Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Corporate Communication?

        Apa Itu Corporate Communication? Kredit Foto: Reuters/Stephen Lam
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Rata-rata karyawan menghabiskan 50-80% dari hari kerja mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain sehingga tidak diragukan lagi bahwa komunikasi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Itu sebabnya psikolog menggembar-gemborkan pentingnya memiliki gaya komunikasi yang efektif, baik dalam hubungan pribadi maupun profesional.

        Meskipun cukup mudah bagi manusia untuk berkomunikasi satu lawan satu, terkadang kita juga perlu mengomunikasikan pesan penting di antara sekelompok orang. Salah satu bentuk komunikasi massa tersebut adalah corporate communication.

        Baca Juga: Apa Itu Marketing Communication?

        Mengenal Apa Itu Corporate Communication

        Corporate communication adalah persepsi perusahaan dengan menciptakan identitas brand dan menjaga komunikasi dengan masyarakat umum. Tim komunikasi perusahaan akan membangun citra perusahaan, berkomunikasi dengan audiens internal dan eksternal untuk mempertahankan reputasi positif di industri tersebut, serta menjembatani kesenjangan antara karyawan dan tim manajemen.

        Strategi corporate communication dapat dilakukan dengan banyak cara, biasanya terdiri dari metode tertulis (situs web, siaran pers, memo), lisan (wawancara, video, konferensi pers), dan visual (foto, infografis, ilustrasi).

        Untuk membangun identitas brand yang kuat, komunikasi internal dan eksternal perlu diselaraskan.

        Apa itu Komunikasi Internal?

        Komunikasi Internal berfokus pada pesan dan berbagi informasi dalam sebuah perusahaan. Ini meliputi komunikasi dari eksekutif ke karyawan atau pesan antardepartemen. Contoh komunikasi internal meliputi:

        - Buletin internal;

        - Rapat tim;

        - Alat riset manajemen.

        Apa itu Komunikasi Eksternal?

        Komunikasi Eksternal berfokus pada branding dan pesan perusahaan kepada audiens luar. Saat ini, bukan hanya liputan pers saja, tetapi juga media sosial yang bisa mendorong pesan perusahaan. Contoh komunikasi eksternal meliputi:

        - Pesan media sosial;

        - Konferensi pers;

        - Periklanan.

        Bagaimana Corporate Communication Dapat Bekerja?

        Ada banyak cara untuk menggunakan corporate communication berhasil di organisasi Anda. Berikut adalah beberapa cara tim komunikasi untuk membangun program corporate communication yang kuat.

        Brand awareness (Identitas Perusahaan): Membangun reputasi perusahaan menetapkan mereka sebagai identitas rumah tangga atau tempat kerja dan menarik perhatian audiens. Branding mendefinisikan siapa perusahaan itu, apa yang mereka lakukan, apa saja produk mereka, dan apa artinya bagi publik. Ini merupakan tugas tim corporate communication untuk menciptakan pesan yang menguntungkan untuk brand agar bisa memiliki reputasi yang baik, tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eksternal.

        Kredibilitas brand (Reputasi Perusahaan): Identitas adalah apa yang membedakan organisasi Anda dari yang lain dan juga berfungsi untuk menentukan reputasi. Kredibilitas brand didasarkan pada kepercayaan dan keahlian yang dijanjikan perusahaan berdasarkan penggunaan produk mereka. Departemen corporate commincation harus bisa menyusun citra untuk mewakili apa yang penting bagi fungsi korporat tersebut.

        Keterlibatan karyawan: Keterlibatan internal dari atas ke bawah sangat penting dalam keberhasilan organisasi mana pun. Karyawan adalah brand ambassador yang bisa menerapkanĀ  komunikasi eksternal dalam jangkauan sosial mereka. Menyediakan karyawan dengan alat dan konten yang tepat untuk dibagikan sangat penting dan sering kali dapat berdampak langsung pada pertumbuhan keuangan perusahaan.

        Produktivitas karyawan: Makin produktif orang-orang Anda, makin tinggi pendapatan yang Anda hasilkan dan makin rendah biayanya pula.

        Contoh Corporate Communication

        Departemen komunikasi bertanggung jawab atas serangkaian kegiatan mulai dari hubungan masyarakat hingga komunikasi internal. Mari kita uraikan perbedaan dan lihat peran apa yang mereka mainkan dalam sebuah organisasi.

        Baca Juga: Apa Itu Comparative Advertising?

        Komunikasi dan Pemasaran Pelanggan

        Batas antara komunikasi dan pemasaran mulai kabur dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan departemen yang sering bekerja sama. Departemen komunikasi akan membantu menciptakan jaminan pemasaran mulai dari e-mail, buletin, hingga salinan situs web.

        Hubungan Masyarakat

        Aspek komunikasi yang menghadap publik dan fungsi yang menghasilkan opini publik dari sebuah perusahaan. Perusahaan akan sering memanfaatkan siaran pers, konferensi pers, dan wawancara untuk menghasilkan liputan berita.

        Komunikasi internal

        Selain bertanggung jawab atas komunikasi yang menghadap ke luar, corporate communication juga bertanggung jawab atas semua pesan internal termasuk berita seputar perusahaan, blog atau buletin internal, dan advokasi karyawan. Komunikasi internal berfokus pada keterlibatan karyawan dan dampaknya terhadap tenaga kerja.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: