Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Sosialisasi Peran IFG dan Anak Perusahaan dalam Menyediakan Asuransi Dan Penjaminan Masyarakat

        Warta Ekonomi, Bogor -

        PT. Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO), PT. Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO), PT. JASINDO, PT. Jasa Raharja melakukan kegiatan "Sosialisasi Peran IFG Dan Anak Perusahaan Dalam Menyediakan Asuransi Dan Penjamin Masyarakat" bertempatan di Villa Bella Campa, Megamendung, Bogor, Jum’at 17 September 2021.

        Dalam kegiatan ini hadir pula dari pihak Komisi VI DPR RI. 

        Kegiatan ini diawali oleh perwakilan PT. Jaminan Kredit Indonesia (JAMKRINDO) Pimpinan Wilayah III Jakarta mengatakan bahwa pihak Jamkrindo senantiasa hadir dalam program-program pemerintah untuk mewujudkan semakin banyaknya UMKM bisa naik kelas, untuk mewujudkan itu tentunya dibutuhkan penjaminan kredit menjadi bagiannya.

        Dalam penjaminan kredit sendiri mempunyai prinsip penjaminan kredit yaitu kelayakan usaha, pelengkap sistem perkreditan, pelengkap agunan, dll. Sementara Jamkrindo sendiri hadir di 9 kantor wilayah, 56 kantor cabang, 19 kantor unit pelayanan.

        Sehingga timbul manfaat dari penjaminan kredit itu bagi UMKM sendiri antara lain membantu UMKM yang kurang memiliki agunan untuk mengakses kredit bank atau sumber pembiayaan dan tak lupa pula manfaat bagi perbankan sebagai substitusi dan pelengkap agunan kredit, penjaminan kredit menambah keyakinan bank dalam penyaluran kredit kepada perorangan atau UMKM itu sendiri, tuturnya.

        Hal ini langsung direspon dengan baik oleh Rieke Diah Pitaloka Anggota Komisi VI DPR RI yang hadir secara daring. Sebelum memaparkan manfaat dari asuransi bagi pengusaha UMKM, beliau menyapa terlebih dahulu dengan semangat seluruh peserta yang hadir dilokasi kegiatan untuk tetap fokus dan semangat mejalani usaha yang dijalani dalam kondisi pandemi ini.

        Beliau pun menyampaikan beberapa materi tentang apa yang dimaksud dengan asuransi UMKM yaitu perlindungan yang dirancang dan dikembangkan secara khusus untuk kebutuhan-kebutuhan spesifik Usaha Kecil dan Menengah disebut dengan SME (Small Medium Enterprise).

        Dan juga disampaikan seberapa pentingnya asuransi bagi pelaku usaha salah satunya memindahkan sebagian resiko berarti para pengusaha muda atau pebisnis UMKM akan mendapatkan perlindungan dan proteksi asuransi yang dapat memberikan kenyamanan, ketenangan dan keamanan dalam menjalankan usahanya masing - masing, tutur Rieke.

        Tak lupa, Rieke menjelaskan juga yang tergabung dalam IFG (Indonesia Finance Group) ini sendiri adalah PT. ASKRINDO, PT. JAMKRINDO, PT. JASINDO, PT. Asuransi Jiwa IFG, PT. Jasa Raharja yang selalu berkolaborasi bertujuan untuk para pelaku usaha UMKM diberbagai sector agar selalu memperkuat pemahamannya terhadap produk layanan asuransi dan penjaminan termasuk manfaatnya agar dirasakan langsung oleh masyarakat.

        Dan diakhir sambutannya beliau berpesan pelaku usaha harus memiliki kekuatan yang tangguh, produktif dan mampu berdaya saing tinggi dan juga mempunyai semangat Bangkit, Maju, Sejahtera.

        Perwakilan PT. Asuransi Kredit Indonesia (ASKRINDO) Kepala Cabang Bogor juga menyampaikan terkait risiko dan asuransi, dimana risiko adalah keadaan yang tidak pasti dan kehidupan penuh dengan ketidakpastian sedangkan asuransi hadir sebagai salah satu bentuk pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko.

        ASKRINDO sendiri mempunyai beberapa manfaat antara lain memberikan rasa aman dan perlindungan, memberikan kepastian, sarana menanbung, meminimalisir risiko kerugian dan lain lain. Tipe asuransi mempunyai tiga tipe, antara lain asuransi umum (General Insurance), asuransi umum individu dan asiransi umum bisnis, ujar beliau.

        Dan juga perwakilan PT. Asuransi Jasa Indonesia (JASINDO) Branch Manager Bogor mengatakan dalam kondisi pandemi ini kita harus sama-sama kuat dan tangguh dilini UMKM agar berjalannya segala lini ekonomi. JASINDO sendiri memberikan solusi beberapa asuransi umum yaitu asuransi mobil, asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan.

        Produk asuransi unggulan di JASINDO sendiri adalah asuransi yang dikhususkan petani, peternak dan nelayan.

        Beliau menjelaskan beberapa manfaat polis asuransi JASINDO itu sendiri antara lain seperti asuransi kesehatan mempunyai manfaat penggantian biaya rawat inap, rawat jalan hingga medical check up.

        Begitu juga diasuransi perjalanan beliau mengatakan mempunyai manfaat ganti rugi biaya medis dan santunan meninggal dunia akibat kecelakaan perjalanan mudik, udara, laut atau darat, tuturnya.

        Sementara dikegiatan ini, hadir juga perwakilan dari PT. Jasa Raharja  Kepala Cabang Utama Jawa Barat yang diawali dengan penjelasan peran dan fungsi PT. Jasa Raharja itu sendiri.

        Beliau mengatakan tugas pokok kami adalah sebagai penjamin pertama korban kecelakaan lalu lintas yang terjamin UU No.3 dan No. 34 tahun 1964. Dilanjut juga dengan beliau bahwa sinergi Jasa Raharja sendiri untuk kemudahan, kecepatan, ketepatan pelayanan penyerahan santunan dalam berhubungan dengan rumah sakit, BPJS kesehatan, IRSMS Korlantas POLRI, DUKCAPIL KEMENDAGRI, dan terakhir Himpunan Bank Negara (HIMBARA).

        Beliau mengakhiri pemaparan beliau terkait inovasi - inovasi yang dikembangkan Jasa Raharja Jawa Barat untuk kemudahan pelayanan masyarakat hadirnya aplikasi SIKAKA yang bisa diakses berupa barcode yang ditempatkan dirumah sakit, unit laka dan temlat strategis lainnya.

        Dan juga memudahkan para korban/kelurga korban untuk melakukan komunikasi melalui handphone atau online.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Bagikan Artikel: