Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Tokopedia Nyam Genjot Penjualan UMKM Kuliner Bandung

        Tokopedia Nyam Genjot Penjualan UMKM Kuliner Bandung Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
        Warta Ekonomi, Bandung -

        Menyambut HUT ke-211 Kota Bandung, Tokopedia dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengajak lebih banyak lagi UMKM Bandung di bidang makanan dan minuman untuk beradaptasi dengan teknologi guna mengembangkan usahanya, contohnya lewat platform digital seperti Tokopedia dan kampanye Tokopedia Nyam Bandung.

        Baca Juga: Sebanyak 25.000 UMKM Terlibat Festival Foodpreneur Bersinar, Terintegrasi dalam Tokopedia Nyam

        Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan mengatakan banyak UMKM lokal yang justru menemukan momentum di tengah pandemi untuk memulai usaha.

        Baca Juga: Survei Jakpat: Tokopedia e-Commerce Paling Populer di Konsumen Digital Indonesia

        Inisiatif hyperlocal, termasuk Tokopedia Nyam Bandung, sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk terus berkolaborasi dengan mitra strategis, termasuk dengan pemerintah dan pegiat UMKM lokal Bandung di bidang makanan dan minuman serta seluruh masyarakat Indonesia agar bersama dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional.

        "Pada awal kuartal II/2021, jumlah penjual makanan dan minuman yang bergabung di Tokopedia Nyam Bandung bertambah sekitar 60% dibandingkan kuartal sebelumnya,”kata Emmiryzan kepada wartawan melalui video converence, Kamis (23/9/2021).

        Adapun, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai bahwa UMKM Bandung harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam berbisnis, misalnya melalui pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia. 

        "Harapan kami ke depannya lebih banyak lagi kolaborasi dan inisiatif seperti Tokopedia Nyam agar UMKM lokal dapat meraja di negeri sendiri," ungkapnya.

        Tokopedia Nyam dan sederet inisiatif lainnya telah mendorong kenaikan transaksi pada kategori makanan dan minuman di Tokopedia. Peningkatan transaksi yang signifikan juga dialami oleh Daging Sapi Diasapin, pegiat usaha lokal asal Bandung yang didirikan oleh Bagja Putra.

        “Sejak mengikuti kampanye Tokopedia Nyam Bandung penjualan kami meningkat hingga puluhan persen. Kami pun memanfaatkan beragam fitur dan promo seperti Bebas Ongkir, Flash Sale, Bundling dan menjadi Official Store sehingga pelanggan toko kami semakin meluas ke wilayah Manado, Makassar hingga Bangka Belitung,” kata Bagja Putra, Pemilik Daging Sapi Diasapin.

        Bagja menambahkan, Tokopedia Nyam juga membantu kami dalam menjangkau lebih banyak pembeli baru yang tertarik untuk mulai mencoba produk daging asap produksinya.

        "Saat ini produk kami juga telah berhasil menjual hingga ratusan produk per bulannya melalui Tokopedia.” ujarnya.

        Pada kesempatan yang sama, Head of Category Development Tokopedia, Pranidhana Mahardhika, mengungkapkan

        belanja online semakin menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama di tengah pandemi. Kategori Makanan dan Minuman misalnya, menjadi salah satu kategori favorit di Tokopedia selama kuartal II/2021.

         “Antusiasme masyarakat terhadap produk makanan dan minuman mendorong Minuman, Protein & Telur, Bumbu & Bahan Masakan, Makanan Ringan, serta Sayur & Buah sebagai sub-kategori produk paling favorit di Tokopedia Nyam Bandung selama kuartal II/2021.” ungkapnya.

        “Selain itu, produk seperti madu, batagor kuah, pisang bolen, hingga camilan khas Bandung seperti seblak menjadi produk paling diburu masyarakat,” pungkasnya.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Rahmat Saepulloh
        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: