Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Menggunakan Keyhole, Alat Lacak Tagar Media Sosial

        Cara Menggunakan Keyhole, Alat Lacak Tagar Media Sosial Kredit Foto: Unsplash/Marvin Meyer
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Analisis pemasaran di media sosial adalah sebuah tugas yang sangat penting. Melalui media sosial, Anda dapat melacak apa yang telah dikatakan masyarakat luas tentang brand Anda. Dengan begitu, Anda harus bisa mendengarkan setiap interaksi pengguna media sosial kapan pun dan di mana pun Anda berada.

        Untuk itu, Keyhole mampu menjawab segala tantangan yang ada di dunia digital. Sebagai alat bantu perusahaan, Keyhole mencakup analisis kampanye pemasaran, pemasaran melalui influencer, pemantauan brand, pemantauan event yang sedang terjadi, dan riset pasar.

        Baca Juga: 5 Cara Optimalkan Digital Marketing

        Meskipun begitu, terdapat fitur berharga lainnya yang patut untuk dipertimbangkan. Misalnya, Keyhole menyediakan fitur analisis tagar. Mengapa hal itu penting?

        Nah, penggunaan tagar sangat cocok untuk menemukan konten yang sesuai. Saat prospek Anda mencari jawaban atas pertanyaan mendesak atau rujukan produk dan layanan, mereka cenderung beralih ke media sosial dan menelusuri dengan menggunakan tagar. Menambahkan tagar yang tepat ke postingan Anda akan membantu lebih banyak prospek untuk menemukan konten Anda.

        Keyhole menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk membantu sebuah brand memprediksi seberapa sukses tagar yang baru mereka buat. Namun, pertanyaan besarnya adalah, haruskah Anda mengeluarkan uang untuk Keyhole?

        Dalam artikel ini, saatnya kita membahas lebih dalam tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan manfaat beserta cara menggunakan alat bantu pemasaran digital ini, Keyhole.

        Apa itu Keyhole?

        Keyhole adalah perusahaan yang memproduksi software analitik tagar media sosial. Dasbor real-time Keyhole menunjukkan berapa banyak orang yang memposting dengan memakai tagar yang Anda berikan, begitu juga dengan jumlah Retweet dan Like yang dihasilkan kampanye pemasaran Anda.

        Terdapat fitur Keyhole yang berfungsi untuk menganalisis audiens yang menggunakan tagar media sosial Anda. Anda dapat memfilter influencer berdasarkan lokasi geografis dan keyword di bios mereka. Jangkau influencer untuk membantu meningkatkan interaksi dengan audiens serta meningkatkan ROI bagi bisnis. Anda juga dapat mengurutkan influencer berdasarkan eksposur yang mereka hasilkan dan tingkat keterlibatan mereka.

        Anda dapat dengan mudah menggunakan alat bantu tersebut untuk mengidentifikasi tagar yang paling populer dan sesuai dengan kampanye pemasaran Anda sehingga Anda bisa menemukan peluang yang besar untuk melakukan pemasaran di media sosial.

        Manfaat Menggunakan Keyhole

        Pelacakan

        Pemasaran media sosial yang sukses menuntut para praktisi pemasaran untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Tren adalah segalanya dalam hal perencanaan konten sehingga Anda dapat memberikan apa yang diinginkan orang-orang atau mengejutkan mereka dengan sesuatu yang inovatif. Untuk itu, Anda tidak bisa mengeluarkan konten yang biasa saja ke dunia media sosial.

        Akan tetapi, pemilik bisnis dan profesional di bidang pemasaran adalah orang-orang yang sibuk. Tidak ada yang punya waktu untuk menavigasi tren yang berubah-ubah di Facebook, atau menyelami tren terbaru di Twitter–dan bahkan jika mereka melakukannya, kami menjamin ada hal-hal yang jauh lebih menguntungkan untuk dilakukan.

        Keyhole dapat membantu mereka dengan mengubah penelitian audiens menjadi proses yang sederhana dan intuitif. Pengguna dapat merujuk laporan analitik langsung tentang kesuksesan, keterlibatan, dan jangkauan tagar yang digunakan bisnis online Anda untuk menghasilkan buzz dan membangun brand awareness. Anda dapat melacak statistik penting seperti jangkauan dan keterlibatan pengguna.

        Daripada membuang banyak waktu, Anda dapat langsung melihat berbagai data yang penting bagi bisnis online sehingga Anda bisa merencanakan kampanye pemasaran yang lebih kuat berdasarkan data yang telah didapatkan.

        Keyhole membantu Anda untuk dapat melihat tagar yang sudah populer di antara target pasar Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa merancang kampanye pemasaran yang baik bagi audiens media sosial.

        Reputasi

        Salah satu keberhasilan dari upaya pemasaran media sosial adalah reputasi brand yang baik jika dibandingkan dengan akun pesaing bisnis Anda. Brand mana pun yang paling banyak mendapatkan loyalitas tinggi dapat memenangkan pangsa pasar terbesar.

        Merek yang memiliki reputasi baik di antara pelanggannya memiliki keuntungan, yaitu dapat bertindak cepat untuk memulihkan loyalitas yang makin menipis serta memperkuat basis pelanggan yang ada dengan menjalankan berbagai jenis konten yang dapat menarik minat audiens.

        Keyhole memiliki reputasi yang baik dalam hal social listening, menjadikan perusahaan ini diminati banyak pelaku usaha yang menjalankan bisnis online. Alat ini berfungsi untuk menganalisis akun media sosial, terutama di tiga platform media sosial besar seperti: Facebook, Instagram, dan Twitter. Lebih dari itu, alat ini juga memungkinkan bagi bisnis online untuk bisa melacak strategi pesaing mereka secara langsung dengan mengumpulkan semua hasil kampanye terbaik dari berbagai perusahaan di industri masing-masing.

        Secara keseluruhan, Keyhole sangat direkomendasikan untuk memantau setiap level operasi pemasaran media sosial Anda. Membuat perbandingan yang tersusun dan menyeluruh adalah cara yang baik untuk bisa menuai keberhasilan dalam bisnis Anda.

        Hasil

        Alat analisis media sosial membuka berbagai kesempatan bagi pelaku usaha dan pemasar digital, tetapi mencari tahu apa langkah selanjutnya bisa menjadi hal yang rumit, seperti banyaknya pilihan dalam melakukan pemasaran atau kurangnya pelatihan khusus dalam hal pemasaran. Oleh karena itu, pemasaran digital berbasis data bisa menjadi hal yang sulit untuk dicapai.

        Keyhole dapat memahami hal itu dan bisa mengatasinya dengan cara merekomendasikan berbagai tindakan terbaik berdasarkan hasil statistik bisnis yang telah didapat. Keyhole merupakan alat bantu yang cerdas dan sederhana, opsinya tidak terbatas, dapat mencari tahu apa yang perlu untuk Anda optimalkan, dan memberikan strategi pemasaran terbaik bagi bisnis online Anda.

        Baca Juga: Catat! Penguasaan Ilmu Digital Marketing Kian Penting saat Pandemi

        Cara Menggunakan Keyhole

        A. Bagaimana Cara Mengukur Performa Tagar Media Sosial Anda?

        Melacak kinerja tagar media sosial ternyata lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan Keyhole:

        1. Buat akun Keyhole-Mulailah dengan mendapatkan alat analisis hashtag seperti Keyhole. Alat ini dapat diakses secara gratis selama masa trial atau uji coba. Setelah masa uji coba gratis, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp870.545,00 per bulannya untuk bisa mengakses semua fitur yang ada di Keyhole;

        2. Masukkan tagar yang ingin dicari–Masukkan tagar yang digunakan Anda atau pesaing bisnis Anda;

        3. Pilih platform media sosial yang sesuai-Anda dapat memantau dan mengukur tagar di semua platform media sosial;

        4. Tunggu sebentar-Beri waktu agar Anda tidak membuat kesimpulan dalam waktu singkat;

        5. Analisis metrik utama–Dengan menggunakan metrik, Anda dapat menganalisis performa tagar media sosial yang diinginkan;

        6. Dapatkan insight-Keyhole akan menunjukkan tagar di postingan teratas, topik yang berkaitan, influencer teratas, situs web, dan demografi audiens Anda;

        7. Buat Laporan–Buat laporan kesuksesan pengunaan tagar untuk bisa mengukur keefektifan pemasaran melalui media sosial;

        8. Lakukan lagi-Gunakan apa yang telah Anda pelajari untuk kembali meluncurkan kampanye tagar yang berikutnya.

        B. Metrik Tagar Apa Saja yang Harus Dilacak?

        Kesuksesan dari sebuah brand akan bergantung pada tujuan bisnis serta metrik yang telah digunakan untuk melacak tujuan tersebut.

        Berikut ini adalah beberapa metrik tagar yang dapat Anda lacak:

        Postingan-Berapa banyak orang yang memposting dengan tagar media sosial Anda?

        Pengguna-Berapa banyak pengguna yang memposting menggunakan tagar media sosial Anda?

        Keterlibatan-Berapa banyak yang klik tombol suka dan share yang diterima tagar media Anda?

        Jangkauan-Bagaimana feeds orang-orang dalam menampilkan tagar media sosial Anda?

        Tayangan-Berapa kali tagar media sosial Anda dilihat pengguna?

        C. Fitur yang Terdapat di Keyhole

        Keyhole menawarkan banyak solusi untuk menganalisis media sosial. Berikut adalah fitur yang mereka tawarkan.

        I. Data Analysis

        Keyhole menawarkan dashboard berisikan metrik yang mencakup banyak hal yang diperlukan untuk mengetahui performa brand Anda.

        Semua data yang akan Anda lihat terkait dengan istilah yang Anda tambahkan ke Keyhole untuk pelacakan. Ini bisa berupa nama merek, produk, dan pesaing. Setelah istilah Anda ditetapkan, Anda akan dapat melacak data yang terkait dengan penggunaannya. Ini termasuk:

        • Volume posting

        • Jumlah pengguna

        • Volume keterlibatan

        • Raih volume

        • Jumlah tayangan.

        Keyhole juga menyediakan daftar topik terkait yang bermanfaat. Ini dapat digunakan untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas tentang apa yang diminati audiens Anda.

        II. Influencer Dashboard

        Pemasaran dengan menggunakan influencer adalah keuntungan besar. Itu terbukti menghasilkan ROI yang kuat bagi suatu brand karena pendekatan yang dapat dipersonalisasi dan lebih menarik. Namun, menemukan influencer yang pas tidak selalu mudah. Keyhole memberikan solusi yang pas bagi bisnis Anda.

        Baca Juga: 5 Tools Terbaik untuk Digital Marketing

        Dashboard ini menyediakan daftar pengguna bersamaan dengan data berikut ini:

        • Jumlah postingan yang dibagikan;

        • Engagement rata-rata;

        • Jumlah pengikut;

        • Tayangan;

        • Eksposur;

        • Peringkat domain;

        • Biografi.

        Keyhole menawarkan banyak fitur yang bermanfaat. Meskipun mungkin perlu satu atau dua menit untuk memahami perbedaan antara pelacak tagar dengan pelacak akun, menghabiskan waktu dengan menggunakan alat ini akan terbukti bermanfaat bagi brand Anda.

        Alat ini memiliki interface yang bersih dan mudah untuk digunakan sehingga Anda dapat memeriksa data lebih jauh dengan akses API. Pemantauan event, berita, blog, dan forum juga memberi Anda lebih banyak insight dalam menangani berbagai tantangan yang akan dihadapi di dunia digital marketing.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: