Juga: Cihuy! Milenial Bakal Jadi Generasi Paling Kaya Raya, Gegara. . .

        Rahmat menambahkan agar bisa membedakan antara informasi yang benar dengan hoax, maka masyarakat harus memerhatikan sejumlah hal. Pertama, jangan mudah percaya dengan judul yang fantastis karena belum tentu sesuai dengan isi yang dimuat.

        "Berita hoaks biasanya judulnya provokatif. Jadi kalau ad berita judulnya sensasional, segera cari berita pembanding," paparnya.

        Kedua, dalam mencari berita pembanding, harus merujuk kepada media-media arus utama yang sudah memiliki kredibilitas yang baik. "Jadi mencari berita pembandingnya jangan dari media sosial," imbuhnya.

        Ketiga, pembaca menurutnya harus memerhatikan media (alamat situs) yang mengeluarkan informasi tersebut. Jika bukan berasal dari media arus utama yang sudah terverifikasi dewan pers, pembaca jangan langsung percaya terhadap kabar yang diberikan.

        "Jika hanya dari medsos atau blog, kita harus ragu, jangan langsung percaya," katanya.?

        Terakhir, lanjut Rahmat hoax bukan hanya berupa tulisan,? melainkan juga berbentuk foto dan video.

        Baca Juga: Literasi Digital, SiberKreasi Netizen untuk Tangkal Hoax

        "Jadi kita juga harus cek keaslian foto atau video. Karena sekarang kan sangat mudah untuk mengedit-edit foto dan video," ungkapnya.

        Adapun, Kepala Bagian Humas Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat, Fajar Ginanjar mengatakan, Kilas Balik Jawa Barat 2019 diharapkan mampu mengingatkan kembali masyarakat akan berbagai pembangunan di provinsi tersebut.?

        "Kami ingin mengingatkan kembali masyarakat tentang apa saja yang sudah dilakukan pemerintah di Jawa Barat selama 2019 ini,"pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Muhammad Syahrianto

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: