Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Serba-serbi Hasil 'Kunjungan' Erick Thohir ke Toilet SPBU: Dari Kritik Sampai Tanggapan Ahok

        Serba-serbi Hasil 'Kunjungan' Erick Thohir ke Toilet SPBU: Dari Kritik Sampai Tanggapan Ahok Kredit Foto: Antara/FRANSISCO CAROLIO
        Warta Ekonomi -

        Beberapa hari terakhir, Pertamina menjadi salah satu topik perbincangan hangat warganet. Pasalnya, perusahan negara ini mendapatkan kritikan tajam dari Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia menyatakan bahwa toilet SPBU seharusnya gratis dan tidak berbayar. Hal ini pun mengungkapkan sederet fakta lainnya.

        Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah fakta penting terkait SPBU Pertamina yang disentil oleh Erick Thohir. 

        1. Kaget ketika toilet umum harus bayar

        Awal mula kritikan yang disampaiikan oleh Erick ini berasal dari kunjungannya ke salah satu SPBU di Probolinggo. Ketika itu, ia mampir untuk buang air di SPBU Pertamina d Kecamatan Malasan, Problinggo. Ketika selesai Erick sempat kaget karena diminta oleh penjaga toilet untuk membayar sejumlah uang mulai dari Rp2 ribu hingga Rp4 ribu. Ia pun juga sempat bercakap dengan petugas toilet tersebut. 

        Baca Juga: Hasil 'Sidak' Erick Thohir Baru-baru Ini Terkait Gratiskan Toilet SPBU Dinilai Tepat

        2. Kritik Pertamina

        Dalam percakapan tersebut, Erick juga mengungkapkan akan mengkritik pemilik SPBU tersebut. Bahkan, dalam sebuah video di akun Instagramnya, Erick melontarkan kritikan kepada Pertamina. Ia menyatakan bahwa seharusnya toilet di SPBU tidak dikenakan biaya sama sekali atau gratis karena merupakan fasilitas umum. Selain itu, menurutnya, bisnis SPBU telah mendapatkan untung yang begitu besar dari jualan bensin dan bahkan fasilitas minimarket. 

        3. Pertamina pastikan toilet gratis

        Pertamina pun langsung merespons kritikan dari Erick Thohir. Perwakilan dari Pertamina menyatakan bahwa pihaknya akan mengupayakan untuk merealisasikan kritikan dari Erick. Aturan baru tersebut juga nantinya akan diterapkan bagi seluruh SPBU milik Pertamina maupun mitra Pertamina. Selain itu, Pertamina akan melakukan pengecekan dan sosialisasi secara berkala.

        4. Tanggapan Basuki Tjahaja Purnama

        Kabar ini pun juga menjadi sorotan dari Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau BTP. Ia menyatakan bahwa menurutnya toilet di SPBU Pertamina tidak masalah jika harus berbayar. Namun ia menegaskan jika memang berbayar, fasilitas toilet tersebut harus bersih dan berstandar layaknya pusat perbelanjaan atau mal, termasuk menyediakan tisu.

        5. Pendapatan toilet bisa bayar pajak

        Sedangkan sebuah data mengejutkan disampaikan oleh Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda. Menurutnya, pendapatan dari toilet berbayar yang disediakan di SPBU Pertamin bisa digunakan untuk membayar pajak SPBU tersebut. Dengan nilai yang begitu besar tak heran jika pemilik SPBU terus membuka toilet berbayar. 

        Baca Juga: Masih Banyak Urusan yang Lebih Penting, Erick Thohir Kena Semprot: Mengapa Mengurusi Hal Receh?

        Seharusnya, keuntungan dari penjualan bahan bakar di SPBU Pertamina bisa digunakan untuk perawatan toilet dan fasilitas penunjang lainnya tanpa harus memungut biaya baru, termasuk dari penggunaan toilet.[]

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Bayu Muhardianto

        Bagikan Artikel: