BNI Syariah pada 2019 mencatat penyaluran pembiayaan sebesar Rp32,58 triliun, naik 15,13% dari posisi 2018 sebesar Rp28,30 triliun. Komposisi pembiayaan terbesar disumbang oleh segmen konsumer sebesar Rp15,33 triliun (47,1% dari total pembiayaan).
"Sementara segmen komersial sebesar Rp8,72 triliun (26,8%); segmen kecil dan menengah sebesar Rp6,58 triliun (20,2%)," ujar Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di Jakarta, Jumat (7/2/2020).
Dari sisi liabilitas, penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) BNI Syariah pada 2019 mencapai Rp43,77 triliun, naik 23,31% dibandingkan 2018 sebesar Rp35,50 triliun.
Baca Juga: Meroket, Laba BNI Syariah Tumbuh 44,96 Persen Tahun Lalu
Pertumbuhan tersebut didominasi oleh peningkatan dana murah (giro dan tabungan) sebesar 39,47% sehingga meningkatkan rasio CASA dari 55,82% menjadi 63,13% di akhir 2019.
"Pertumbuhan DPK BNI Syariah tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan industri sebesar 15,23% year on year (data SPS per November 2019 BUS-UUS)," tukasnya.
Sebagai wujud komitmen BNI Syariah dalam mengembangkan ekosistem halal, pada 2019 BNI Syariah telah meluncurkan kartu Platinum BNI iB Hasanah Card dengan desain khusus World Heritage Ombilin Coal Mining of SawahLunto.
BNI Syariah juga menyelenggarakan beberapa signature events, seperti Pelatihan Manajemen Masjid yaitu pengembangan Ekosistem Halal melalui sinergi dengan masjid, dengan peserta sebanyak 3.878 orang dari 2.343 masjid di 20 kota dan Islamic Tourism Expo 2019 yaitu perhelatan pameran haji dan umrah terbesar dan terlengkap di Indonesia.
BNI Syariah juga melakukan transformasi digital dengan menerapkan metodologi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan transaksi dan ibadah nasabah.
Baca Juga: Bidik Pembiayaan Properti Naik 10%, BNI Syariah Gandeng Tiga Developer
"Di antaranya adalah memberikan kemudahan bertransaksi dengan pengisian formulir online untuk pembukaan rekening melalui Hasanah Online bro.bnisyariah.co.id dan memberikan kemudahan pengelolaan keuangan melalui Platform Sekolah Pintar (PSP) dengan fitur Kartu Jajan, Student Payment Platform, Portal Informasi Sekolah," tutup Firman.
Sementara dalam rangka terus meningkatkan kinerja positif di 2020, BNI Syariah mencanangkan tema strategis Embracing New Opportunities, di mana BNI Syariah siap meraih peluang-peluang baru untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis dan menjadi partner yang lebih baik.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Rosmayanti
Tag Terkait: