Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kisah Orang Terkaya: He Xiangjian, Raja Elektronik China

        Kisah Orang Terkaya: He Xiangjian, Raja Elektronik China Kredit Foto: Alamy Stock Photo
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Orang terkaya ke-36 dunia adalah He Xiangjian yang merupakan ketua dan salah satu pendiri GD Midea Holding Co., Ltd. yang bergerak sebagai pusat peralatan elektronik terbesar China. He Xiangjian telah melihat usahanya menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

        Midea Group didirikan pada tahun 1968 dan kini memiliki tenaga kerja hampir 135.000 karyawan. Perusahaan ini berbasis tak hanya di China, Xiangjian berhasil membawa Midea secara internasional dan mulai mencari bahan baku di negara-negara seperti India, Mesir, Brasil, Argentina, dan Chili.

        Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Li Ka-shing, Taipan Properti Asal Hong Kong

        Hal ini memungkinkan pendapatan baru lainnya dan mendorong Midea menjadi salah satu perusahaan peralatan terbesar di dunia selama tahun 1990-an.

        Kehidupan Awal

        He Xiangjian lahir di Foshan, China pada 5 Oktober 1942. Sejak dulu, ia sangat ingin berbisnis. Dia mulai memproduksi tutup botol plastik dengan anggaran awal hanya 5.000 Yuan. Xiangjian memulai perusahaan yang awalnya hanya sederhana dan telah berkembang menjadi perusahaan miliar dolar.

        Menyusul kesuksesan bisnis tutup botol plastik, dia pindah ke barang-barang perabotan dan kemudian ke peralatan listrik. Kini, Midea adalah salah satu pembuat alat elektronik terbesar di China.

        Di bawah kepemimpinannya, He Xiangjian telah menyaksikan perusahaan tumbuh dengan pesat. Dia memulai perusahaan dengan bantuan penduduk desa di Beijiao pada tahun 1968.

        Ia memulai bisnis produksi botol kaca dengan bantuan dari 23 warga desa. Midea memulai produksi kipas angin listrik ketika Xiangjian berusia 38 tahun.

        Perusahaan tersebut kemudian melakukan diversifikasi untuk menambahkan lebih banyak produk seperti oven microwave, mesin cuci dan lemari es yang telah diterima secara luas di kalangan rumah tangga China. Grup Midea juga menawarkan layanan logistik.

        Selain itu, Grup Midea juga telah mengakuisisi JV dengan Bosch, perusahaan yang berbasis di Jerman untuk menjual peralatan rumah tangga di seluruh Eropa. Perusahaan juga mengikat mitra lainnya untuk mempromosikan merek Midea di negara-negara seperti India dan Brasil.

        Midea Group sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Shenzhen. Saat ini, Midea memiliki lebih dari 200 anak perusahaan. He Xianjiang pun mengundurkan diri dari operasinya pada tahun 2012. Sementara putranya He Jianfeng adalah direktur Midea Group dan Midea Real Estate Holding.

        Kehidupan Pribadi

        Xiangjian memiliki hobi berenang dan membaca koran. Saat ini ia tinggal di Foshan, China bersama tiga anaknya di Junlan International Golf Life Village, sebuah lingkungan vila yang dikembangkan oleh Midea Real Estate Group.

        Dia juga mendirikan He Xiangjian Foundation untuk menjaga budaya, pendidikan, bantuan bencana, pengembangan masyarakat dan lingkungan.

        Adapun harta kekayaan He Xiangjian saat ini menurut Forbes Real Time Net Worth mencapai USD29,8 miliar (Rp433 triliun) menjadikannya orang terkaya ke-36 di dunia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: