Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kurangi Gorengan pada Menu Sarapan dan Ganti dengan Pisang, Manfaat Kesehatannya Dahsyat!

        Kurangi Gorengan pada Menu Sarapan dan Ganti dengan Pisang, Manfaat Kesehatannya Dahsyat! Kredit Foto: Unsplash/hello i'm Nik
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Buah pisang memiliki banyak manfaat sehat ketika dikonsumsi bersama air hangat, lho. Sarapan air hangat dan pisang setiap pagi bahkan mampu turunkan berat badan.

        Buah yang memiliki rasa mani ini memiliki kandungan nutrisi yang begitu padat. Pada sebuah pisang berukuran sedang bahkan terkandung 25,8 miligram karbohidrat, 1,2 gram protein, 0,7 gram serat, 8 milligram kalsium, 0,2 gram lemak serta kalori yang hanya sebesar 99 kkal.

        Kandungan mineral yang padat membuat pisang banyak dipilih sebagai sarapan bernutrisi yang cepat dan sederhana.

        Baca Juga: Wah Bahaya! Jauhi 3 Menu Sarapan Terburuk untuk Penderita Diabetes, Gula Darah Naik Drastis!

        Tidak hanya kandungan mineralnya, pisang juga memiliki berbagai vitamin seperti vitamin A, B, dan C serta air yang membantu tubuh tetap terhidrasi.

        Nah, ternyata, memadukan sebuah pisang dengan air hangat setiap hari untuk sarapan memiliki banyak manfaat yang sehat bagi tubuh lho.

        Berikut beberapa manfaat sarapan pisang yang dipadukan dengan air hangat, dilansir dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021).

        Baca Juga: Urine Bau dan Berwarna Gelap Jadi Tanda Bahaya, Awas Kanker Pankreas Mengintai Keselamatan Jiwa!

        1. Alternatif sarapan cepat

        Waktu sarapan bisa menjadi waktu di mana tubuh mendapatkan nutrisi pertama kalinya setelah bangun tidur sehingga tidak boleh ditinggalkan. 

        Mengonsumsi pisang dan air hangat di pagi hari bisa menjadi alternatif sarapan yang menyenangkan, bernutrisi dan tidak akan menyita banyak waktu.

        Hal ini dikarenakan, air hangat membantu tubuh untuk teteap terhidrasi dan ber[eran untuk membangun metabolisme tubuh setelah bangun tidur. Sedangkan, pisnag menjadi asupan nutrisi pertama untuk tubuh di pagi hari.

        2. Asupan nutrisi penting

        Pisang akan membantu tubuh lebih mudah menyerap nutrisi yang berasal dari makanan selanjutnya. Menurut penelitian, orang yang sering sarapan akan mampu menyerap nutrisi dan vitamin penting dalam makanan dibandingkan mereka yang selalu melewatkan sarapan.

        Baca Juga: Rekomendasi Skrining Awal Diabetes Dipercepat pada Usia 35 Tahun, Mengapa Demikian?

        3. Meningkatkan metabolisme

        Kandungan nutrisi dalam pisang yang begitu padat ternyata memiliki peran untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi pisang secara rutin juga dikaitkan dengan peningkatan metabolisme yang lebih baik bagi tubuh.

        Saat mengonsumsi pisang dengan segelas air hangat cara ini akan memudahkan tubuh untuk mencerna serat pisang dengan lebih baik. Air hangat juga dikatakan sebagai suhu air yang paling tepat di pagi hari karena lebih cocok dengan suhu tubuh ketika bangun tidur.

        4. Menurunkan berat badan

        Konsumsi pisang di pagi hari juga dikaitkan dengan rasa kenyang yang lebih lama dan kemampuan pisang untuk menahan rasa lapar. Selain itu, pisang juga dapat mencegah penyerapan glukosa yang berlebihan sehingga dianggap ideal sebagai buah untuk diet.

        Rasa manis alami yang terkandung di dalam pisang tidak membuat penumpukan glukosa dan kalori berlebihan dalam tubuh. Tentunya diimbangi dengan makan sehat dan olahraga yang cukup, konsumsi pisang dapat menstimulasi penurunan berat badan dengan cepat.

        Baca Juga: Gak Semua Bawa Manfaat, Vitamin Ini Justru Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Lho, Hati-hati!

        Itulah berbagai manfaat yang didapatkan jika kamu mengonsumsi pisang dan air hangat di pagi hari. Selama mencoba, ya Beauty!

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: