Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Ini Dia Jajaran PR Terbaik di Ajang TPR Award 2020

        Ini Dia Jajaran PR Terbaik di Ajang TPR Award 2020 Kredit Foto: Dok. Panpel
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Komunikasi merupakan kunci dalam penyelenggaraan pelayanan publik bagi sebuah institusi maupun perusahaan. Karena itu, jajaran manajemen mengharuskan seorang pemimpin menentukan ke arah mana harus berjalan.Baca Juga: Ketua Fraksi PKS DPR RI Raih Teropong Democracy Award 2020

        Namun, tanggung jawab soal strategi komunikasi dan informasi agar lembaga atau institusi itu tetap mendapat kepercayaan dan sentimen positif dari masyarakat, berada di tangan public relations.

        Terkait itu, Teropong Senayan memberikan apresiasi terhadap peran dan fungsi public relations dalam ajang Teropong Public Relations (TPR) Award 2020.

        Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/10/2020), Pemimpin Redaksi Teropong Senayan, Rihad Wiranto mengatakan, penghargaan ini berlandaskan pada proses riset dengan metode media content analysis.

        “Umumnya sebuah pemberitaan, baik itu internal maupun eksternal, terhadap sebuah institusi dapat diketahui maknanya, apakah pemberitaan itu mengesankan pesan positif atau negatif, dan yang pasti akan berdampak pada khalayak,” ujarnya.

        Adapun, kajian riset juga didasarkan pada desk riset, media insight, dan review dari juri TPR Award 2020 yang terdiri dari, Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Wakil Ketua Persatuan Humas (Perhumas) Rizka Septiana dan Ketua Umum APPRI (Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia) Jojo S. Nugroho.

        “Kami ucapkan selamat kepada para pemenang yang meraih penghargaan di ajang TPR Award 2020. Semoga ini menjadi penyemangat keberlanjutan kerja-kerja kehumasan yang lebih baik lagi,” katanya.

        Sementara itu, Ketua Umum APPRI Jojo S. Nugroho mengatakan, sejak merebaknya pandemi COVID-19, profesi public relations mendapatkan sejumlah tantangan, salah satunya dalam hal koordinasi dan komunikasi dengan publik.

        “Protokol kesehatan membuat komunikasi, semisal, konferensi pers, harus dilakukan secara virtual,” katanya.

        Adapun Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo mengatakan, public relations adalah jantung organisasi yang berperan menstimulasi publik dengan informasi.

        Karena itu, setiap public relations organisasi memiliki caranya sendiri dalam mengelola komunikasi dan menjaga hubungan baik dengan publik, terutama dalam hal menciptakan brand perusahaan.

        “Komunikasi publik adalah basis kesepemahaman untuk menghasilkan cita-cita organisasi,” tuturnya.

        Wakil Ketua Perhumas, Rizka Septiana menyebutkan, di era digital dan pandemi seperti sekarang, penting bagi praktisi public relations membangun keterikatan yang kuat dengan media. Hal ini mengingat pemberitaan yang ditayangkan media mampu mempengaruhi opini publik.

        “Dalam konteks perusahaan, pemberitaan media dapat mempengaruhi opini publik terkait image merek maupun reputasi perusahaan,” katanya.

        Berikut peraih penghargaan TPR Award 2020 pada kategori Best Active Social Media, meliputi PT Transportasi Transjakarta, PT Prudential Life Assurance, PT Pegadaian (Persero), Aksi Cepat Tanggap (ACT), Kepolisian Negara Republik Indonesia, PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

        Kemudian kategori Best Use of Digital Innovation, meliputi PT Pegadaian (Persero), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Seluler, PT Bank DKI, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT BNI Life Insurance, dan PT Transportasi Transjakarta.

        Selain itu, untuk kategori Best CSR of Communication, meliputi PT Pertamina (Persero) Tbk, Aksi Cepat Tanggap, PT Pertamina Lubricants, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.

        Lalu kategori Best of Media Relation, PT Telekomunikasi Seluler, PT Pertamina (Persero) Tbk, PT Pertamina Lubricants, dan Kepolisian Republik Indonesia. Berikutnya kategori Best Appearance Online and Print Media, terdiri dari PT Pertamina (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank DKI, dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

        Lanjut pada kategori Best Community Engagement, terdiri dari PT Bank DKI, PT Pertamina Lubricants, dan PT Kapal Api Global. Berikutnya, untuk kategori Best Government, meliputi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Polri, dan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dan, PR of the Year, yakni PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: