Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Fakta-Fakta Unik Sejarah Sepak Bola Indonesia

        Fakta-Fakta Unik Sejarah Sepak Bola Indonesia Kredit Foto: Sindonews
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Saat ini persepakbolaan nasional bisa dikatakan cukup menyedihkan, lantaran sangat sulit untuk memenangkan SEA Games dan kini terkena sanksi dari FIFA.

        Namun, setelah itu terdapat beberapa fakta unik dan menarik seputar sepak bola Tanah Air. Berikut fakta unik tentang sepak bola Indonesia, seperti dirangkum, Senin (7/6/2021): Baca Juga: Klub Sepak Bola Eropa Rugi Rp125,5 T, Efek Pandemi Covid-19

        Indonesia adalah negara pertama di Asia yang berhasil masuk ke Piala Dunia

        Mungkin Anda terkejut ketika melihat fakta ini dan bertanya "Apakah Indonesia pernah masuk Piala Dunia?" Baca Juga: Diam-diam, Mbappe Selangkah Lagi Berkostum Real Madrid

        Indonesia sebenarnya masuk piala dunia dengan nama "Hindia Belanda" pada tahun 1938. Saat itu belum pernah ada negara Asia yang menembus piala dunia selain Indonesia. Baru pada tahun 1954 siapa pun bisa memecahkan rekor Indonesia sebagai satu-satunya negara Asia yang masuk piala dunia, yaitu Korea Selatan.

        Kapten Tim Nasional bekerja sebagai Dokter

        Dr Achmad Nawir yang merupakan kapten timnas Indonesia (Hindia Belanda) saat itu ternyata juga berprofesi sebagai dokter. Namun, jangan remehkan pemain dari klub Soebarajasche Voetbal Bond ini hanya karena ia seorang dokter. Baca Juga: Ini Baru Sultan! Perusahaan Milik Hary Tanoe Siapkan Dana Rp300 Miliar Buat Beli Saham di Masyarakat

        Dr Achmad Nawir dipercaya menjadi kapten oleh pelatih dan berhasil menorehkan prestasi yang cukup membanggakan. Sementara itu, situs 888bola sebagai salah satu situs yang bisa Anda kunjungi untuk menikmati beberapa permainan. Baca Juga: Performa Klub Bola Milik Konglomerat Pieter Tanuri: Omzet dan Cuan Sama-Sama Anjlok

        Bermain Bola Memakai Kacamata

        Satu lagi fakta unik tentang dr. Ahmad Nawir, Siapa sangka kapten timnas yang berprofesi sebagai dokter itu memakai kacamata saat turun ke lapangan. Tentu hal ini saat ini sudah sangat jarang terlihat dimana ada pemain sepak bola yang masih tetap menggunakan kacamata saat turun ke lapangan dan untuk bermain sepak bola.

        Striker Legendaris Indonesia Bekerja Sebagai Tukang Becak

        Sebelum bergabung dengan Persatuan Induk Sepak Bola Sulawesi, rupanya Andi Ramang sang striker legendaris bekerja menarik becak untuk mencari nafkah. Ini menunjukkan bahwa orang-orang berbakat bisa datang dari mana saja.

        Stadion Utama Gelora Bung Karno Pernah Menjadi Stadion Terbesar ke-4 Di Dunia

        Saat baru selesai pembangunan Gelora Bung Karno, stadion ini sempat menduduki peringkat sebagai stadion terbesar di dunia. Hingga akhirnya saat ini stadion gelora bung karno menduduki peringkat ke 2 terbesar se-asia tenggara.

        Kemenangan Terbesar Indonesia [13-1]

        Pada kompetisi Tiger Cup 2002, Indonesia mengalahkan Filipina dengan skor telak 13-1. Ini memecahkan rekor kemenangan Indonesia sebelumnya pada tahun 1972 yang berhasil membantai Filipina 12-0.

        Kekalahan Terbesar Indonesia [10-0]

        Di Pra Piala Dunia 2014 Indonesia dikalahkan Bahrain dengan 10 gol tanpa balas, ini menutup rekor kekalahan Indonesia pada tahun 1974 ketika dikalahkan Denmark 9-0.

        Kiper Indonesia Pernah tangkis Tendangan Pinalti Pele

        Pada tahun 1972 timnas Brasil melakukan tur di Asia, termasuk Indonesia. Pada pertandingan Indonesia - Brasil, Saat itu kiper dari timnas indonesia yaitu Rony pasla berhasil menggagalkan tendangan pinalti dari pele. Meski Indonesia akhirnya kalah 2-1 dalam pertandingan tersebut. Rony Pasla akhirnya mendapatkan gelar “Kiper Terbaik Nasional” pada tahun 1994.

        Sponsorship Jersey Klub Indonesia yang Berlebihan

        Umumnya jersey sepak bola hanya memiliki satu sponsor utama dan sub-sponsor pada jaket pelatih. Tapi lain cerita dengan klub-klub Indonesia yang bahkan bisa memasang 3 sampai 6 sponsor di jersey mereka. Hal ini tentu saja membuat jersey tidak keren lagi dan menimbulkan citra “rakus”.

        Suporter Indonesia Terbesar dan Paling fanatik no. 3 di Dunia

        Suporter Indonesia termasuk dalam 10 suporter terbesar dan terfanatik di dunia dengan menempati posisi ke-3. Franz Anton Beckenbauer mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pendukung paling setia di dunia. Hal ini dibuktikan dengan tingginya rata-rata kepadatan stadion yang mencapai 96%.

        Klub Indonesia Pernah Kalahkan Arsenal skor 2-0

        Pada tahun 1983 Arsenal melakukan tur ke Indonesia. Saat itu The Gunners diperkuat kiper legendaris Pat Jennings, dua pemain nasional Inggris yakni Graham Rix dan Kenny Sansom, serta David O'Leary sang legenda hidup. Arsenal menang atas PSMS Plus dengan skor 3-0 dan menang 5-0 atas PSSI Seleksi di Senayan.

        Namun, melawan Niac Mitra (sekarang Mitra Kukar) pada 17 Juni 1983 di Surabaya, Arsenal dikalahkan oleh Niac Mitra dengan skor 2-0. Adapun pencetak gol Niac Mitra saat itu adalah Fandi Ahmad "37 dan Joko Malis" 85.

        Persib Bandung Jadi Klub Sepak Bola Terbaik 2015

        Saya yakin Anda tidak percaya pada fakta #12. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian, jutaan fans klub-klub besar juga tidak percaya Persib terpilih sebagai klub terbaik tahun 2015.

        Percaya atau tidak, ini benar. Situs Top Tens melakukan survei untuk mengetahui klub mana yang pantas menjadi klub terbaik. Dan hasilnya cukup mengejutkan, Persib dinobatkan sebagai klub sepak bola terbaik 2015 disusul Real Madrid di peringkat 2, Barcelona di peringkat 3, dan MU di peringkat 4.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: