Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Gunakan BuzzSumo, Alat Rancang Strategi Content Marketing

        Cara Gunakan BuzzSumo, Alat Rancang Strategi Content Marketing Kredit Foto: Unsplash/ Scott Graham
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Content marketing telah terbukti menjadi salah satu cara terbaik untuk membantu mempromosikan bisnis besar maupun kecil. Strategi ini memberikan informasi yang kaya akan sumber daya dan bermanfaat bagi situs web perusahaan Anda. Strategi ini dapat membantu Anda untuk menyediakan lebih banyak kebutuhan yang berkaitan dengan bisnis online sehingga audiens dapat menemukan situs web bisnis Anda. Menurut neworganizing.com, BuzzSumo adalah alat yang berguna untuk membuat strategi konten yang terbaik bagi situs web Anda.

        Namun, masalahnya adalah Anda tidak bisa begitu saja mengisi blog atau situs web dengan apa saja dan berharap bahwa hal itu akan mendatangkan klien yang potensial. Anda perlu merencanakan dan memilih konten terbaik yang paling laris dan sesuai dengan target audiens target. Hal itu karena konten yang bagus, tetapi tidak dicari siapa pun menjadi sia–sia; memiliki konten berkualitas yang sesuai dengan permintaan pasar adalah sebuah keberhasilan. Cara ini bisa jauh lebih mudah dengan menggunakan situs bernama BuzzSumo.com.

        Baca Juga: 5 Cara Optimalkan Digital Marketing

        Dalam panduan ini, akan dijelaskan mengenai cara menggunakan BuzzSumo untuk memperkuat strategi pemasaran di media sosial.

        Apa itu BuzzSumo?

        BuzzSumo adalah alat bantu pemasaran yang membantu Anda dalam menemukan konten yang menarik serta peluang untuk menjangkau potensi baru. Situs ini juga membantu Anda untuk mencari konten, link, dan komentar yang paling banyak dibagikan. Selain itu, BuzzSumo juga membantu Anda dalam menemukan influencer teratas, memantau brand mention, feedback, dan masih banyak lagi.

        BuzzSumo adalah alat yang hebat dalam menganalisis seberapa baik kinerja konten Anda di media sosial. Tidak hanya berguna untuk memeriksa kinerja konten Anda sendiri, tetapi juga dapat menganalisis konten yang dimiliki pesaing bisnis Anda.

        Cukup dengan masukkan sebuah keyword atau URL situs web, BuzzSumo akan menunjukkan kepada Anda konten yang paling banyak dibagikan di media sosial. Alat ini menjadi pengumpul data media sosial terbaik bagi pemasar digital.

        Manfaat Menggunakan BuzzSumo

        -Meneliti Perilaku Audiens di Media Sosial

        Gunakan BuzzSumo dalam strategi pemasaran sosial Anda untuk mempelajari semua postingan yang sedang tren di media sosial. Platform ini memberikan Anda akses ke konten yang sedang populer di kalangan audiens. Anda dapat menggunakan hasilnya untuk membuat konten yang menarik perhatian dan memperluas basis pengikut Anda.

        -Memproduksi Konten yang Relevan

        Biasanya, sekitar setengah dari konten yang dihasilkan untuk kampanye pemasaran tidak digunakan oleh pemasar. Hal ini terjadi karena konten tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan pemasaran atau tidak layak dibagikan kepada target audiens. BuzzSumo dapat membantu pembuat konten dan kurator untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan pemasar. Ini akan menghemat banyak sumber daya dan waktu karena konten yang dibuat bisa dibagikan dan diterbitkan.

        -Mendapatkan Informasi Mengenai Pesaing Bisnis

        BuzzSumo menginformasikan sumber dan saluran apa yang digunakan pesaing Anda untuk melibatkan target audiens mereka. Anda dapat mengakses dan menggunakan sumber daya tersebut sebelum pesaing Anda melakukannya. Dengan demikian, Anda bisa memberikan pengaruh penting di pasar yang dituju. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan software yang digunakan untuk mendapatkan peringatan bila keyword yang dipilih mencapai ambang batas yang ditetapkan. Alat ini dapat menyederhanakan analisis pemasaran media sosial Anda.

        Cara Menggunakan BuzzSumo

        BuzzSumo adalah alat perancangan konten media sosial terbaik. Alat ini terus diperbarui dengan berbagai fitur terbaru, jadi Anda akan selalu mengetahui jenis konten apa yang diinginkan audiens. Sebelum Anda menggunakan alat ini, perlu diketahui bahwa BuzzSumo memiliki beberapa hal yang berguna seperti:

        • Menghasilkan banyak topik yang hangat secara instan;

        • Membuat indeks lebih dari 3,5 miliar artikel dan postingan;

        • Dapatkan daftar terbaru dari influencer yang paling kuat di sektor industri Anda;

        • Memata-matai pesaing Anda:

        • Pantau semua yang hal terjadi secara online.

        Pertama, masuk ke akun BuzzSumo. Jika belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya. Alat ini gratis untuk digunakan, tetapi memiliki batasan waktu. Untuk bisa menggunakannya secara berkelanjutan, Anda perlu berlangganan melalui akun berbayar. Berikut adalah daftar harga akun berbayar BuzzSumo:

        Pro: Rp1.459.042,20/bulan 

        Plus: Rp2.638.066,20/bulan

        Large: Rp4.406.602,20/bulan

        Enterprise: Rp7.354.162,20/bulan

        Setiap harga memiliki fitur yang berbeda, tetapi tidak menghilangkan substansi sebagai alat bantu pemasaran. Setelah mendaftarkan akun BuzzSumo, Anda bisa langsung menggunakannya. Berikut adalah panduan dalam menggunakan BuzzSumo:

        1. Dapatkan Ide Konten dari Web Content Analyzer

        BuzzSumo adalah alat peninjau media sosial untuk menggali isi kepala audiens dan mencari tahu apa yang mereka minati. Dengan fitur Web Content Analyzer, Anda bisa mendapatkan daftar konten teratas yang mendapat interaksi dengan audiens paling banyak berdasarkan keyword tertentu.

        Untuk memulainya, klik "Content" lalu pilih menu "Web Content Analyzer". Ketik keyword pilihan Anda di bilah pencarian. Klik kolom pencarian. Anda akan mendapatkan daftar konten dengan jumlah engagement tertinggi dari audiens.

        Baca Juga: 5 Tools Terbaik untuk Digital Marketing

        Ingin memfilter hasil pencarian berdasarkan waktu akses? Cukup klik tombol filter dan pilih opsi untuk melihat hasil dari 24 jam terakhir, seminggu terakhir, atau sebulan terakhir.

        Langkah selanjutnya adalah klik bagian konten teratas dan cari tahu mengapa audiens Anda menyukainya. Apa yang membuat konten tersebut istimewa? Lebih penting lagi, bagaimana Anda bisa memperbaiki konten tersebut agar lebih baik lagi? Dengan ini, Anda bisa membuat konten pemasaran yang sesuai dengan audiens tersebut.

        2. Temukan Influencer Teratas di Niche Anda

        Menemukan influencer teratas di niche akan membantu Anda dalam tiga hal:

        • Anda bisa mendapatkan inspirasi dari konten mereka;

        • Anda dapat memantau akun mereka dan meneliti konten mereka untuk melakukan improvisasi pada konten Anda;

        • Anda bisa mendapatkan peluang jaringan.

        Untuk memulai penelusuran influencers melalui BuzzSumo, ikuti langkah berikut ini:

        Arahkan kursor ke bagian "Influencer" di bilah atas dan klik "Author". Anda juga bisa mencari influencer yang ada di Twitter, YouTube, atau Facebook. Di bilah pencarian "Author", Anda dapat menemukan penulis peringkat teratas dengan mencari topik atau domain tertentu.

        Di sisi kiri, Anda dapat melihat nama penulis dan nama pengguna Twitter. Di sebelah kanan, Anda dapat melihat berapa banyak artikel yang diterbitkan, ditambah rata-rata dan total engagement mereka.

        Pilih "View Top Content" untuk melihat konten teratas. 

        3. Temukan Trending Topic Melalui Fitur Discover BuzzSumo

        Untuk memulai, buka opsi "Discover" dan klik bagian "Trending". Hal ini akan menunjukkan kepada Anda konten teratas yang mendorong banyak engagement online.

        Di toolbar sebelah kiri, Anda dapat memfilter pencarian berdasarkan topiknya. Ajaibnya adalah Anda dapat melakukan kustomisasi feeds.

        Cukup scroll ke bawah di bagian sebelah kiri dan klik tanda plus di samping opsi "Custom Feeds". Gunakan filter untuk membuat feed kustom Anda sendiri. Filter ini memungkinkan Anda untuk menambahkan topik ke penelusuran dan membatasi domain tertentu.

        Kemudian, klik "Update Feed". 

        4. Hasilkan Banyak Konten Melalui Topic Discovery

        Opsi ini menjadi pilihan yang tepat ketika Anda sedang merasa buntu dan ingin mendapatkan inspirasi. Ini akan membantu Anda dalam menemukan banyak ide topik yang hangat dalam hitungan detik.

        Untuk memulainya, buka "Discover" lalu pilih "Topic".

        Ketik sebuah keyword di bilah pencarian. Usahakan untuk perluas makna keyword untuk mendapatkan hasil yang variatif. Anda akan mendapatkan kumpulan ide untuk konten yang sesuai subjek pilihan Anda.

        Opsi dalam font yang lebih besar adalah opsi yang paling relevan dengan pencarian Anda

        Scroll ke bawah untuk mengetahui lebih dalam tentang setiap keyword. Anda dapat menemukan ide untuk konten yang bagus, serta pertanyaan yang diajukan tentang topik dan keyword terkait.

        5. Analisis Konten Teratas di YouTube

        Opsi terbaru BuzzSumo ini sangat hebat karena YouTube adalah salah satu platform besar dengan dua miliar pengguna setiap bulannya. Bayangkan seberapa besar eksposur yang bisa brand Anda dapatkan setiap harinya. Jadi, bagaimana Anda bisa menemukan topik yang hangat di YouTube?

        Arahkan kursor ke bagian "Content", lalu klik opsi "YouTube".

        Ketik keyword yang Anda cari kedalam bilah pencarian.

        Selain itu, terdapat fitur yang tidak kalah menakjubkan, yaitu Anda dapat mengklik bagian "Analysis" untuk mengetahui rahasia di balik engagement yang tinggi di YouTube. Ingin mencari influencer teratas di YouTube? Buka bagian "Influencer" lalu pilih YouTube. Ikuti langkah yang sama untuk menemukan influencer teratas di sektor industri Anda.

        Menggunakan BuzzSumo hanyalah awal dari strategi pemasaran konten Anda. Namun, strategi pemasaran konten tidak berakhir hanya dengan meneliti topik dan saluran terbaik tempat mempromosikan konten. Terus membuat dan mengembangkan kampanye content marketing adalah sebuah proses berkelanjutan yang perlu untuk terus ditingkatkan jika ingin menguasai target pasar.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: