Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Efektif Untuk Anak

        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Banyak orang tua saat ini sudah memahami peran pembelajaran bahasa Inggris bagi anak, tetapi tidak semuanya tahu harus mulai dari mana dan bagaimana cara terbaik untuk membantu anak-anak belajar di setiap tahapnya.

        Artikel ini akan memberikan jawaban dan instruksi terperinci untuk orang tua yang memiliki anak-anak berusia 0-15 tahun.

        Tahap 1: 0 - 6 tahun: Kosakata adalah masukan (input) yang paling penting

        Usia 0-6 tahun dianggap sebagai masa emas perkembangan otak pada anak. Para ilmuwan menggambarkan otak anak pada tahap ini seperti "spons", yang mampu menyerap berbagai pengetahuan. Ini juga merupakan waktu yang tepat bagi anak Anda untuk belajar bahasa Inggris.

        Di mana, kosakata adalah sebuah fondasi dasar bagi anak-anak dalam perjalanan mereka untuk belajar bahasa Inggris. Orang tua seharusnya tidak mengharapkan anaknya untuk segera bisa berbicara dalam bahasa Inggris dengan baik atau mahir mempelajari struktur tata bahasa.

        Selain itu di usia dini, anak mudah merasa bosan, sehingga metode yang dipilih orang tua dalam mengajar anaknya juga harus tepat. Misalnya metode bermain sambil belajar, belajar bahasa Inggris melalui lagu atau mendengarkan musik.

        Orang tua dapat memperkenalkan bahasa Inggris untuk anak-anak dengan Monkey 

        Junior - Aplikasi No.1 belajar bahasa Inggris untuk anak pemula. 

        Monkey Junior menggabungkan banyak metode pendidikan awal seperti metode Tukar Kartu Cepat Glenn Doman (Flash Card), pembelajaran phonics, metode Multisensori, dan metode belajar sambil bermain, dengan menciptakan suasana belajar yang menggembirakan bagi anak-anak.

        Dengan aplikasi ini, orang tua hanya perlu membiasakan anak untuk  belajar 1 pelajaran saja, setara dengan 10-15 menit per hari, dan anak-anak dapat menguasai lebih dari 1.000 kosakata bahasa Inggris per tahun.

        Tahap 2: Dari 4 - 10 tahun: Pengembangan  4 keterampilan secara komprehensif

        Untuk anak yang berusia dari 4-10 tahun, setelah mereka mempelajari kosakata tertentu, dengan tujuan agar pembelajaran bahasa Inggrisnya lebih maju, yaitu dengan mengembangkan 4 keterampilan: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

        Tinggal pada lingkungan dimana bahasa Inggris digunakan dalam keseharian adalah cara tercepat dan terlengkap untuk membantu anak-anak melatih 4 keterampilan: Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis.

        Namun pada kenyataannya, tidak semua keluarga bisa memberikan sarana untuk anaknya dengan belajar bahasa Inggris di tempat les atau dengan tutor di rumah, dengan tujuan agar langsung berinteraksi dengan penutur asli.

        Solusi alternatif yang bisa diambil dengan biaya yang lebih murah namun tetap sangat efektif, dan agar anak tetap bisa belajar secara konsisten setiap hari dan sedang menjadi pilihan banyak orang saat ini adalah aplikasi dengan pembelajaran komprehensif seperti Monkey Stories.

        Mempunyai lebih dari 1000 komik interaktif dengan 4 level serta 11 tema dan lebih dari 300+ buku audio dengan suara pembaca bahasa Inggris Amerika, Monkey Stories tidak hanya membantu anak-anak mempraktikkan 4 keterampilan secara komprehensif tetapi juga menambah pengetahuan di banyak bidang kehidupan untuk si kecil.

        Selain itu, untuk anak-anak yang belum mengenal bahasa Inggris sejak usia dini karena alasan tertentu, mereka tidak mempunyai penguasaan dalam kosakata, orang tua bisa mulai membiasakan mereka belajar Monkey Junior dan Monkey Stories secara bersamaan.

        Kombinasi kedua aplikasi ini akan membantu anak Anda membangun dan memperkuat kosakata serta melatih 4 keterampilan: Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis.

        Tahap tiga: Lebih menekankan pada pembelajaran tatabahasa

        Tahap ketiga, pada saat anak berusia 10-15 tahun, anak akan lebih fokus pada belajar grammar, berlatih berbicara dengan guru, memberikan presentasi, menulis esai pendek, membaca buku, dll.

        Setelah anak memiliki kosakata dan refleks alami untuk 4 keterampilan: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, pada usia ini, seiring dengan belajar bahasa Inggris di sekolah, anak-anak akan memfokuskan poin-poin tatabahasa menengah dan lanjutan untuk  menyempurnakan kemampuan bahasa Inggrisnya.

        Tahap empat: Pembinaan tingkat lanjut

        Pada saat ini, setelah anak berusia 15 tahun ke atas, anak akan belajar seperti orang dewasa pada umumnya. Anak dapat mempelajari lebih banyak pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengikuti ujian sertifikat bahasa Inggris seperti IELTS, TOEIC, atau belajar bahasa Inggris khusus tergantung pada tujuan dan jurusan studinya.

        Kisah Sukses Orang Tua Yang Telah Menerapkan Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Yang Tepat Untuk Anak-anaknya 

        Heni, usia 28 tahun, tinggal di Yogyakarta adalah seorang ibu yang sedang bekerja sebagai karyawan di sebuah PT.  Bersamaan dengan ibu-ibu yang lain, Heni juga tidak bisa berbahasa Inggris. Dia kehilangan banyak kesempatan kerja yang bagus hanya karena dia tidak bisa berbicara dalam bahasa Inggris, ha ini membuat Heni sangat ingin anak-anaknya dapat mengembangkan potensi dengan menguasai bahasa Inggris yang dianggap sebagai sebuah hal yang wajib di era globalisasi. 

        Dengan mempelajari tren dunia, bahwa anak-anak bisa belajar bahasa Inggris di rumah, Heni mengetahui tentang Monkey Junior dan Monkey Stories dan memulai perjalanannya untuk menemani anaknya belajar bahasa Inggris.

        “Memahami pentingnya bahasa Inggris, saya mengenalkan anak belajar bahasa Inggris sejak dini. Saya perkenalkan melalui Monkey Junior sejak usia dua tahun. Meski masih kecil, dia sudah cukup banyak menghafal kosakata. Ketika anak saya beranjak usia, saya kenalkan dia dengan Monkey Stories untuk mengembangkan empat keterampilan bahasa Inggris secara komprehensif. Belajar sambil bermain, anak saya antusia banget. Saya percaya, bahwa di masa depan anak saya pasti belajar bahasa Inggris dengan baik di sekolah.” Ucap Heni Ayu, 28 tahun.

        Pernyataan lain juga dikemukakan oleh pengguna yang sudah merasakan manfaat dari aplikasi. 

        “Dulu, saya tidak memberikan pembiasaan ke anak saya untuk belajar bahasa Inggris sejak dini, karena dulu saya berpikir nanti ketika saya pergi ke sekolah, guru akan mengajari saya. Tetapi, ketika saya meneliti dengan cermat, saya baru tahu bahwa saya tidak boleh melewatkan masa keemasan dalam pengembangan keterampilan bahasa asing untuk anak saya, jadi saya mulai membiasakan belajar bahasa Inggris sedini mungkin. Anak saya berusia 5 tahun, dan saya sudah membiasakan dia belajar dengan Monkey Junior  dan Monkey Stories sekaligus untuk melengkapi kosakata dan mengembangkan 4 keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis". 

        "Saya pikir bahwa kita sebagai orang tua yang hebat, kita harus mencoba untuk membiasakan anak-anak belajar bahasa Inggris sesegera mungkin ya. Anak saya telah belajar Monkey Junior  dan Monkey Stories  selama 1 tahun, sekarang bahasa Inggrisnya jauh lebih baik daripada teman-teman sekelasnya. Gurunya pun  memuji bakat anak saya dalam berbahasa asing. Keluarga saya sangat bahagia” Demikian ucap Veronika, seorang ibu umur 33 tahun.

        Pada saat ini banyak juga orang tua yang  membantu anak-anaknya mengikuti arus globalisasi dan agar mereka menjadi lebih percaya diri di masa depan dengan membiasakan mereka belajar bahasa Inggris sejak usia dini secara benar dan ilmiah.

        Semoga para orang tua yang lain segera menemukan solusi untuk belajar bahasa Inggris & memulai sedini mungkin supaya tidak menyia-nyiakan waktu & kesempatan anak dalam menguasai bahasa inggris

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Ferry Hidayat

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: