Belajar dan Bekerja dari Rumah Jadi Berkah, Buktinya Operator Seluler Alami Lonjakan . . . .
Sejumlah operator seluler mencatat lonjakan penggunaan data setelah pemerintah dan beberapa korporasi menerapkan bekerja dan belajar jarak jauh, demi menekan penyebaran corona.
Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, M Danny Buldansyah menyampaikan, penggunaan layanan panggilan suara 3 meningkat 5%-10% dan data seluler melonjak 15%-20% dibandingkan Senin (16/3/2020).
"Lonjakan data tersebut memuncak di luar jam sibuk, yakni pada pukul 06.00 WIB-12.00 WIB," kata Danny dalam keterangan resmi yang?Warta Ekonomi?terima, Rabu (18/3/2020).
Baca Juga: Work From Home Masif Diterapkan, Aplikasi Kantor 'Virtual' Ini Banjir Unduhan Hingga 5x Lipat
Lebih lanjut, lonjakan data sebesar 15% juga terjadi di jaringan XL Axiata. Mirip dengan 3, kenaikan penggunaan data itu terjadi pada pukul 10.00 WIB-12.00 WIB pada Selasa (17/3/2020).
Guna mengantisipasi lonjakan tersebut,?Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih berujar, "pemantauan performa dan kualitas jaringan tentu dilakukan selama 24 jam untuk mengantisipasi potensi lonjakan trafik."
Indosat Ooredoo dan Telkomsel pun mencatatkan peningkatan trafik data yang serupa sejak adanya imbauan bekerja dan belajar dari rumah.
"Trafik komunikasi pelanggan Telkomsel telah mengalami lonjakan, utamanya untuk trafik layanan data, meningkat hingga 5% daripada hari biasa. Sementara layanan panggilan suara dan pesan singkat sama saja," jelas Telkomsel.
Adapun, sejumlah aplikasi pendorong lonjakan penggunaan data, antara lain: WhatsApp, Facebook, Youtube, dan Mobile Legends.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna