Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Cara Meningkatkan Brand Awareness

        Cara Meningkatkan Brand Awareness Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Memiliki brand yang solid dan tepercaya sangatlah penting bagi perusahaan Anda untuk dapat berkembang. Jika target konsumen Anda tidak mengetahui atau mempercayai brand Anda, bagaimana Anda dapat meningkatkan basis pelanggan dan penjualan Anda? Bagaimanapun juga, sebanyak 89% pemasar mengklaim bahwa brand awareness adalah tujuan utama mereka.

        Namun yang dapat saya sampaikan kepada Anda adalah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini telah dicoba dan diuji oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia. Baca dan temukan sesuatu yang baru untuk membantu Anda mencapai tujuan kesadaran merek Anda. Berikut adalah beberapa strategi inovatif yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan brand awareness dan membantu perkembangan bisnis Anda.

        Baca Juga: Mari Mengenal Apa Itu Brand Awareness

        Apa Itu Brand Awareness?

        Brand awareness adalah sejauh mana brand Anda dapat dikenali oleh pelanggan potensial dan dikaitkan dengan benar dengan produk atau layanan tertentu. Dalam contoh bisnis kecil, tingkat brand awareness mereka mungkin tidak mencapai status eponim (misalnya, pelanggan yang haus akan meyebut nama brand Aqua dibandingkan menyebut air mineral), tetapi beberapa hal yang lebih sederhana, seperti:

        • Konsumen memiliki pengetahuan tentang apa yang membuat bisnis Anda lebih dikenal.

        • Seorang pengguna media sosial mengetahui bahwa iklan brand Anda lucu ketika mereka menemukannya di feed mereka.

        • Pelanggan lebih memilih merek Anda daripada brand lain, meskipun ada opsi yang lebih murah.

        • Pengguna mesin pencari akan mengetik nama bisnis Anda atau istilah bermerek lainnya ke dalam istilah pencarian mereka. 

        Brand yang sudah memiliki tingkat brand awareness tinggi biasanya disebut sebagai "trending", "buzzworthy", atau "populer". Membangun brand awareness sangat berharga saat memasarkan dan mempromosikan perusahaan dan produk Anda, terutama pada tahap awal bisnis Anda.

        Brand awareness mungkin tampak seperti konsep yang masih kabur, dan sebenarnya memang begitu. Untuk pemasar dan pemilik bisnis di luar sana yang suka mengukur kesuksesan dengan angka yang tepat, brand awareness kemungkinan akan membuatnya bingung.

        Namun, hanya karena ini bukan metrik yang dapat ditentukan dengan sempurna, bukan berarti metrik tersebut tidak memiliki nilai. Brand awareness sangat penting untuk kesuksesan bisnis dan tujuan pemasaran secara keseluruhan.

        Cara Meningkatkan Brand Awareness

        Bagaimana caranya meningkatkan brand awareness Anda dan membangun bisnis di atas fondasi itu? Apa yang dapat Anda lakukan sebagai sebuah brand untuk mengkampanyekan kesadaran dan terus meningkatkannya? Berikut ini adalah beberapa ide kampanye untuk meningkatkan brand awareness Anda:

        Tawarkan opsi freemium

        Freemium adalah model bisnis yang menawarkan produk dasar atau lini produk secara gratis, hanya mengenakan biaya untuk produk yang dianggap premium atau dengan layanan ekstra . Ini adalah strategi penetapan harga yang populer untuk berbagai perusahaan perangkat lunak, seperti HubSpot dan Trello.

        Menawarkan opsi freemium memungkinkan pelanggan untuk merasakan brand dan produk Anda sebelum melakukan pembelian. Ini adalah peluang untuk mencoba sebelum pelanggan membelinya, yang secara teknis dapat bertahan selamanya (berbeda dengan periode uji coba gratis atau trial yang dipilih beberapa perusahaan).

        Merupakan hal yang umum untuk menawarkan opsi freemium dengan ketentuan bahwa watermark akan ditampilkan di bagian produk atau layanan yang akan dipasarkan ke hadapan publik. Hal ini menjadikan freemium sebagai situasi win-win solution, karena konsumen akan mendapatkan produk secara gratis, dan brand Anda akan mendapat iklan gratis saat konsumen menggunakannya.

        TypeForm adalah contoh bagus lainnya dari kasus ini. TypeForm menawarkan opsi freemium dari survey perangkat lunak, tetapi pelanggan harus menyertakan halaman terima kasih yang menampilkan logo dan pesan TypeForm.

        Tergantung pada jenis bisnis dan penawaran produk Anda, freemium mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness di antara audiens Anda.

        Buat konten gratis

        Saat ini, membuat konten lebih mudah dari sebelumnya, dan ini merupakan hal yang baik karena konsumen saat ini sudah beralih ke internet untuk segala pertanyaan mereka. Konten adalah cara yang menyenangkan untuk meningkatkan brand awareness Anda karena ini adalah cara termudah untuk menunjukkan kepribadian dan berbagi pendapat serta pemosisian pada suatu masalah, dan ini merupakan komponen utama yang akan mempersonifikasikan dan memanusiakan brand Anda.

        Konten juga tidak harus dalam bentuk tertulis. Anda juga dapat membuat video, infografis, podcast, dan masih banyak lagi. Tentu saja, konten tertulis seperti blog dan panduan yang dapat diunduh bisa dibilang menjadi cara yang termudah, tetapi jelas itu bukan satu-satunya pilihan.

        Konten juga tidak harus ada di situs web Anda saja. Guest posting dan konten bersponsor memberikan peluang untuk tampil di depan audiens baru serta mendiversifikasi jenis konten yang Anda buat.

        Jika brand Anda tidak membuat konten, maka Anda mungkin melewatkan beberapa peluang untuk membangun brand awareness. Konten menyediakan cara yang luar biasa untuk dapat terhubung secara otentik dengan audiens Anda sambil menampilkan nama brand Anda di depan orang-orang.

        Acara bersponsor

        Berapa banyak festival, konser, bazar, dan pameran yang sudah Anda hadiri? Jenis acara ini biasanya tidak dapat dilakukan tanpa bantuan sponsor. (Lihatlah t-shirt, topi, atau tas punggung yang mungkin Anda dapatkan dari acara tersebut. Lihat nama brandnya)

        Acara bersponsor adalah cara yang pasti untuk menampilkan brand Anda di hadapan ratusan, ribuan, atau jutaan orang yang kemungkinan masuk ke dalam target audiens Anda. Dari spanduk, selebaran hingga botol air mineral, nama brand Anda akan ada di mana-mana jika Anda mensponsori suatu acara.

        Mensponsori suatu acara juga memungkinkan Anda untuk menyematkan nama brand Anda pada acara yang sesuai dengan kepribadian, minat, dan hasrat Anda, yang berarti konsumen kemudian akan mengasosiasikan brand Anda dengan acara tersebut serta estetika dan karakternya.

        Mari kita ambil contoh brand Extra Joss. Extra Joss adalah minuman energi, dan tanpa upaya brand awareness apa pun, kita semua juga pasti akan menganggapnya sebagai minuman energi. Tapi, untungnya, Extra Joss telah memasarkan produknya ke tingkat yang lebih tinggi- secara harfiah - dengan mensponsori berbagai club sepak bola dalam dan luar negeri. Sekarang, kita secara inheren mengasosiasikan brand Extra Joss dengan citra olahragawan, dan percaya bahwa jika kita meminumnya, kita juga bisa menjadi sama seperti citra yang digambarkannya.

        Berikan kepribadian pada brand Anda

        Memperlakukan brand Anda sebagai seseorang dan mendefinisikan narasi adalah langkah pertama untuk memberikan kepribadian pada brand Anda. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kepribadian ini ke dalam upaya pemasaran Anda.

        Ketika Anda memasarkan produk dan layanan dengan kepribadian, Anda dapat meningkatkan brand awareness karena brand Anda akan terus bersinar. Tentu saja, konsumen Anda akan memperhatikan produk atau layanan yang Anda pasarkan, tetapi mereka juga akan merasakan kepribadian brand Anda melalui iklan yang Anda tampilkan.

        Ini adalah strategi hebat saat menggabungkan kampanye pemasaran tradisional Anda dengan kampanye brand awareness. Mereka tidak selalu harus menjadi satu dalam hal yang sama, tetapi mereka pasti akan berjalan beriringan.

        Contoh, ada sebuah brand sirup yang mengiklankan produk saat bulan Ramadhan. Iklan tersebut dipenuhi dengan cerita yang naratif dan mengunggah rasa. Mereka juga menyebutkan nama produk mereka di iklannya. Iklan tersebut tidak hanya berdampak pada audiensnya, tetapi dengan mengingat nama brand tersebut, semata-mata juga akan membuat konsumen kembali untuk menonton iklannya di platform Youtube dan pergi ke toko untuk membeli produk tersebut.

        Buat podcast

        Hampir semua orang berusia 12 tahun ke atas suka mendengarkan podcast secara teratur di berbagai platform seperti Youtube dan Spotify. Tidak diragukan lagi, podcast memainkan peran penting dalam kehidupan kita dan juga bagi upaya pemasaran.

        Podcast dulunya merupakan proses yang rumit, hanya dibuat oleh mereka yang memiliki studio dan mikrofon mewah. Sekarang, semuanya lebih mudah dari sebelumnya untuk membuat dan merilis podcast, dan melakukan hal tersebut dapat sangat membantu upaya brand awareness Anda.

        Mengapa? Karena podcast, seperti konten tertulis atau visual, menyediakan cara untuk terhubung dengan audiens Anda secara otentik. Alih-alih secara terang-terangan mempromosikan produk atau layanan Anda (yang telah kita sepakati bukanlah cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness), podcast memberi Anda kesempatan untuk mendidik, menginformasikan, menghibur, atau menasihati audiens Anda, serta membangun kepercayaan dengan melakukannya. 

        Membangun dan menumbuhkan brand awareness adalah proses yang tidak akan pernah berakhir, sama seperti menjaga tali persahabatan atau hubungan yang tidak akan pernah benar-benar berakhir.

        Meningkatkan brand awareness Anda melalui kampanye memberi Anda kesempatan untuk mencoba jenis-jenis pemasaran dan peluang periklanan yang sebelumnya tidak dapat Anda investasikan. Artinya, ini merupakan cara terbaru dan terampuh untuk selalu terhubung dengan audiens Anda

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: