Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Stablecoin?

        Apa Itu Stablecoin? Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Cryptocurrency saat ini sedang mengalami periode pertumbuhan yang sangat pesat. Penelitian dari Cambridge Center for Alternative Finance menunjukkan bahwa jumlah pengguna kripto global telah meningkat dari 35 juta pada tahun 2018 menjadi 101 juta pada tahun 2020.

        Stablecoin hanya membentuk satu bagian dari ekosistem yang sedang berkembang ini, tetapi pengaruh dan penggunaan mereka berkembang pesat. Mereka sekarang didukung oleh lebih banyak penyedia layanan cryptocurrency, dengan kapitalisasi pasar di bawah 25 miliar dollar AS.

        Baca Juga: Apa Itu Central Bank Digital Currencies (CBDC)?

        Aset-aset ini pertama kali dikeluarkan oleh perusahaan fintech dan pengusaha cryptocurrency, tetapi semakin banyak lembaga keuangan sekarang juga ikut serta. Perusahaan tersebut mencangkup JPMorgan Chase, yang baru-baru ini meluncurkan stablecoinnya sendiri, bank sentral Tiongkok, dan perusahaan teknologi seperti Facebook.

        Tetapi meskipun mereka semakin terkenal, stablecoin tetap menjadi misteri bagi banyak orang. Jadi, apa sebenarnya stablecoin itu dan peran apa yang harus mereka mainkan di masa depan lanskap cryptocurrency? Simak selengkapnya di artikel berikut.

        Mari Mengenal Stablecoin, Sebuah Mata Uang Kripto

        Stablecoin adalah kelas baru cryptocurrency yang mencoba menawarkan stabilitas harga dan didukung oleh berbagai aset cadangan. Stablecoin telah mendapatkan daya tarik saat mereka mencoba menawarkan yang terbaik dari kedua dunia, yaitu dengan privasi pembayaran cryptocurrency, serta penilaian stabil yang bebas volatilitas dari mata uang fiat.

        Cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum menawarkan sejumlah manfaat, dan salah satu yang paling mendasar adalah tidak membutuhkan kepercayaan pada lembaga perantara untuk mengirim pembayaran, yang mengizinkan penggunaannya kepada siapa pun di seluruh dunia. Tetapi satu kelemahan utama adalah bahwa harga cryptocurrency tidak dapat diprediksi dan memiliki kecenderungan untuk berfluktuasi. Ini membuat mereka sulit untuk digunakan orang biasa. Umumnya, orang berharap dapat mengetahui berapa nilai uang mereka seminggu dari sekarang, baik untuk keamanan dan mata pencaharian mereka.

        Ketidakpastian Cryptocurrency berbeda dengan harga uang fiat yang umumnya stabil, seperti dollar AS, atau aset lainnya, seperti emas. Nilai mata uang seperti dollar AS memang berubah secara bertahap dari waktu ke waktu, tetapi perubahan yang lebih drastis dapat terjadi pada cryptocurrency, dimana nilainya naik turun secara teratur.

        Stablecoin bernilai lebih dari 10 miliar dollar AS atau sekitar 143 triliun rupiah pada bulan Mei 2020. Di negara-negara seperti Brasil, banyak orang yang beralih ke stablecoin sebagai alternatif mata uang nasional mereka dalam kondisi ekonomi yang tidak menentu. Sementara itu, di Hong Kong, beberapa orang menggunakan stablecoin untuk menghindari sensor internet baru dalam iklim politik yang sedang kacau balau.

        Meskipun bitcoin tetap menjadi mata uang kripto yang paling populer, ia cenderung mengalami volatilitas tinggi dalam penilaiannya. Misalnya, ia naik dari level sekitar 85 juta rupiah pada bulan November tahun 2020, lalu meningkat menjadi di atas 284 juta rupiah pada bulan Desember 2020, dan kemudian turun sekitar dua pertiga ke level 100 juta rupiah pada awal bulan Februari. Bahkan perubahan harga dalam satu hari bisa menjadi sangat tajam; dan merupakan hal yang umum untuk melihat cryptocurrency bergerak lebih dari 10 persen di kedua arah dalam rentang beberapa jam saja.

        Jenis volatilitas jangka pendek ini membuat bitcoin dan mata uang kripto populer lainnya tidak cocok untuk digunakan sehari-hari oleh publik. Pada dasarnya, mata uang harus bertindak sebagai alat tukar moneter dan cara penyimpanan nilai moneter, serta nilainya harus tetap relatif stabil dalam jangka waktu yang lebih lama. Pengguna akan menahan diri untuk tidak mengadopsinya jika mereka tidak yakin dengan daya belinya besok.

        Idealnya, mata uang kripto harus mempertahankan daya belinya dan harus memiliki inflasi serendah mungkin, cukup untuk mendorong pengeluaran token daripada menyimpannya. Stablecoin memberikan solusi untuk mencapai perilaku ideal ini.

        Jenis-Jenis Collateral Stablecoin

        Dengan menggunakan kerangka kerja ini, stablecoin hadir dalam berbagai jenis, dan stablecoin memiliki collateral atau jaminan dengan menggunakan berbagai jenis asset berikut ini:

        Fiat: Fiat adalah jaminan paling umum untuk stablecoin. Dolar AS adalah yang paling populer di antara mata uang fiat, tetapi perusahaan mengeksplorasi stablecoin yang dipatok ke mata uang fiat lainnya juga, seperti bilira, yang dipatok ke lira Turki.

        Logam mulia: Beberapa mata uang kripto berkaitan dengan nilai logam mulia seperti emas atau perak.

        Cryptocurrency: Beberapa stablecoin bahkan menggunakan cryptocurrency lain, seperti ether, token asli jaringan Ethereum, sebagai jaminannya.

        Daftar Stablecoin Terpopuler

        Untuk memberikan Anda gambaran tentang eksperimen yang terjadi di dunia stablecoin, mari kita lihat beberapa stablecoin yang paling populer.

        Diem

        Diem (sebelumnya dikenal sebagai Libra) adalah stablecoin yang sedang dikerjakan, awalnya dibuat oleh platform media sosial Facebook yang sudah mendunia. Meskipun libra belum diluncurkan, libra memiliki dampak psikologis yang lebih besar daripada stablecoin lainnya.

        Pemerintah Tiongkok, sekarang sedang mengeksplorasi mata uang digital mereka sendiri yang terinspirasi oleh mata uang kripto, karena mereka khawatir Diem akan menjadi ancaman kompetitif, mengingat Facebook adalah perusahaan multinasional dengan miliaran pengguna dari seluruh dunia.

        Awalnya, Diem Association, konsorsium yang dibentuk oleh Facebook, mengatakan Diem akan didukung oleh banyak mata uang, termasuk dollar AS dan euro. Namun karena masalah regulasi global, asosiasi tersebut telah mundur dari visi awalnya yang ambisius. Sebagai gantinya, sekarang berencana untuk fokus pada pengembangan banyak stablecoin, masing-masing didukung oleh mata uang nasional yang terpisah.

        Tether

        Tether, atau USDT (+ 0,03%), adalah salah satu stablecoin tertua, diluncurkan pada tahun 2014, dan menjadi yang paling populer hingga hari ini. Saat ini, mata uang Tether menjadi salah satu mata uang kripto paling bernilai secara keseluruhan berdasarkan kapitalisasi pasarnya.

        Banyak orang yang menggunakan USDT untuk memindahkan uang antar bursa dengan cepat sehingga dapat memanfaatkan peluang arbitrase ketika harga cryptocurrency berbeda di dua bursa, dan pedagang dapat menghasilkan uang dari perbedaan ini. Tetapi, baru-baru ini telah ditemukan penggunaan lain dari USDT. Seorang importir Tiongkok yang ditempatkan di Rusia juga telah menggunakan USDT untuk mengirim nilai jutaan dolar melintasi perbatasan, melewati kontrol modal yang ketat di negara Tiongkok.

        USD Coin

        Diluncurkan pada tahun 2018, USD Coin adalah stablecoin yang dikelola bersama oleh perusahaan cryptocurrency Circle dan Coinbase melalui konsorsium Center. Sama seperti Tether, USD Coin dipatok ke dolar AS. Ini adalah stablecoin terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar.

        Dai

        Bekerja pada protokol MakerDAO, Dai adalah stablecoin di blockchain Ethereum. Dibuat pada tahun 2015, Dai (+ 0,09%) dipatok ke dolar AS dan didukung oleh Ether (ETH, + 8,48%), token besutan perusahaan Ethereum.

        Tidak seperti stablecoin lainnya, MakerDAO bermaksud agar Dai didesentralisasi, yang berarti tidak ada otoritas pusat yang dipercaya untuk kontrol sistem moneter ini. Sebaliknya, kontrak pintar Ethereum - yang menyandikan aturan yang tidak dapat diubah - memiliki pekerjaan ini sebagai gantinya. Namun, masih ada masalah dengan model inovatif ini; misalnya, jika kontrak pintar yang mendukung MakerDAO tidak berfungsi persis seperti yang diantisipasi.

        Cara Kerja Stablecoin

        Ada tiga cara kerja utama stablecoin yang tersedia untuk pengguna, yang semuanya mematok unit mereka dengan cara yang berbeda.

        Didukung Oleh Fiat

        Ini adalah bentuk paling umum dari stablecoin di pasar, terdiri dari aset kripto yang secara langsung didukung oleh mata uang yang dikeluarkan pemerintah (atau komoditas seperti emas) dengan rasio tetap 1: 1. Nilainya didasarkan pada nilai mata uang pendukung.

        Dalam pengaturan ini, penerbit atau bank sentral memegang sejumlah mata uang fiat sebagai cadangan dan mengeluarkan sejumlah token yang proporsional. Persyaratan utamanya adalah bahwa jumlah mata uang pendukung mencerminkan suplai stablecoin yang beredar. Misalnya, penerbit yang memegang 100 ribu dollar AS akan sama dengan 100 ribu token dengan nilai masing-masing sebesar 1 dollar AS, yang dapat diperdagangkan secara bebas antar pengguna.

        Meskipun mereka terdaftar di badan pengatur keuangan negara, sifat off-chain dari sistem - yaitu hanya lembaga keuangan penerbit yang memiliki pengawasan penuh atas setoran uang fiat - memerlukan tingkat kepercayaan tertentu. Tidak ada cara bagi pengguna untuk memastikan apakah penerbit benar-benar menyimpan dana tersebut sebagai cadangan, sehingga stabilitas harga stablecoin bergantung pada kepercayaan mereka pada penerbit.

        Didukung Oleh Crypto

        Dalam hal ini, stablecoin diterbitkan dengan cryptocurrency sebagai bentuk jaminan alih-alih didukung oleh mata uang fiat. Ide utamanya di sini adalah untuk memasukkannya ke dalam kelompok cryptos atau portofolio cryptocurrency. Karena semuanya dilakukan secara digital di blockchain, sistemnya bergantung pada penggunaan kontrak pintar untuk menangani penerbitan unit, memastikan tata kelola, serta membangun kepercayaan.

        Ini menciptakan ekosistem terdesentralisasi yang diatur oleh pengguna sendiri, sebagai lawan dari satu penerbit atau badan pengatur pihak ketiga yang mendikte kebijakan moneter. Pengguna harus percaya bahwa semua peserta jaringan akan bertindak demi kepentingan terbaik grup secara keseluruhan, yang merupakan salah satu daya tarik utama cryptocurrency secara umum.

        Untuk memperoleh stablecoin yang didukung crypto, pengguna perlu mengunci cryptocurrency mereka ke dalam kontrak, yang kemudian dapat mengeluarkan token. Stablecoin kemudian harus dibayar kembali ke dalam kontrak yang sama sebelum agunannya dapat dikembalikan, dengan stabilitas harga dicapai melalui berbagai instrumen dan insentif tambahan.

        Algoritmik

        Juga disebut sebagai stablecoin tanpa jaminan, ini tidak didukung oleh mata uang fiat, komoditas, atau cadangan cryptocurrency. Namun, algoritma tertentu akan mengelola pasokan token yang dikeluarkan untuk mempertahankan harga yang stabil, mencerminkan kebijakan moneter yang digunakan oleh bank sentral di seluruh dunia untuk mengelola mata uang nasional.

        Kontrak pintar ini diimplementasikan pada platform yang terdesentralisasi dan dapat berjalan secara mandiri, mengurangi atau meningkatkan pasokan token yang beredar berdasarkan harga stablecoin relatif terhadap harga mata uang fiat yang dilacaknya. Jika harga turun di bawah nilai mata uang fiat, pasokan token akan berkurang, atau sebaliknya.

        Meskipun mereka tidak diagunkan dengan cara yang sama seperti fiat dan stablecoin yang didukung cryptocurrency, stablecoin algoritmik mungkin memiliki kumpulan agunan sebagai cadangan jika terjadi peristiwa yang disebut black swan.

        Masa Depan Stablecoin Di Pasar Crypto

        Sudah jelas bahwa stablecoin akan memainkan peran utama di masa depan industri cryptocurrency. Mereka akan membantu mendorong adopsi dan penggunaan jangka panjang, terutama karena mereka dapat mengatasi hambatan utama yang secara historis menahan crypto agar tidak digunakan sebagai mata uang harian asli, yaitu volatilitas besar-besaran dan fluktuasi nilai jangka pendek.

        Di masa lalu, cryptocurrency menjadi permasalahan besar dan dianggap tidak bisa menjadi mata uang karena ketidakstabilannya seperti Bitcoin yang telah memposisikannya sebagai peluang untuk investasi, daripada mata uang normal untuk transaksi sehari-hari. Tapi ini sekarang menjadi berubah berkat semakin menonjolnya stablecoin, yang membantu meredakan kekhawatiran seputar volatilitas.

        Selain membangun kepercayaan pada teknologi ini, mereka akan bertindak sebagai jembatan menuju adopsi kripto arus utama dengan membantu konsumen dan bisnis mengenali nilai yang dapat ditawarkan cryptocurrency kepada masyarakat. Stablecoin memberi pengguna akses ke aset yang tidak hanya untuk investasi spekulatif, tetapi juga menawarkan konsistensi harga yang diperlukan untuk membentuk tulang punggung ekonomi baru. Kualitas ini, dikombinasikan dengan implementasi solusi pembayaran inovatif yang menggunakan stablecoin sebagai mata uang transportasi untuk memfasilitasi pertukaran crypto-fiat, inilah yang akan mendorong pengembangan crypto di masa depan.

        Cryptocurrency pasti akan tetap ada dan tampaknya semakin besar kemungkinan bahwa stablecoin akan menjadi jawaban untuk mengurangi gesekan tersebut, meningkatkan stabilitas dan, pada akhirnya, memungkinkan masa depan uang digital.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: