Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Media Intellegence?

        Apa Itu Media Intellegence? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Kecerdasan media telah menjadi kunci penting bagi pertumbuhan organisasi yang kuat. Saat ini, perusahaan dapat mengumpulkan banyak wawasan, mengekstrak data yang bernilai, dan memahami tren yang sedang terjadi di semua industri.

        Ketika sebuah perusahaan mampu sepenuhnya memanfaatkan kecerdasan media, jalan bisnis baru akan mulai muncul, dan perusahaan tersebut dapat melihat banyak potensi pertumbuhan tersebut. Tapi pertanyaan pertama yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri, apa sebenarnya media intellegence itu?

        Baca Juga: Apa Itu Media Buying?

        Media intellegence atau kecerdasan media adalah proses mengumpulkan dan mempelajari sejumlah besar data dan informasi yang dihasilkan oleh berbagai saluran media untuk mendapatkan wawasan strategis tentang kinerja bisnis serta tujuannya.

        Sederhananya, ini seperti halnya media monitoring, tetapi dengan cara yang dapat ditindaklanjuti, sehingga dapat mengekstrak data tertentu dan meningkatkan produktivitas. Spesialis media intellegence mampu mengambil dan menganalisis data mereka dari bahan editorial tertulis, media berita digital, dan siaran televisi.

        Konten juga dapat dikumpulkan dari berbagai platform media digital lainnya, seperti situs berbasis soft-content, blog, dan jaringan media sosial.

        Cara Kerja Media Intellegence

        1. Mengumpulkan data

        Langkah pertama adalah mengumpulkan data dan menyusunnya secara jelas, strategis dan terorganisir. Di sinilah Anda akan mulai mencari cara untuk melacak sentimen dan opini seperti apa yang ditargetkan pada merek Anda.

        Pada platform digital, identitas perusahaan umumnya diterapkan dan Anda akan mendapatkan pandangan yang lebih holistik tentang penyebutan brand, kata kunci industri, dan analisis pesaing.

        Penyedia alat media intellegence dapat menyediakan dashboard software yang membantu memberikan gambaran umum yang jelas tentang kehadiran brand Anda di dunia maya.

        Anda akan diberikan metrik utama untuk memperlihatkan indikator kinerja utama media sosial serta mempertahankan insight stream yang konsisten.

        2. Menganalisis Dan Memilih Data yang Tepat

        Dengan memiliki pemahaman  tepat tentang materi yang telah Anda kumpulkan dan bagaimana hal itu harus dianalisis, organisasi Anda akan dapat memanfaatkannya untuk menangani berbagai macam hal.

        Di sinilah analitik dan data sosial biasanya digunakan untuk melacak kinerja kampanye Anda. Aspek lain seperti potensi risiko, krisis, topik yang sedang tren, atau diskusi khusus tentang produk dan pasar Anda juga dapat diperiksa melalui proses tersebut.

        3. Analisis dan Penggabungan Media

        Kunci untuk mendapatkan wawasan terbaik dalam proses pengumpulan media intellegence adalah dengan menggabungkan kumpulan data dan penelitian yang dilakukan, menemukan korelasi dan menyesuaikannya ke dalam rencana bisnis.

        Sebuah organisasi dapat dengan kuat memahami berbagai kemungkinan, seperti memprediksi perilaku konsumen, mengumpulkan pemikiran dan perspektif pelanggan, serta melacak informasi tentang brand Anda. Dengan ini, informasi yang dikumpulkan dapat didelegasikan ke tim pelaksana.

        Mengapa Media Intellegence Itu Penting?

        1. Membangun Presensi Brand yang Kuat

        Media intellegence dapat membantu organisasi untuk melihat bagaimana publik memandang brand Anda. Apakah mereka tahu bahwa brand Anda eksis? Apakah mereka mengetahui apa yang dapat ditawarkan oleh brand Anda?

        Media intellegence adalah aset yang dapat membantu Anda dalam mengoreksi kesalahpahaman beserta kontroversi lainnya. Ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah dalam persoalan komunikasi organisasi.

        Cara ini secara efektif akan mempertahankan brand voices Anda ketika konten telah diterbitkan. Dengan ini, organisasi akan memiliki peluang tertinggi untuk lebih terhubung dengan target audiens.

        2. Kelola Potensi Krisis

        Dengan layanan media intellegence, sebuah organisasi dapat dengan cermat mengikuti apa yang telah ditulis tentang perusahaan Anda dan bagaimana nada sikapnya. Ketepatan waktu adalah inti dari dunia digital, di mana diskusi positif dan negatif dapat beredar dengan cepat.

        Strategi ini akan mengingatkan sebuah organisasi ketika brandnya sedang diangkat oleh jurnalis, media tradisional, dan media digital. Perusahaan dapat menerima pujian dan segera menanggapi setiap keluhan pelanggan.

        Reaksi yang gesit akan membuktikan kepada pelanggan bahwa Anda peduli dan sadar akan pengalaman mereka. Persepsi negatif dapat dengan cepat berbalik dalam situasi apa pun. 

        3. Kenali Kompetisi Anda

        Melalui proses monitoring dan analisis digital, maka proyeksi dapat dilakukan dengan mudah, sehingga memungkinkan organisasi untuk mengetahui perkembangan terkini, tren masa depan, dan kemungkinan lonjakan permintaan untuk produk dan layanan Anda di industri tersebut.

        Ini memungkinkan Anda untuk melihat apa yang akan terjadi, sehingga bisa memberi Anda kepastian dan kepercayaan diri untuk merencanakan strategi Anda dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan bila memungkinkan.

        Media intellegence juga membantu Anda menemukan dan memahami siapa saja pesaing yang dihadapi organisasi Anda. Alat kecerdasan media membantu menyimpan catatan pekerjaan masa lalu mereka serta menciptakan jalur yang lebih baik ke depan dengan menganalisis tindakan dan kesalahan mereka. Tujuannya adalah untuk memberi saran apa yang perlu diperbaiki dan apa yang harus diperhatikan.

        4. Evaluasi

        Media intellegence adalah metode terbaik untuk mengukur dan meningkatkan efektivitas komunikasi dan produktivitas perusahaan Anda. Anda dapat mengikuti seberapa banyak perhatian media yang diterima kampanye dan konten yang telah diterbitkan.

        Kemudian, organisasi Anda akan tahu apakah itu telah mencapai hasil yang diinginkan dan apakah audiens target telah tercapai atau tidak. Data ini bertindak sebagai sumber rasional untuk membuat keputusan yang penting.

        Faktor kenyamanan menjadi keuntungan kuat dari alat ini. Media intellegence melakukan semua tugas manual dengan rapih dan efisien. Media intellegence dapat mengumpulkan dan meninjau data organisasi, kemudia mengkompilasinya untuk bisa Anda periksa.

        Media intellegence dapat menghemat waktu, sehingga memungkinkan organisasi Anda berkonsentrasi pada pengembangan strategi dan rencana bisnis lainnya. Laporan dan analitik adalah dukungan bagi tim Anda untuk memvalidasi pekerjaan Anda, menunjukkan hasil yang nyata dan meyakinkan.

        5. Mendapatkan Ide Baru

        Konten berkualitas sangat penting dalam mencapai pemasaran dan komunikasi yang efektif. Namun, banyak orang tampaknya tidak bisa menemukan ide-ide yang segar.

        Media intellegence membantu mempertahankan inspirasi yang konstan. Alat ini menyiapkan monitor untuk mengamati topik apa yang sedang tren hari ini. Jika Anda sudah memiliki topik dalam pikiran Anda sendiri, maka akan ada kata kunci yang berkaitan, sehingga bisa mewujudkan ide Anda. Dengan ini, Anda dapat mengembangkan kreativitas Anda dan mencari berbagai sudut pendekatan.

        Ide pesaing Anda mungkin juga bisa menjadi sumber inspirasi atau mungkin peringatan untuk apa yang tidak berhasil. Data adalah kunci untuk menghasilkan brainstorming dan inovasi ide-ide brilian baru.

        Media intellegence yang valid dan tepat dapat membawa manfaat besar bagi organisasi, brand, dan entitas bisnis lainnya. Dengan wawasan yang akurat dan informasi yang dapat diandalkan dari konsumen serta media massa, perusahaan dapat meningkatkan produk atau layanan mereka, sehingga publik dapat membentuk kesan tertentu terhadap organisasi mereka.

        Media intellegence mampu memastikan bahwa perusahaan Anda selalu mengikuti perkembangan masalah dan aktivitas industri yang muncul. Sebagai kesimpulan, Media intellegence adalah aset penting untuk menemukan peluang pemasaran strategis dan menyempurnakan pendekatan pemasaran dan public relation (PR).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Alfi Dinilhaq

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: