Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bill Gates: Satu-satunya Cara Mengembalikan Dunia Seperti Semula Adalah Vaksin

        Bill Gates: Satu-satunya Cara Mengembalikan Dunia Seperti Semula Adalah Vaksin Kredit Foto: Reuters/Joshua Roberts
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Pendiri Microsoft Bill Gates, dalam blognya di Gates Notes baru-baru membahas tentang bagaimana kehebatan vaksin dalam menaklukkan penyakit. Bill Gates mengingat bagaimana cacar yang dulu membunuh jutaan orang setiap tahun telah diberantas dengan vaksin.

        Karena itulah Bill Gates yakin bahwa pandemi virus corona bisa diberantas melalui vaksin.

        "Vaksin telah menyelamatkan lebih banyak nyawa dari alat lain dalam sejarah. Cacar yang dulunya membunuh jutaan orang setiap tahun, telah diberantas dengan vaksin," cetusnya.

        Baca Juga: Bill Gates Ibaratkan Pandemi Corona dengan Perang Dunia II, Alasannya...

        Bill Gates menambahkan bahwa vaksin memainkan peran kunci dalam menurunkan angka kematian dari 10 juta per tahun di tahun 2000 menjadi kurang dari 5 juta kematian per tahun pada saat ini.

        "Satu-satunya cara untuk mengembalikan dunia seperti sebelum COVID-19 adalah vaksin yang sangat efektif yang mencegah penyakit tersebut," tulis suami Melinda ini.

        Namun, Bill Gates mengungkap bahwa pengembangan vaksin melawan penyakit baru membutuhkan waktu lebih dari 5 tahun karena banyak proses di dalamnya.

        Proses tersebut terdiri dari beberapa fase, seperti fase pertama adalah membuat kandidat vaksin, lalu mengujinya ke hewan, menguji keamanannya ke sejumlah kecil orang berlanjut ke jumlah lebih banyak dan akhirnya ke jumlah besar orang. Tahap terakhir yakni persetujuan dari regulator lalu membangun pabriknya.

        Meski demikian waktu tersebut bisa dipersingkap seperti dengan secara paralel menguji vaksin dan mencicil pembangunan manufaktur. Sementara itu, dalam wawancara terpisah dengan NBC News, Gates mengutarakan kabar baik bahwa pembuatan vaksin COVID-19 kemungkinan bisa dipercepat dari proses biasanya.

        Perkembangan terkini menunjukkan vaksin corona akan tersedia untuk publik hanya dalam waktu 18 sampai 24 bulan. "Para ilmuwan terbaik bekerja keras untuk ini," kata Gates.

        "Faktanya, dalam beberapa minggu belakangan, saya melihat tanda-tanda bahwa kita mungkin akan menuju sisi optimistis dalam proyeksi tersebut," ujarnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: