Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Rekomendasi Social Listening Tools Terbaik

        Rekomendasi Social Listening Tools Terbaik Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Social listening memberikan kesempatan bagi sebuah brand untuk bisa melacak, menganalisis, dan menanggapi percakapan seputar brand tersebut di media sosial. Ini adalah komponen penting dari riset pasar untuk mengetahui cara memasarkan kepada calon pelanggan.

        Bayangkan jika Anda memiliki kedai kopi. Suatu hari saat Anda membuat latte di belakang meja, Anda tidak sengaja mendengar dua pelanggan sedang mengantre dan membicarakan pilihan makanan Anda.

        Baca Juga: Apa Itu Social Listening?

        “Saya suka kopi di sini,” kata seseorang. “Terutama kopi susunya.”

        "Ya, kopi susunya enak," jawab yang lain. “Tapi saya tidak terlalu tergila-gila pada kopi. Masih terlalu pahit bagi saya. "

        Anda mulai bertanya-tanya dalam hati. Apakah semua orang membicarakan produk kopi saya?

        Jadi Anda mulai bertanya-tanya. Anda telah mendengar pendapat lain tentang kedai kopi milik Anda. Kemudian Anda mulai mendengarkan. Berdasarkan apa yang Anda dengar, Anda mulai membuat perubahan yang disukai orang. Dan itu berhasil. Pelanggan Anda mengantre untuk mendapatkan varian kopi baru Anda. Itu karena Anda baru saja menerapkan metode yang sudah teruji dan benar agar brand dapat terlibat dengan pelanggan dan memberikan apa yang mereka sukai dengan menerapkan social listening.

        Jika Anda tidak menggunakan social listening, maka Anda akan meninggalkan banyak wawasan  yang berhubungan dengan bisnis Anda. Berikut cara memulai dan alat untuk membuatnya sederhana.

        Definisi Social Listening

        Social listening adalah saat Anda melacak platform media sosial Anda untuk mengetahui mention dan percakapan yang berkaitan dengan brand Anda. Kemudian Anda menganalisisnya untuk mendapatkan wawasan guna menemukan peluang untuk bertindak.

        Social listening adalah proses yang menggunakan dua tahapan:

        Tahap 1: Pantau saluran media sosial yang menyebutkan nama brand, pesaing, produk, dan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda.

        Tahap 2: Analisis informasi untuk mengetahui cara mewujudkan apa yang Anda pelajari. Itu bisa menjadi sesuatu yang kecil seperti menanggapi pelanggan yang sedang berbahagia, atau sesuatu yang besar seperti mengubah seluruh positioning brand Anda.

        Pada pandangan pertama, social listening mungkin sekilas tampak seperti social media monitoring, tetapi kedua konsep tersebut sebenarnya berbeda di berbagai hal yang penting.

        Social media monitoring hanya melihat metrik seperti:

        Brand mention

        Hashtag yang relevan

        Mention kompetitor bisnis

        • Tren industry 

        Social media monitoring sangat bagus untuk hal-hal seperti memantau kampanye ROI atau A / B testing. Ketika Anda mengambil tindakan sebagai tanggapan atas data yang Anda kumpulkan, Anda sudah memulai proses social listening.

        Disaat social media monitoring melihat metrik seperti tingkat keterlibatan dan jumlah mention, maka social listening menggunakan angka dan data untuk mempertimbangkan segala sesuatunya.

        Tools Terbaik Untuk Melakukan Social Listening

        1. HubSpot

        HubSpot menawarkan produk media sosial untuk membantu Anda memprioritaskan interaksi sosial Anda dan terhubung dengan semua orang yang tepat. Di alat serba bisa ini, Anda dapat membangun kampanye pemasaran, berbagi konten seperti postingan blog dan landing page, secara otomatis membagikan konten ke berbagai saluran media sosial, dan menemukan waktu terbaik untuk memposting konten.

        Anda juga dapat memantau interaksi sosial dengan kontak di database Anda, membuat stream pemantauan kata kunci kustom, dan memicu peringatan email sehingga tim penjualan Anda tahu kapan prospek menyebut brand Anda. Anda bahkan dapat membandingkan kinerja di seluruh saluran media sosial Anda serta melacak jumlah kunjungan dan arahan yang Anda terima. Platform ini menawarkan lebih dari sekedar social listening, karena alat ini menawarkan Anda software inbound marketing lengkap yang menguntungkan seluruh tim Anda dan membantu Anda untuk bisa mengintegrasikan sosial sebagai bagian integral dari perusahaan.

        2. Sprout Social

        Sprout Social menawarkan software manajemen media sosial untuk menawarkan solusi yang pada akhirnya dapat meningkatkan interaksi media sosial Anda dengan pelanggan dan prospek. Dengan bantuan Sprout Platform, Anda dapat mengakses data analitik mendalam untuk menginformasikan keputusan strategis, merampingkan, dan mengukur upaya keterlibatan Anda, mempublikasikan konten dan kampanye pemasaran, dan, yang paling penting, mengungkap tren dan wawasan melalui social listening untuk mendorong perubahan yang strategis.

        Sprout Social menawarkan Twitter Listener dashboard beserta laporannya untuk menganalisis keberadaan brand Anda di platform Twitter. Selain itu, platform ini menggunakan brand monitoring secara live untuk melacak pesan langsung dan penggunaan kata kunci khusus. Alat ini juga menawarkan social listening lanjutan untuk membantu Anda melihat tren dan influencer yang muncul. Platform ini pada akhirnya menawarkan wawasan tak ternilai yang dapat membantu Anda melacak dan meningkatkan strategi sosial Anda secara konsisten.

        3. Hootsuite

        Hootsuite juga menawarkan platform social monitoring dan listening. Dashboard pemasaran dan manajemen media sosial membantu Anda untuk membangun dan menumbuhkan hubungan dengan follower media sosial Anda. Hootsuite memungkinkan Anda untuk melihat semua pesan, komentar, dan mention seputar brand Anda di beberapa saluran media sosial dalam satu dashboard yang ringkas tempat Anda dapat menanggapi semuanya.

        Anda juga dapat melacak influencer dan prospek ke dalam daftar yang dapat diimpor dan dibagikan dengan orang lain di perusahaan Anda. Anda dapat menggunakan Hootsuite Analytics beserta laporannya untuk melacak apa yang sedang dibahas seputar brand Anda, pesaing, dan industri Anda, serta meningkatkan kampanye Anda yang sudah disesuaikan. Hootsuite menawarkan tiga paket berbeda sehingga Anda dapat menemukan solusi dan strategi sempurna yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

        Media sosial dapat menunjukkan tren pelanggan yang dengan cepat dapat berkembang dan bergeser. Jika Anda tidak memperhatikan dan tidak siap akan perubahan, maka brand Anda akan tampak goyah di antara brand lain yang akan melakukannya. Pelanggan Anda menginginkan brand yang segar dan interaktif serta menyediakan produk, layanan, dukungan, dan konten yang benar-benar berguna dan menarik bagi mereka.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Bagikan Artikel: