Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kantongi Gelar Orang Terkaya Dunia Hampir 15 Tahun, Ini Cara Kerja Ekstrem Bill Gates!

        Kantongi Gelar Orang Terkaya Dunia Hampir 15 Tahun, Ini Cara Kerja Ekstrem Bill Gates! Kredit Foto: Instagram/thisisbillgates
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam wawancara dengan CNBC, Bill Gates yang memiliki gelar sebagai orang terkaya di dunia sejak tahun 1995 hingga 2009, rupanya memiliki cara kerja yang tergolong ekstrem. Bahkan, ia juga mencoba untuk menerapkan standar kerja yang sama kepada karyawan Microsoft.

        "Aku tidak pernah meminta pegawai Microsoft untuk bekerja lebih giat atau keras pada kesalahan mereka, lebih dari apa yang aku terapkan pada diri sendiri," cetus Gates dalam wawancara itu.

        Baca Juga: Bill Gates Akui Sering Bikin Karyawan Tertekan saat Masih Rintis Microsoft

        Cara kerja Bill Gates saat masih merintis Microsoft adalah  ia puasa puasa mendengarkan musik dan nonton televisi sebagai salah satu pengorbanan demi membesarkan Microsoft.

        "Kedengarannya memang ekstrem, tapi aku melakukannya karena kupikir kegiatan tersebut bakal mengalihkan perhatianku dari software," ujarnya beberapa waktu silam.

        Saat itu, Bill Gates muda sering begadang tak hanya semalam, tapi sampai beberapa malam. Ia merasa harus selalu menyelesaikan proyek atau deadline yang telah ditetapkan.

        "Kami adalah hardcore, jika sedang mengerjakan kode, maka selesaikanlah, jangan cemas soal tidur," cetus Gates.

        Bill Gates juga tak pernah liburan demi membangun startup yang berujung pada kesuksesan.

        "Aku dulu tak mempercayai weekend, tak percaya liburan. Tapi ya, aku memiliki pandangan yang cukup keras bahwa harus ada pengorbanan yang sangat besar yang harus dibuat pada masa-masa awal itu," kata Gates.

        Bill Gates mendirikan Microsoft bersama Paul Allen saat ia berusia 20-an tahun. Barulah ketika menginjak usia 30-an saat Microsoft telah berjaga, Gates mulai bisa menikmati istirahat di akhir pekan ataupun liburan. Kerja kerasnya terbayar besar.

        Mendiang Paul Allen pernah menceritakan betapa Gates gila bekerja. Gates bahkan rela terjaga sepanjang malam dan juga di weekend demi membesarkan Microsoft. Allen mengisahkan bagaimana Gates tidur di karpet kantor.

        Baca Juga: Duitnya Ribuan Triliun Rupiah, Bill Gates Ternyata Hobi Koleksi Mobil Mewah!

        "Sekretaris yang datang akan melihat kaki Bill menyembul. Kami sangatlah hard core," kisah Allen.

        "Aktivitas rekreasi kami hanyalah nonton film. Dan kemudian kami akan melakukan pemrograman sampai jam 2, jam 3 atau jam 4 pagi lalu bangun kesiangan dan melakukannya seperti itu lagi. Itu saat-saat menyenangkan," tambahnya.

        Kini, Gates sudah berusia 64 tahun dan memutuskan untuk fokus pada filantropinya. Meski saat muda hobi bekerja gila-gilaan, namun Gates mengungkap bahwa tidur yang cukup sebagai kebiasaan akan membuatnya tetap segar.

        "Aku dulu bekerja sepanjang malam di kantor, namun belakangan aku suka tidur. Aku suka tidur selama 7 jam setiap malam karena itulah yang kuperlukan agar pikiran tetap tajam dan bersemangat," ujar Gates.

        Gates melihat betapa penting tidur yang cukup demi kesehatan. Ia juga menyarankan orang-orang untuk tidur siang sebentar sebelum pukul 3 sore.

        "Hal itu mungkin akan meningkatkan kreativitas dan kesehatan jantung dan juga memperpanjang umur," ujarnya.

        Saat Gates masih merintis Microsoft, ia sangat galak kepada karyawan hingga tak jarang karyawan yang tertekan. Tapi kini, Gates sudah tidak seperti itu.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: