Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Saluran Pemasaran?

        Apa Itu Saluran Pemasaran? Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Saluran pemasaran adalah komponen atau pihak-pihak yang berperan penting untuk kepentingan pemasaran. Mereka adalah orang-orangnya, organisasi, dan kegiatan yang diperlukan untuk menjadi penghubung dalam proses pengalihan, kepemilikan, dan penyampaian barang dan produsen kepada konsumen.

        Saluran pemasaran juga menjadi alat yang berguna untuk manajemen, dan sangat penting untuk menciptakan strategi pemasaran yang efektif dan terencana dengan baik. Tanpa adanya saluran pemasaran, konsumen akan kesulitan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkannya. Begitupun dengan produsen, tanpa adanya saluran pemasaran, produsen akan kesulitan untuk menyampaikan produknya kepada konsumen.

        Baca Juga: Apa Itu Saldo Rekening?

        Produsen dapat secara bersamaan menjangkau konsumen melalui pasar langsung, seperti situs web, atau menjual ke perusahaan atau pengecer lain yang akan menjangkau konsumen melalui saluran lain, yaitu toko. Contoh saluran jenis ini adalah waralaba.

        Para pelaku bisnis yang menjadi saluran pemasaran melaksanakan fungsinya masing-masing demi mencapai sebuah tujuan, yaitu agar produk dapat sampai ke konsumen dengan mudah, tepat waktu dan dapat tersedia setiap saat ketika konsumen membutuhkannya.

        Jenis Saluran Pemasaran

        Ada empat jenis saluran pemasaran yaitu:

        1. Saluran tingkat nol (Produsen -> Pelanggan)

        Produsen menjual barang atau memberikan layanan langsung kepada konsumen tanpa melibatkan perantara seperti perantara, grosir, pengecer, agen, atau pengecer. Konsumen langsung mendatangi produsen untuk membeli produk tanpa melalui saluran lain.

        Biasanya, barang-barang yang dikonsumsi oleh segmen pasar yang lebih kecil memiliki pengaruh terhadap produsen dan, oleh karena itu, barang-barang yang diproduksi sebagai tanggapan atas pesanan beberapa konsumen diperhitungkan.

        Selain itu, saluran khusus ini memiliki tiga cara utama penjualan langsung dan ini meliputi; menjajakan, penjualan pesanan melalui pos, dan perdagangan melalui toko milik produsen.

        2. Saluran tingkat satu (Produsen -> Pengecer -> Konsumen)

        Pengecer membeli produk dari produsen dan menjualnya langsung ke konsumen. Saluran ini paling cocok untuk produsen yang memproduksi barang belanjaan seperti pakaian, sepatu, furnitur, peralatan makan, dan mainan.

        Karena konsumen membutuhkan lebih banyak waktu dengan jenis barang ini sebelum mereka memutuskan untuk membelinya, adalah kepentingan terbaik dari produsen untuk menjualnya ke perantara sebelum sampai ke tangan konsumen.

        Menggunakan jaringan yang sudah mapan yang sudah memiliki loyalitas merek adalah strategi yang baik untuk digunakan produsen untuk mendapatkan produk ke pengguna akhir dengan cepat. Dengan kata lain, produsen memproduksi barang dan produk dalam jumlah besar tetapi terbatas dalam bermacam-macam dan barang dagangannya. Konsumen mencari variasi yang lebih luas dalam jumlah yang lebih sedikit.

        3. Saluran tingkat dua (Produsen -> Pedagang Besar -> Pengecer -> Pelanggan)

        Pedagang grosir membeli produk dari produsen dan menjualnya ke konsumen. Di saluran ini, konsumen dapat membeli produk langsung dari grosir dalam jumlah besar. Dengan membeli barang dalam jumlah besar dari grosir, harga barang berkurang. Ini karena pedagang grosir menghilangkan biaya tambahan, seperti biaya layanan atau biaya tenaga penjualan, yang biasanya dibayar pelanggan saat membeli dari eceran; membuat harga jauh lebih murah bagi konsumen.

        Namun, grosir tidak selalu menjual langsung ke konsumen. Terkadang pedagang grosir akan melalui pengecer sebelum produk sampai ke tangan konsumen. Setiap dealer (produsen, grosir, dan pengecer) akan mencari margin keuntungan yang layak dari produk. Oleh karena itu, setiap kali pembeli membeli barang dagangan dari sumber lain, harga produk harus naik, untuk memaksimalkan keuntungan yang akan diterima setiap orang. Ini menaikkan harga produk untuk pengguna akhir.

        4. Saluran Tingkat Tiga (Produsen -> Agen/Broker -> Pedagang Besar atau Pengecer -> Pelanggan)

        Saluran distribusi ini melibatkan lebih dari satu perantara sebelum produk sampai ke tangan konsumen. Perantara, yang dikenal sebagai agen, membantu negosiasi antara produsen dan penjual. Agen ikut bermain ketika produsen perlu memasukkan produk mereka ke pasar secepat mungkin. Hal ini sering terjadi jika barang tersebut mudah rusak dan harus dibawa ke pasar dalam keadaan segar sebelum mulai membusuk.

        Terkadang, agen akan langsung pergi ke pengecer dengan barang, atau mengambil rute alternatif melalui grosir yang akan pergi ke pengecer dan akhirnya ke konsumen. Kerjasama yang saling menguntungkan biasanya terjadi ketika para pihak, khususnya, saluran terakhir dari rantai distribusi pemasaran bertemu, karena produsen, agen, pengecer/grosir dan konsumen saluran ini saling membantu dan saling menguntungkan. 

        Kerja sama mereka menghasilkan output yang lebih besar dalam hal profitabilitas lebih lanjut, dengan penegasan dan menjelajahi pasar penjualan yang lebih baru, dan membangun hubungan bisnis yang lebih baik. Para peserta saluran distribusi harus memiliki pengetahuan dan pengalaman tidak hanya untuk pemeliharaan segmen sasaran yang efektif tetapi juga untuk mempertahankan keunggulan kompetitif pabrikan.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Bagikan Artikel: