Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Accounting Software: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik

Accounting Software: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keberadaan accounting software terbukti menjadi solusi bagi perusahaan dalam melakukan pengelolaan atau manajemen keuangan dengan baik. Ya, proses akuntansi perusahaan dapat dikerjakan dengan mudah, cepat dan akurat dengan mengandalkan software canggih itu.

Seperti diketahui, setiap perusahaan/bisnis pasti menginginkan pengelolaan keuangan dengan baik. Segala proses akuntansi harus tercatat dengan baik dan akurat agar terhindar dari kerugian dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Baca Juga: Ambisi Telkom Berkongsi dengan Microsoft: Menjelma Perusahaan Digital Telco yang Terdepan!

Namun, masih banyak perusahaan/pebisnis di Indonesia yang menggunakan cara manual dalam melakukan proses akuntansi. Padahal, di era teknologi saat ini, cara yang lebih banyak mengandalkan tenaga manusia itu tidak disarankan lagi karena memiliki sejumlah kelemahan yang dapat merugikan perusahaan. Di antaranya human error, proses tidak cepat, beberapa pencatatan keuangan berpeluang tidak akurat dan lainnya.

Jadi, jika Anda masih menganggap proses akuntansi yang dikerjakan secara manual adalah cara terbaik, mulai sekarang kuburlah pemikiran semacam itu. Dan, segeralah bermigrasi ke accounting software yang dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan.

Nah, di bawah ini kami hendak membagikan rekomendasi accounting software terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan. Namun sebelumnya, kami akan menjelaskan pengertian dan manfaat software accounting, berikut tips memilih yang terbaik. Yuk simak dengan saksama!

Pengertian Accounting Software

Accounting software atau software akuntansi adalah program yang secara khusus dirancang sebagai untuk kegiatan pencatatan transaksi bisnis. Software akuntansi biasanya digunakan para akuntan di perusahaan untuk membantu pengelolaan semua data transaksi.

Adapun bentuk data yang biasa didokumentasikan di dalam software akuntansi di antaranya data penjualan, pembayaran gaji, pembelian, laporan dan data penting lain yang berhubungan dengan pelaporan semua transaksi keuangan perusahaan.

Keberadaan software akuntansi, tentu saja, memudahkan sekaligus meringankan pekerjaan akuntan di perusahaan. Tidak saja itu, software akuntansi juga mampu menyuguhkan data dan informasi yang akurat karena ‘dikendalikan’ oleh sistem pintar. Ini berbeda dengan pengelolaan akuntansi manual yang masih memiliki peluang tinggi terjadinya human error.

Jadi, menggunakan software akuntansi di era serba canggih saat ini adalah keputusan yang bijak. Sebagai tips, sebaiknya gunakan software akuntansi yang mumpuni dan mampu menjawab kebutuhan perusahaan/bisnis Anda.

Baca Juga: Adira Finance, MUF Hingga FIFGroup Siap Pacu Pembiayaan Kendaraan Listrik di 2023

Halaman:

Editor: Alfi Dinilhaq

Advertisement

Bagikan Artikel: