Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kerumunan Menipis, Tempat Makan Disegel, Menandai Kembalinya Pembatasan di Singapura

        Kerumunan Menipis, Tempat Makan Disegel, Menandai Kembalinya Pembatasan di Singapura Kredit Foto: Straits Times/Ng Sor Luan
        Warta Ekonomi, Singapura -

        Penutupan Good Old Taste, sebuah kafe di pusat perbelanjaan The Arcade di Raffles Place, menandai putaran terbaru pembatasan Covid-19 yang dimulai pada Senin (27/9/2021).

        Perubahan langkah-langkah Covid-19 terkait bekerja dari rumah dan makan di tempat makan dan minum (F&B) telah melumpuhkan bisnis secara permanen. Manajer Good Old Taste, Linda Koh (50), mengatakan bahwa keadaan waspada terbaru dengan membatasi pengunjung untuk kelompok dua orang terlepas dari status vaksinasi, dan mengharuskan karyawan untuk bekerja dari rumah, dapat menutup nasibnya.

        Baca Juga: Tak Ambil Pusing, Singapura Tutup Pusat Grosir Buah dan Sayur

        "Kami menunggu kematian dan menyerahkannya pada takdir," kata Koh, seperti dilansir The Straits Times, Selasa (28/9/2021).

        Sejak pembatasan, yang berlangsung dari 7 April hingga 1 Juni tahun lalu, bisnisnya menyusut sekitar 75 hingga 80 persen.

        Jika langkah-langkah pengetatan Covid-19 terbaru bertahan selama tiga bulan lagi, kafe Good Old Taste, yang telah beroperasi di The Arcade selama 23 tahun terakhir, akan ditutup untuk selamanya.

        Ketika The Straits Times mengunjungi Central Business District (CBD) pada Senin (27/9/2021), gedung perkantoran dan kereta api di sepanjang jalur Utara-Selatan dan Pusat Kota terlihat kurang ramai.

        Gelombang lain infeksi komunitas Covid-19 telah membuat Singapura kembali bekerja dari rumah sebagai default dan mengakibatkan pengurangan ukuran grup sosial menjadi dua orang hingga 24 Oktober.

        Pertemuan sosial di tempat kerja dan penempatan lintas pekerja ke beberapa tempat kerja juga dilarang. Mereka yang dapat bekerja dari rumah tetapi perlu kembali ke tempat kerja karena alasan ad hoc hanya dapat melakukannya setelah hasil tes negatif melalui tes cepat antigen.

        Spesialis media teknologi Stanley Chong (32), yang berada di Raffles Place Green, mengatakan, "sebelum langkah-langkah Covid-19 yang baru meningkat, Anda dapat melihat lebih banyak orang kembali bekerja --sekitar 50 persen dari keramaian semula. Tetapi hari ini jauh lebih kosong karena langkah-langkah baru."

        Good Old Taste telah mencoba mengatasinya dengan menawarkan layanan pengiriman tetapi sebagian besar pesanannya datang dari pekerja kantoran terdekat.

        Koh mengatakan, "kebanyakan bisnis makanan telah menerima kebutuhan mendadak untuk membatasi ukuran kelompok dan pengaturan tempat duduk. Tapi kami tidak dapat menyangkal bahwa itu berdampak pada bisnis kami."

        Dia menambahkan bahwa beberapa kios tetangga, termasuk satu yang menjual mie udang dan satu yang menjual beehoon, telah tutup baru-baru ini.

        Outlet F&B lainnya, Strangers? @ Work in The Arcade, bersiap menghadapi masa-masa yang lebih sulit.

        Wen Xuan (27), seorang barista di Strangers? @? Work, mengatakan bahwa bisnis di kedai kopi spesialnya - yang telah turun ke seperempat tingkat pra-pandemi - turun lebih banyak lagi pada hari Senin.

        Kerumunan tipis juga terlihat di Woodlands, rumah bagi pengembangan komersial terintegrasi dengan kantor dan gerai ritel.

        Madam He Xing (40), seorang asisten penjualan di kios kembang tahu kedelai di stasiun MRT Woodlands, mengatakan bahwa sebelum pengetatan tindakan, pelanggan akan mulai mengantri di kiosnya mulai pukul 6 pagi.

        Namun, pada Senin (27/9/2021), mereka mulai muncul hanya satu jam kemudian. "Biasanya saat ini, saya akan menjual produk senilai sekitar $200 tetapi saya hanya mengumpulkan $100 hari ini," katanya dalam bahasa Mandarin.

        Taman juga dikosongkan dari keramaian pada Senin.

        Selama di Konektor Taman Pang Sua di Yew Tee, administrator sistem Vakada Surya Chandra Kala (42), mengatakan kelompok orang tua dengan anak-anak biasanya tidak hadir. Juga tidak ada kelompok besar orang yang berolahraga.

        Vakada biasanya akan joging dengan temannya di sepanjang penghubung taman tetapi memutuskan untuk joging sendiri karena langkah-langkah terbaru.

        Pensiunan Lily Ho (70), yang jogging di taman setiap hari, mengatakan bahwa kerumunan yang menipis adalah perubahan yang disambut baik baginya. "Kalau tidak, lebih banyak orang akan terinfeksi," katanya.

        Lalu lintas pagi di beberapa jalan juga tampak lebih lancar dan lebih ringan dari biasanya seiring dimulainya hari pertama wajib belajar berbasis rumah bagi siswa di sekolah dasar dan pendidikan luar biasa.

        Spesialis operasi Rachel Ong (23), termasuk di antara segelintir orang yang terlihat pergi ke tempat kerja mereka.

        "Saya harus pergi bekerja karena pekerjaan saya mengharuskan saya turun untuk memanfaatkan basis data tertentu yang tidak tersedia di rumah," kata Ong, yang bekerja di CBD.

        Asisten pribadi Shernice Chan (30), yang bekerja di HarbourFront, mengatakan: "Kantor saya mencoba melakukan pengaturan tim terpisah sehingga kami masih dapat kembali ke kantor."

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: