Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bill Gates Bagikan 5 Cara Inovasi yang Bisa Mengontrol Pandemi Virus Corona di Dunia

        Bill Gates Bagikan 5 Cara Inovasi yang Bisa Mengontrol Pandemi Virus Corona di Dunia Kredit Foto: Reuters/Joshua Roberts
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Miliarder Microsoft Bill Gates baru saja membagikan kiat-kiat yang diperlukan bagi kita untuk menghentikan penyebaran virus corona dan kembali normal setelah pandemi.

        Gates membagikan pandangannya dalam sebuah dokumen panjang yang diposting di blog-nya pada hari Kamis (23/4/2020). Dilansir dari Business Insider di Jakarta, Jum'at (24/4/2020) ia mengatakan inovasi perlu dilakukan dalam lima bidang yakni perawatan, vaksin, pengujian, pelacakan kontak, dan kebijakan untuk membuka kembali ekonomi.

        Baca Juga: Karyawannya di China Sudah Masuk Kantor, Bill Gates Harap Bisa Jadi Contoh Kembalikan Perekonomian

        Gates telah mendanai penelitian vaksin dan upaya kesehatan global melalui Yayasan Bill dan Melinda Gates. Dia membantu memulai Koalisi untuk Inisiatif Kesiapsiagaan Epidemi, yang mendanai penelitian tentang vaksin virus corona.

        "Pandemi virus corona membuat semua manusia melawan virus. Ini seperti perang dunia, dalam kasus ini, kita semua berada di pihak yang sama." ujar Bill Gates dalam dokumen tersebut.

        Berikut rincian apa yang Bill Gates bagikan pada setiap bidang yang ia pandang penting untuk mengatasi pandemi virus corona:

        1. Perawatan

        Gates berkata bahwa kita memerlukan perawatan virus corona yang kira-kira 95% efektif bagi orang-orang untuk merasa nyaman pergi ke acara publik yang besar lagi. Jika kami tidak memiliki perawatan yang sebagus itu, kami membutuhkan vaksin untuk membantu kami kembali normal.

        2. Vaksin

        Gates mengakui tantangan mengembangkan vaksin dengan cepat, ia mengatakan imunisasi tipikal dapat memakan waktu lima tahun untuk dipasarkan. Bill Gates juga mengakui bahwa jangka waktu 18 bulan yang diberikan oleh pejabat pemerintah kemungkinan besar bisa terjadi, namun bisa memakan waktu lebih lama atau bisa terjadi sedikit lebih cepat.

        3. Pengujian

        Pengujian memiliki peran penting dalam membantu negara-negara agar dapat dibuka kembali dan perlu tersedia secara luas bagi siapa saja dengan gejala COVID-19, serta orang-orang yang telah melakukan kontak dengan mereka. Gates mengatakan bahwa melakukan banyak tes virus corona di rumah akan ideal.

        4. Pelacakan Kontak

        Menurut Bill Gates, melacak orang-orang yang pernah berhubungan dengan mereka yang terinfeksi virus corona dapat membantu mencegah melonjaknya wabah.

        ia menambahkan bahwa penting untuk mempekerjakan lebih banyak orang untuk melakukan pekerjaan ini dan dia berharap banyak negara untuk mengikuti cara Jerman, yang membutuhkan banyak pekerjaan.

        5. Membuka Kembali Ekonomi

        Keputusan membuka kembali berbagai bagian ekonomi akan menantang dan mengharuskan para pemimpin pemerintah untuk mempertimbangkan pertukaran, kata Gates.

        Dia mengatakan sekolah harus dibuka kembali dengan cepat karena memberikan manfaat besar bagi masyarakat, sementara acara besar seperti permainan olahraga masih belum boleh dilakukan. Banyak keputusan lain yang perlu dibuat, katanya, seperti berapa banyak orang yang dapat duduk di restoran atau cara mengkonfigurasi ulang pabrik untuk menyebarkan pekerja.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: