Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gotong Royong Tanggulangi Corona, ISEI Kucurkan Bantuan hingga Rp530 Juta

        Gotong Royong Tanggulangi Corona, ISEI Kucurkan Bantuan hingga Rp530 Juta Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak membatasi sejumlah pihak untuk terus memberikan dukungan penanganan pandemi virus corona (COVID-19). Bantuan juga diberikan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) yang memberikan donasi senilai Rp530 juta.

        Penyerahan donasi dilakukan melalui video conference, dilakukan Sabtu (11/10/2020). Terlihat hadir dalam video conference tersebut Ketua ISEI, Perry Warjiyo; Ketua ISEI DKI Jakarta Halim Alamsyah, Ketua ISEI Bogor Nurul Azam, Sekjen ISEI Solikin, pengurus ISEI Aviliani, Anita Faisal, dan Eko B. Suprianto. Selain itu, agenda tersebut juga diikuti oleh sejumlah lembaga, salah satunya Dompet Dhuafa.

        Baca Juga: Yakin Ketangguhan Warga Jakarta Bisa Tumpas Corona, Anies Ingatkan Masyarakat Disiplin Patuhi PSBB

        Dalam keterangannya, Perry Warjiyo mengaku mengungkapkan apresiasinya kepada tenaga medis yang berjuang menangani covid-19.

        ?Donasi ini kami prioritaskan untuk tim medis, alat pelindung diri, dan lainnya,? ungkap Perry Warjiyo yang juga merupakan Gubernur Bank Indonesia.

        Pery juga menyampaikan bahwa pengumpulan donasi tersebut merupakan wujud kepedulian dan tanggung jawab moral ISEI terhadap situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini dihadapi oleh masyarakat. Dia berharap upaya yang dilakukan ISEI hari ini dapat memberi kontribusi agar masalah kesehatan, kemanusiaan, dan ekonomi segera bisa diatasi.

        Baca Juga: Update Corona di Indonesia: Ada 3.842 Kasus Positif, Meninggal Sebanyak...

        Pemberian bantuan tersebut, lanjut Perry, merupakan kepedulian ISEI terhadap permasalahan yang dihadapi saat ini. Sebab persoalan kesehatan covid-19 juga telah berdampak terhadap ekonomi dan aspek lainnya.

        Selanjutnya, donasi akan diberikan kepada Asosiasi Rumah Sakit Swasta (ARSI) Rp100 juta, RS Muhammadiyah Rp100 juta, RS Bhayangkara Brimob Rp50 juta, RSUD Bangka Selatan Rp100 juta, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bogor Rp0 juta, Dompet Dhuafa Rp100 juta, dan lainnya Rp50 juta.

        ?Bantuan diberikan kepada rumah sakit-rumah sakit swasta karena masih banyaknya kebutuhan untuk APD dan juga keperluan tim medis lainnya,? jelas Perry.

        Baca Juga: PSBB Hari Pertama, 40 Ribu KK Sudah Terima Bantuan dari Pemprov DKI Jakarta

        Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Madjidi mengapresiasi kepedulian ISEI dengan menyalurlan donasi kepada lembaga-lembaga yang aktif dalam penanganan covid-19 dan masyarakat terdampak. Untuk mendukung penyerahan bantuan, saat ini Dompet Dhuafa mensiagakan 8 rumah sakit, 21 klinik, 30 ambulance orang sakit, 5 ambulance jenazah, 200 zona layanan, 15.000 relawan melayani masyarakat terkait covid-19, serta menyiapkan Rumah Sakit Lapangan dan RS Kontainer.

        Bantuan yang disalurkan Dompet Dhuafa antara lain Alat Pelindung Diri (APD) tim medis ke 50 rumah sakit di berbagai wilayah, alat kesehatan (Alkes), distribusi Hygiene Kit, rapid test, penyaluran sembako, paket ibadah, penyemprotan disinfektan, layanan Psikososial dan lainnya.

        ?Kami mengapresiasi ISEI bersama-sama kami konsens dalam penanganan covid-19,? ungkap Nasyith.

        Tidak hanya itu, Dompet Dhuafa juga menerjunkan tim respon khusus untuk Penanggulangan Covid-19 ini, yaitu tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa, tim Kesehatan dan tim Pemulasaran Jenazah tersertifikasi.

        Sementara, Ketua ARSI Susi Suli menyampaikan saat ini ada 1.800 rumah sakit swasta di Indonesia. Jumlahnya sekitar 68 persen dari total RS.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Agus Aryanto
        Editor: Lestari Ningsih

        Bagikan Artikel: