Red Ocean adalah suatu strategi yang menggambarkan persaingan bisnis yang ada saat ini dan ruang pasar yang sudah dikenal sehingga persaingan sangat ketat dan kompetitif.
Di dalam Red Ocean, batasan-batasan dalam industri telah didefinisikan dan diterima oleh para pelaku bisnis. Di sini, perusahaan berusaha mengalahkan lawan mereka demi mendapatkan permintaan dari pangsa pasar yang lebih besar.
Baca Juga: Apa Itu Blue Ocean?
Red Ocean melibatkan persaingan dalam industri yang telah ada sehingga sering kali membutuhkan tingkat persaingan yang ketat dan dapat melibatkan komoditisasi industri di mana perusahaan bersaing terutama pada harga. Untuk strategi ini, tujuan utamanya adalah untuk mengalahkan persaingan dan memanfaatkan permintaan yang ada.
Salah satu industri yang memerlukan strategi Red Ocean adalah industri minuman ringan. Industri ini sudah ada sejak lama, dan ada banyak hambatan untuk masuk ke dalamnya. Hingga kini terdapat raksasa industri seperti Coke dan Pepsi, dan ada juga banyak perusahaan kecil yang juga bersaing memperebutkan pangsa pasar.
Ruang dan tempat penjualan juga terbatas, pengenalan merek yang mapan atas merek-merek populer dan terkini, serta banyak faktor lain yang memengaruhi persaingan. Hal ini menyebabkan industri minuman ringan menjadi sangat kompetitif untuk masuk dan berhasil.
Untuk mempertahankan diri di pasar, strategi Red Ocean berfokus pada membangun keunggulan dibandingkan persaingan, biasanya dengan menilai apa yang dilakukan pesaing dan berusaha melakukannya dengan lebih baik.
Mereka meraih pangsa pasar yang lebih besar yang dipandang sebagai permainan zero-sum di mana keuntungan satu perusahaan dicapai dengan kerugian perusahaan lain. Oleh karena itu, persaingan, sisi penawaran dari persamaan, menjadi variabel penentu strategi. Di sini, biaya dan nilai dipandang sebagai trade-off dan perusahaan memilih biaya atau diferensiasi yang berbeda.
Baca Juga: Apa Itu Saham Defensif?
Karena tingkat keuntungan total industri juga ditentukan oleh faktor struktural, perusahaan pada prinsipnya berusaha untuk menangkap dan mendistribusikan kembali kekayaan daripada menciptakan kekayaan.
Perbedaan Red Ocean dengan Blue Ocean
Sebagaimana yang sudah dibahas, Red Ocean adalah strategi pemasaran yang konvensional dan sudah ada di pasaran. Mereka kompetitif dan ingin saling menguasai pasar. Sementara Blue Ocean adalah strategi yang pasarnya belum pernah ada. Blue Ocean lebih sering berinovasi sehingga memiliki value tersendiri di pasaran. Strategi Blue Ocean didasarkan pada pandangan bahwa batasan pasar dan struktur industri tidak diberikan dan dapat direkonstruksi oleh tindakan dan keyakinan para pelaku industri.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: