Pasca-Investasi ke Platform Orang Terkaya Asia, WhatsApp Kini Uji Coba Perbankan Digital di . . . .
WhatsApp mendapat peluang kerja sama dengan bank-bank lokal India demi memperluas layanan perbankan digital di tengah pandemi COVID-19.
Telebih, WhatsApp memang tengah berupaya mendorong perluasan produk pembayaran digital di negara tersebut; terbukti dari investasinya ke perusahaan orang terkaya di India, Jio Platforms beberapa waktu lalu.
"Bank mencatatkan peningkatan penggunaan perbankan WhatsApp. ICICI Bank mengklaim ada satu juta pengguna yang mengajukan layanan 'WhatsApp Banking', Kotak Mahindra Bank mengaku menangani 1,5 juta pesan bulanan di platform itu," lapor Economic Timesi, dilansir dari KrAsia, Selasa (16/6/2020).
Baca Juga: Waduh, Matikan Centang Biru di WhatsApp Termasuk Perbuatan Tercela! Itu Kata Ustad . . . .
Baca Juga: Cara Aktifkan Two Step Authentication di WhatsApp
WhatsApp mengintegrasikan Application Programming Interface (API) dengan pemberi pinjaman India, seperti HDFC Bank, Bank Kotak Mahindra, Axis Bank, dan ICICI Bank. Pelanggan bisa mengirim pesan ke nomor telepon bank masing-masing guna mengecek informasi saldo, penyataan kartu kredit, syarat pembukaan rekening baru, dan sebagainya.
Kepala Saluran Digital dan Kemitraan di ICICI Bank, Bijith Bhaskar menyebut, "kami telah menambah sejumlah fitur baru seperti fasilitas pembukaan rekening tabungan instan, akses surat kabat mitra dalam bentuk pdf, memuat toko-toko penting terdekat, dan moratorium pinjaman layanan ini."
Perlu dicatat, otoritas India seperti Dewan Pembayaran Nasional India dan Reserve Bank of India belum memberi lampu hijau kepada WhatsApp Pay kepada 400 juta penggunanya di India. Namun, mereka memiliki lisensi menguji coba fitur pembayaran terhadap 1 juta pengguna.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Tanayastri Dini Isna
Editor: Tanayastri Dini Isna
Tag Terkait: