Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Daftar Aplikasi HR Online Terbaik 2021

        Daftar Aplikasi HR Online Terbaik 2021 Kredit Foto: Istimewa
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam perkembangan dunia HR yang kian pesat, saat ini untuk pengelolaan dan kinerja HR juga mengalami banyak perubahan. Dimana, sistem HR online yang banyak muncul mulai dipilih banyak perusahaan untuk bisa mengelola dan mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) lebih teratur.

        HR online menjadi pilihan karena dapat memudahkan kinerja HR secara cepat, tepat, dan akurat. Ketika kinerja HR bisa berjalan lebih lancar, tim HR memiliki waktu lebih untuk fokus pada hal lain yang jauh lebih penting dan memiliki tingkat urgensi lebih tinggi.

        Baca Juga: Kebutuhan Transaksi Digital Tinggi, Astra Luncurkan Aplikasi AstraPay

        Karena itulah, berikut ini bahasan mengenai Daftar HR Online Terbaik 2021 yang bisa diketahui.

        Apa Itu Aplikasi HRIS?

        HRIS atau Human Resources Information System adalah sebuah aplikasi yang bisa dipakai oleh tim HR dalam hal mengelola SDM perusahaan.

        Banyak aktivitas kantor seperti pencatatan cuti karyawan, absensi, sampa penggajian bisa diketahui pihak perusahaan dengan menggunakan aplikasi HR online ini.

        Proses penggunaanya tidak hanya ditujukan untuk perusahaan besar saja, tapi perusahaan yang berskala kecil juga banyak menggunakannya, hal ini untuk manajemen dan juga penilaian kinerja karyawan mereka.

        Fungsi Sistem HR Online

        Bagi sebuah perusahaan, sistem HR online digunakan untuk memudahkan kinerja HR dengan beberapa fungsi yang spesifik. Semua fungsi bisa berjalan secara otomatis dan terintegrasi dalam satu pusat cloud based system.

        Dengan begitu, tidak ada lagi proses input manual dalam menjalankan salah satu fungsi karena semua sistem berjalan secara otomatis, terintegrasi, dan online. Lalu apa saja fungsi yang ada dalam sistem ini? Simak contohnya berikut.

        Analisis pekerjaan

        Analisis pekerjaan menjadi sebuah proses untuk mendeskripsikan operasi, tugas, dan tanggung jawab sebuah posisi. HR harus dahulu menentukan standar personil yang bisa dibandingkan dengan kandidat yang berminat. Standar ini harus bisa menentukan kualitas yang diterima dan diperlukan perusahaan untuk memenuhi kinerja keseluruhan.

        Rekrutmen dan Seleksi

        Kesuksesan perusahaan tentu saja tergantung pada karyawan yang dipilih dari sejumlah kandidat dalam pekerjaan tersebut. Rekrutmen menjadi langkah pertama dalam proses rekrutmen, yang bertujuan untuk mendapatkan dan mempertahankan karyawan sebagai langkah mencapai target perusahaan.

        Pelatihan dan Pengembangan

        Setelah berhasil memilih kandidat yang sesuai dan memenuhi syarat bagi perusahaan, langkah HR dan dibantu sistem HR online adalah mengatur pelatihan. Semua jenis pekerjaan butuh beberapa jenis pelatihan agar kinerjanya menjadi efisien dan terampil. Karena itu, semua karyawan baik karyawan baru dan lama harus melewati sebuah pelatihan dari waktu ke waktu.

        Manajemen Kinerja

        Setelah proses rekrutmen dan pelatihan, fungsi berikutnya adalah mengevaluasi kinerja setiap karyawan dengan faktor-faktor seperti target yang dicapai. Manajemen kinerja lewat tim HR dan sistem HR online akan mengevaluasi dan mengetahui seberapa efektif dalam mempekerjakan dan menempatkan karyawannya.

        Payroll dan Benefit

        Payroll menjadi salah satu proses dalam pengelolaan SDM yang berhubungan dengan penggajian karyawan. Begitu juga dengan benefit, yang merujuk pada manfaat di samping gaji yang diterima karyawan. Kedua hal ini penting bagi karyawan dalam menjaga kesejahteraan hidup, menjaga produktivitas yang lebih besar dan membangun citra publik yang memuaskan.

        Hubungan Kerja

        Perusahaan yang berskala besar pada dasarnya bertanggung jawab atas pengendalian tenaga kerja lewat pendekatan yang manusiawi. Karena itu, departemen HR harus bisa tahu mengenai kebijakan, aturan, dan regulasi yang tepat terkait dengan hubungan kerja. Hal ini bisa terwujud dengan proses approval dan pengajuan dari karyawan yang mudah dan tidak berbelit dari sistem HR online yang ada.

        Daftar HR Online Terbaik 2021

        1. Talenta by Mekari

        Aplikasi HR online terbaik pertama adalah Talenta by Mekari. Aplikasi karya Mekari ini dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang sudah menyesuaikan dengan peraturan pemerintah.

        Seluruh fitur yang ada di Talenta by Mekari sudah terintegrasi sehingga tim HR bisa menggunakannya dengan sistem all in one yang lebih praktis daripada pengerjaan manual. Untuk fitur yang disediakan Talenta by Mekari di antaranya adalah absensi online, pengajuan cuti dan perhitungan lembur karyawan, payroll, hingga manajemen waktu.

        Baca Juga: Accounting Software: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

        2. OrangeHRM

        Aplikasi HR online ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar termasuk startup yang cakupan wilayahnya tersebar di banyak negara, HR online ini bernama Orange HRM. Sistem yang digunakan OrangeHRM adalah modular. Dan, tiap modular memiliki kegunaannya sendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

        OrangeHRM menawarkan empat jenis fitur seperti People Management, Talent Management, Compensation, hingga Culture yang mencakup peningkatan karier untuk karyawan.

        3. Web Human Resource

        Peran dari Web Human Resource atau disebut WebHR ini sebagai salah satu aplikasi HR online terbaik. Aplikasi buatan perusahaan dari California ini terbukti banyak digunakan oleh korporasi ternama dunia, seperti Nissan, Chevrolet, Zameen.com, Infiniti, dan 25 ribu perusahaan lainnya yang tersebar di 198 negara.

        Fitur yang diberikan termasuk beragam, mulai dari time attendance, payroll, report generator, dan document management. Untuk training karyawan baru, WebHR ini juga memiliki fitur khusus yang sudah dilengkapi dengan fasilitas background check untuk mengecek latar belakang dari tiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

        4. Software HRIS Hr.my

        Aplikasi Hr.my ini merupakan salah satu piihan yang tepat di mana HR online ini mendukung solusi online untuk membantu pekerjaan HR perusahaan. Seperti proses absensi karyawan, proses payroll, hingga proses reimbursement semua bisa dilakukan dengan mudah. Hr.my juga didukung oleh fitur sharing dokumen dan informasi yang akan membantu perusahaan lebih mudah dalam mengomunikasikan banyak hal.

        Dengan menggunakan basis aplikasi online, hal ini memudahkan semua pihak untuk melakukan akses pada sistem ini kapan dan di mana saja. Pekerjaan jauh lebih mudah dan cepat serta bisa dilakukan dengan fleksibel.

        5. iSolved

        Aplikasi HR online terbaik lainnya yang banyak direkomendasikan yaitu iSolved. Aplikasi ini bisa digunakan untuk bisnis berskala kecil sampai menengah. Ada empat fitur penting yang dimiliki aplikasi iSolved, di antaranya Talent Management, HR & Payroll, Workforce Management, serta Engagement Management untuk kepentingan performa karyawan.

        6. Deskera

        Aplikasi HR online berikutnya yaitu Deskera. Aplikasi besutan perusahaan asal Amerika ini, menawarkan modul yang luas, dan diperuntukkan untuk perusahaan menengah hingga besar.

        Memiliki fitur yang tersedia di dalam aplikasi Deskera seperti manajemen penggajian, real-time reporting, rekrutmen karyawan, payroll, hingga financial report. Deskera juga memiliki banyak fitur berbeda dari kebanyakan aplikasi hr online pada umumnya, seperti ada perhitungan sales dan stok opname.

        7. Weefer

        Pilihan HR online lain yaitu ada Weefer. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengelola administrasi dan personalia dalam perusahaan. Hal ini bisa dilakukan karena adanya fitur-fitur yang lengkap. Seperti dengan kontrak kerja, absensi, promosi kenaikan pangkat dan yang sebagainya.

        Aplikasi Weefer merupakan perusahaan software yang berada ada di luar negeri. Dengan fitur Key Performance Indicator (KPI), aplikasi ini bisa membantu dalam melacak kinerja dari karyawan. Semua bentuk informasi dapat diberikan secara real time atau waktu yang sesungguhnya.

        Aplikasi ini juga bisa secara maksimal mengelola timesheet yang diajukan pada proses penggajian. Hal ini sangat membantu tim HR untuk menyelesaikan tugas yang dimiliki. Juga, aplikasi ini dapat terhubung dengan perangkat lain yang berada di luar jangkauan perusahaan.

        Baca Juga: Kebutuhan Transaksi Digital Tinggi, Astra Luncurkan Aplikasi AstraPay

        Sehingga, aplikasi ini tergolong banyak membawa berbagai macam manfaat dan fungsi yang menguntungkan.

        8. Kan’z Informatic

        Kan’z Informatic adalah salah satu HR online terkenal yang berfungsi dalam membantu pekerjaan HR menjadi lebih maksima. Fitur-fitur yang disediakan di dalam Kan’z seperti absensi karyawan, kontrak kerja, dan banyak yang lainnya.

        Anda dapat dengan mudah menggunakan aplikasi ini dalam mempermudah pekerjaan. Dan, aplikasi ini memberikan hasil yang sangat optimal jika dibandingkan dengan cara kerja manual. Hal ini yang akan memberikan keuntungan pada perusahaan agar bisa lebih maksimal memantau kinerja karyawannya.

        9. WebHR

        WebHR yaitu salah satu HR online yang menyediakan fitur HRIS lengkap secara cloud based. WebHR sudah digunakan lebih 25.000 perusahaan di 198 negara. 

        Fitur yang tersedia di WebHR menjadi fitur penting yang harus dimiliki setiap Human Resource Information System dalam perusahaan. Fiturnya seperti time attendance, payroll, performance tracking, dll.

        Ada juga fitur lain yang dimiliki seperti training untuk para karyawan baru, serta background check sehingga perusahaan bisa memeriksa latar belakang dari setiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

        10. Software HRIS Zenefits

        Buat yang ingin tahu apa saja software HR online terbaik yang banyak diminati di tahun ini, bisa mencoba Zenefits. Dengan memakai dasar berupa aplikasi online mobile, Zenefits memudahkan perusahaan untuk mengatur payroll dan absensi karyawan secara mudah.

        Juga dalam aplikasi ini, perusahaan dapat mengatur jadwal kerja karyawan secara optimal sehingga pengelolaan waktu kerja dapat dijalankan dengan tepat dari mana dan kapan saja. Hal ini membuat Zenefits tepat dijadikan pilihan baik perusahaan yang berskala kecil, sampai perusahaan menengah dan perusahaan yang cukup besar.

        11. Software HRIS SAP Success Factors

        Satu lagi HR online yang dapat menjadi pilihan perusahaan yang ingin mengelola sumber dayanya menjadi lebih optimal dan efisien. Software HRIS SAP Success Factors bisa membantu pengelolaan sumber daya perusahaan agar lebih sukses. Adanya dukungan dari  fitur unggulan di dalamnya, aplikasi ini bisa membantu perusahaan melakukan pengelolaan karyawan lebih optimal.

        Aplikasi HRIS SAP Success Factors bisa menghubungkan setiap karyawan lewat aplikasi yang dibuat dengan mudah dan sederhana sehingga karyawan dapat memberikan input dan berkonsultasi pada perusahaan secara cepat. Di mana perusahan bekerja sama dalam tim HR juga bisa melihat potensi karyawan secara maksimal.

        Sehingga akan lebih mudah melihat penampilan juga kinerja karyawan serta merencanakan program untuk karyawan yang paling cocok. Dengan demikian, perusahaan bisa tahu mana karyawan yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut dan tentunya hal ini mendukung performa perusahaan yang jauh lebih baik lagi.

        Demikianlah bahasan mengenai Daftar HR Online Terbaik 2021, semoga bermanfaat.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Puri Mei Setyaningrum

        Bagikan Artikel: